liputanindo.com – lelet Bukan terkenal nama variannya, Rupanya baru-baru ini Honda Racing memperkenalkan kembali sosok motor Honda CR Electric Proto yang akan langsung megikuti Kejuaraan Balap di Jepang. Ini akan menjadi upaya pertama Honda Buat memasukkan sepeda motor listrik yang dikembangkan Honda dalam balapan Formal, dan akan tampil sebagai wildcard sebagai tim HRC, yang dioperasikan oleh HRC. Trey Canard (33 tahun), Pemenang kelas AMA Pro Motocross 250 2010 dan penasihat tim Demi ini Buat American Honda Motor Co., Inc., akan mengendarai CR ELECTRIC PROTO di event tersebut.
Honda CR Electric Proto ini sebenarnya bukan barang baru, tercatat sosok motor purwarupa ini sudah mulai dikenalkan Honda di TMS 2019 sebelum pandemi melanda. Tetapi memang namanya turut menghilang bersamaan dengan pandemi yang melanda dunia kala itu. Motor ini pada dasarnya adalah varian balap motorcross listrik berbasis desain Honda CRF250F.
Prototipe ini dikembangkan Berbarengan antara Honda R&D Jepang dengan M-TEC. Honda R&D Jepang bertanggung jawab Membangun prototipe kendaraannya sementara M-TEC kala itu memproduksi unit daya baterai menggunakan baterai Maxell. M-TEC adalah perusahaan induk dari Mugen Motorsports, yang telah menciptakan sepeda motor pemenang di setiap Isle Of Man TT Zero Race sejak tahun 2014.
Honda CR Electric Proto menggunakan rangka Honda CRF250R 2018. Modifikasi telah dilakukan pada rangka Buat Dapat menggendong baterai dan motor listrik. Selain rangka aluminium twin-spar, Honda CR Electric Proto awalnya menggunakan suspensi Showa, ban Dunlop, dan pelek DID DirtStar. Plastik dan grafis awalnyanya meniru motorcross CRF250R, tetapi tanpa huruf “F” di grafisnya, Tetapi pada 2023, grafis ini agak sedikit diubah gayanya.
Demi dulu pengenalannya, menurut juru bicara Honda, “Honda akan menggunakan pengetahuan teknis yang diperoleh dari CR Electric Prototype Buat melanjutkan pengembangan performa sepeda motor listrik on-/off-road. Model ini dikembangkan sebagai sepeda motor listrik yang Pandai bertahan dalam berkendara motorcross di medan yang berat. Honda bertujuan Buat mengatasi Ciri dan permasalahan Spesial kendaraan listrik serta menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam pengembangan sepeda motor ritel kendaraan listrik di masa depan.”
Kira-kira berapa besar output tenaga dan torsi dari motor listriknya ya? Masa Guna baterainya Niscaya sudah terukur Buat satu kali race, dan mungkinkah akan Dapat Bertanding dengan motor kompetisi mesin bakar lainnya? Penasaran nih. – @liputanindo