Berbarengan Vatikan, Indonesia Junjung Tinggi Perbedaan Sebagai Anugerah

Bersama Vatikan, Indonesia Junjung Tinggi Perbedaan Sebagai Anugerah
Penduduk berkumpul menunggu kedatangan Paus Fransiskus yang akan mengunjungi Gereja Katedral(MI / Usman Iskandar)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bagi Indonesia, perbedaan adalah anugerah dan toleransi adalah pupuk bagi persatuan dan perdamaian sebagai sebuah bangsa.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia sangat beruntung memiliki Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga dapat hidup rukun berdampingan.

“Semangat perdamaian dan toleransi inilah yang ingin Indonesia bersama Vatikan sebarkan apalagi di tengah dunia yang semakin bergejolak,” kata Jokowi saat berdialog pada Kunjungan Kenegaraan Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9). 

Baca juga : Pesan dan Keresahan Paus Fransiskus

Presiden lebih lanjut menerangkan bahwa saat ini konflik dan perang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk di Palestina yang telah menelan lebih dari 40 ribu korban jiwa.

Cek Artikel:  Hasil Profile Assessment Diumumkan 11 September

“Indonesia mengapresiasi sangat menghargai sikap Vatikan yang terus menyuarakan menyerukan perdamaian di Palestina dan mendukung two state solution,” kata Jokowi.

Dalihnya, perang tidak akan menguntungkan siapapun, perang hanya akan membawa penderitaan dan kesengsaraan masyarakat kecil.

“Oleh sebab itu mari kita rayakan perbedaan yang kita miliki, mar kita saling menerima dan memperkuat toleransi untuk mewujudkan perdamaian untuk mewujudkan dunia yang lebih baik bagi seluruh umat manusia,” kata Jokowi. (Z-8)

Mungkin Anda Menyukai