HRCON 2024 Soroti Peran Krusial Teknologi dalam Manajemen SDM

HRCON 2024 Soroti Peran Penting Teknologi dalam Manajemen SDM
PT Avrist Assurance bekerja sama dengan Human Resources Association (HRA) Bali menyelenggarakan HR Convention 2024 (HRCON 2024) di Nusa Dua, Bali.(Avrist)

Industri perhotelan di Bali mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan semakin tingginya jumlah kunjungan wisatawan. Bingungkatan itu mendorong pemberi kerja untuk terus beradaptasi demi mencapai standar kualitas dan kesejahteraan yang lebih baik bagi para pekerja.

Paham akan kebutuhan tersebut, salah satu perusahaan asuransi Tanah Air, PT Avrist Assurance bekerja sama dengan Human Resources Association (HRA) Bali menyelenggarakan HR Convention 2024 (HRCON 2024) di Nusa Dua, Bali akhir Agustus lalu. Mengusung tema Embracing Future Role of People Experience Management & Human Development Strategies, acara tersebut diikuti ratusan praktisi HR wilayah Bali dan sekitarnya.

Pada kesempatan itu, Avrist Assurance hadir sebagai pembicara utama yang diwakili VP of Pension Avrist Assurance, Firmansyah, dan VP of Employee Benefit Avrist Assurance, Dolly Baryn Ritonga. Selain itu hadir pula Vira Risnayani selaku Chairperson of HRA Bali. 

Cek Artikel:  Pencapaian Sasaran SDGs Mendunia Alami Perlambatan

Baca juga : Bapanas Luncurkan Genius 2024 sebagai Bekal Menuju Indonesia Emas

Dalam pemaparannya, Firmansyah menjelaskan peran Robotic Process Automation (RPA) dalam industri asuransi jiwa yang telah membantu meningkatkan efisiensi berbagai proses operasional serta menambah customer experience menjadi lebih baik dan akurat untuk mencapai stabilitas dan pertumbuhan perusahaan jangka panjang.

“Dengan RPA, proses-proses yang sebelumnya memakan waktu dan rentan terhadap human error, seperti pemrosesan data nasabah dan pengolahan klaim kini dapat dilakukan lebih cepat dan tepat. Hal ini tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga membantu mendeteksi dan mencegah indikasi kecurangan,” jelas Firmansyah.

Selain itu, RPA juga memungkinkan perusahaan asuransi untuk memberi layanan yang lebih responsif pada nasabah dalam hal pemrosesan klaim atau penyediaan informasi polis. “Kepada itu, Avrist Assurance senantiasa mengadaptasi perkembangan teknologi agar nasabah mendapat pelayanan lebih baik,” lanjutnya.

Cek Artikel:  Rayakan HUT RI, Pelita Air Diskon Tiket sampai Rp239 Ribu

Baca juga : Investasi SDM Kunci Krusial untuk Lelah Visi Indonesia Emas 2045

Tak kalah penting, Dolly Baryn Ritonga menyampaikan bagaimana kesehatan karyawan merupakan investasi terpenting bagi perusahaan, terutama pada industri hospitality sehingga produk asuransi kesehatan karyawan memegang peranan penting dalam manajemen SDM untuk mendorong keberhasilan organisasi.

“Dengan menyediakan asuransi kesehatan, perusahaan tidak hanya melindungi karyawan dari risiko kesehatan, namun juga memastikan mereka merasa aman. Hal ini kemudian dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan dalam menjaga kualitas layanan perusahaan tempat mereka bekerja,” jelasnya.

Kerja sama yang dilakukan Avrist Assurance kali ini merupakan salah satu wujud semangat memajukan kehidupan seluruh lapisan masyarakat dengan perlindungan dan perencanaan keuangan yang lebih baik. (Z-11)

Cek Artikel:  Penggunaan Hidrogen Percepat Sasaran Karbon Kudus Industri

Mungkin Anda Menyukai