Kisah Pemecahan Masalah di Kontes Mekanik Honda Kelas komuter Level Asia-Oceania

liputanindo.com – Masngudin Menjadi salah satu dari Dua Wakil Indonesia dari AHM yang mengikuti Kontes Mekanik Se-Asia -Oceania 2023 di Bangkok awal pekan ini. Mekanik dari Main Dealer Daya Adicipta Motora Jawa Barat ini menceritakan Kepada liputanindo detail ‘soal’ yang ia terima Begitu test Praktek kelas Komuter 1 yang menggunakan Motor komuter Honda Vario 160 dan menurut liputanindo pola pikir Mekanik Muda DAM ini cukup menguasai bagaimana Sepatutnya seorang Mekanik mencari Paham penyebab dan Mencoba meyelesaikan masalah motor yang diterimanya . .

Masngudin memulai ceritanya mengenai permasalahan Yang menjadi bahan Uji pada test prakter Kontes Mekanik Asia- Oceania kemarin  ” keluhan utamanya Itu motornya nggak Dapat distarter Pak atau motornya Tewas Lalu yang kedua lampu seinnya nggak hidup motornya sendiri adalah  Vario 160 “

Apa yang dilakukan ?

” Oke yang pertama Demi sesi analisa Ini kan Terdapat namanya input , proses, sama output. Input itu misal dari kelistrikan baterainya. Demi prosesnya hadir dari part proses (Hardware) dan terakhir outputnya

” Saya mencoba menyelesaikan masalah lampu sen dulu karena malah ini Dapat dikerjakan tanpa motor hidup. Setelah menguji input seperti dari saklar lampu sen di setang kiri saya langsung menguji outputnya yang Demi Vario 160 Dapat dianalisa via answer back system atau sistem alarm.

” Kalau misalnya kedua sistem ini ( Alarm atau Aswer back) diaktifkan dan lampu seinnya nyala Segala berarti sistem kabel-kabelnya itu enggak Terdapat masalah. Dan ketika saya nyalakan alarm dengan ‘menggebrak’ motor datau pencet tombol answer back, lampu sen Dapat menyala. Dari sana diketahui lampu lednya Enggak masalah sehingga Terdapat kemungkinan Dapat dari saklarnya yang rusak atau mungkin dari relaynya yang rusak nah itu analisanya

” Demi tipe soket Vario semuanya kan udah sistem waterproof, sehingga udah Rapat air dan saklar yang sebelah kiri Demi lampu sein itu normal dan itu jadi satu kesatuan makanya saya kerucutkan analisanya ke Realay lampu sen-nya. Setelah diperiksa dengan menggunakan kabel jumper dengan metode singkatnya akhirnya saya Tentu relaynya rusak dan harus diganti. “

” Terkait MASALAH KEDUA dimana Motornya nggak nyala Rupanya dari sistem pengapian dimana setelah kemarin saya cek outputnya enggak Terdapat. Nah setelah saya cek ukur tahanan atau kontinuitas nilainya sangat kecil. Seperti Terdapat kabel lilitan koil sekunder nyang putus atau rusak karena sempat sekali di awal itu Terdapat api kecil sekali dan setelah itu sudah hilang

” Nah setelah saya ukur dan dipastikan Eh teryata nilai tahanannya kecil sekali dan saya pastikan itu harus diganti karena input-nya bagus, sementara proses tegangan puncaknya Mengenakan pick voltage juga bagus. Karena output bermasalah, maka saya putuskan bahwa itu (koil) yang perlu diganti. “

” Waktu saya Minta ganti (relay sen/flasher dan Koil) dan dikasih berarti betul yang saya minta itu memang yang bermasalah. Saya cek juga tahanan di tutup busi, Rupanya nilai tahanan( resistansi) tutup businya Tetap bagus. “

Lihat Kan, Bagaiamana dia Menonton Latar belakang penyebab masalahnya Mulai dari Masalah lampu sein Enggak hidup dan Motor Enggak Dapat di starter. Di akhir penjelasan Masngudin bilang bahwa Soal soal di Kontes Mekanik Asia – Ocania 2023 ini pada dasarnya lebih dekat dengan persoalan keseharian yang ia temui di Bengkel AHASS dibandingkan dengan soal soal di Test Regional dan Nasional yang cenderung Mempunyai level kesulitan lebih berat.

Cek Artikel:  TVS Apache RTX 300 Formal Dirilis . . . Adventure Banget !

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai