Toyota Siapkan 40 Mobil Listrik bZ4X untuk Peringatan HUT ke-79 RI di IKN

Toyota Siapkan 40 Mobil Listrik bZ4X untuk Peringatan HUT ke-79 RI di IKN
Mobil listrik Toyota bZ4X.(Dok. Antara)

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan 40 unit Toyota bZ4X untuk transportasi tamu Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8).

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) merasa terhormat karena telah dipercaya untuk menghadirkan 40 unit Toyota bZ4X, sebagai kendaraan rangkaian VVIP yang bebas emisi pada pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Partisipasi tersebut diharapkan dapat mendukung keinginan pemerintah Indonesia untuk mewujudkan mobilitas yang bebas polusi udara, sekaligus mendorong transformasi yang berkelanjutan dalam penggunaan mobil listrik sebagai future mobility solution di Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam keterangannya, Jumat (16/8).

Cek Artikel:  Penjualan Otomotif Tanah Air Alami Penurunan, Honda Ungkap Sejumlah Elemen

Sebagai informasi, Toyota telah menghadirkan teknologi elektrifikasi lengkap, meliputi hybrid EV, plug-in hybrid EV, battery EV, dan fuel cell EV sebagai bagian dari strategi multi-pathway.

Baca juga : Rampungya Fasilitas Pendukung Jadi Bukti Keseriusan Pemerintah Bangun IKN

Spesifik kegiatan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Toyota merupakan produsen kendaraan elektrifikasi yang dipercaya untuk mendukung acara kenegaraan tersebut. Sebelumnya, Toyota telah mendukung kegiatan resmi pemerintah Indonesia dengan menyediakan Toyota bZ4X sebagai solusi mobilitas di acara kenegaraan bertaraf internasional.

Partisipasi itu dimulai dengan menjadikannya sebagai kendaraan resmi partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Selanjutnya, bZ4X digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dua kali. Seri 1 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9–11 Mei 2023, dan Seri 2 di Jakarta pada 5–7 September 2023.

Cek Artikel:  Primerkan Keselamatan, Chery OMODA dan JAECOO Gunakan Struktur Inovatif

Baca juga : Naik Drastis! Anggaran HUT ke-79 RI di IKN Lelah Rp87 Miliar

Kemudian, Battery EV ini juga mendukung mobilitas delegasi dari berbagai negara peserta KTT Archipelagic and Island States (AIS) Lembaga di Kawasan Nusa Dua Bali, 10-11 Oktober 2023. Terakhir antara 18-20 Mei 2024, total 130 unit Toyota bZ4X digunakan oleh para menteri dan delegasi negara peserta World Water Lembaga (WWF) 2024 di Bali.

Toyota memastikan mobilitas Toyota bZ4X dapat berjalan mulus tanpa kendala di acara penting di IKN ini. Dalam hal ini Toyota turut menyiapkan tim teknisi bersertifikat Toyota global yang terlatih dalam perawatan Battery EV Toyota.

(Z-9)

Cek Artikel:  Bahaya Minyak Rem Motor Bocor, bisa Berakibat Fatal untuk Keselamatan Pengendara

Mungkin Anda Menyukai