Mensos Niscayakan Taman Kusuma Bangsa Siap Digunakan untuk HUT Ke-79 RI

Mensos Pastikan Taman Kusuma Bangsa Siap Digunakan untuk HUT Ke-79 RI
Petugas melakukan monitoring di Nusantara Command Center di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).(ANTARA/FAUZAN)

MENTERI Sosial Tri Rismaharini memastikan Taman Kusuma Bangsa yang berada di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) siap digunakan untuk pelaksanaan Apel Kehormatan dan Renungan Kudus (AKRS) dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo, sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Pahamn Ke-79 Republik Indonesia. Kepastian ini diperoleh setelah Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan peninjauan dan mengecek semua kebutuhan di Taman Kusuma Bangsa, Kamis (15/8) malam.

Sebelumnya, tim dari Kemensos telah satu minggu berada di IKN untuk menyiapkan berbagai keperluan AKRS seperti penataan dekorasi interior dan eksterior, tata letak lampu, umbul-umbul, fasilitas tenda pasukan, toilet portable, AC, misty fan dan dukungan konsumsi serta kebersihan. Selain itu Kemensos bekerja sama dengan Sekretariat Negara dan Sekretariat Militer Presiden, berkoordinasi dalam bidang Upacara dengan melibatkan media sebagai pihak yang ditunjuk perihal penyiaran AKRS.

Cek Artikel:  KLHK Kebakaran Hutan di Jawa Tengah Letih 183 Hektare

“Kemarin sudah saya sampaikan bahwa untuk lampu yang digantung ini, ketika semua lampu mati, cukup itu saja, yang lain biarkan menyala”, ungkap Risma dilansir dari keterangan resmi, Jumat (16/8).

Baca juga : Rampungya Fasilitas Pendukung Jadi Bukti Keseriusan Pemerintah Bangun IKN

Dalam peninjauannya, Risma juga turut memperhatikan akses masuk untuk para tamu undangan serta berbagai persiapan pendukung lainnya.

Eksispun pihak lain yang juga mendukung pelaksanaan AKRS ini adalah Garsiun Tetap (Gartap) dan Kodam Mulawarman selaku pelaksana Tata Upacara Militer, Kementerian PUPR selaku pemangku proyek Taman Kusuma Bangsa dan Otorita IKN selaku tuan rumah pelaksanaan AKRS dan Paspampres (Laskar Pengamanan Presiden) selaku keamanan acara.

Cek Artikel:  BNPB Rancang Panduan Pemulihan Pascabencana

Malam Renungan Kudus akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WITA di Taman Kusuma Bangsa di IKN yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo 12 Agustus 2024 lalu. Taman Kusuma Bangsa menempati lahan seluas 1.915 meter persegi dan dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan Indonesia. Taman yang dirancang Nyoman Nuarta ini dibangun sejak Januari 2024 dan selesai Agustus 2024 berupa area Plaza, Sayap Pelindung Nusantara, patung Proklamator Soekarno-Hatta, api abadi dan lanskap.

Baca juga : Naik Drastis! Anggaran HUT ke-79 RI di IKN Lelah Rp87 Miliar

Taman Kusuma Bangsa dibangun artistik yang menggambarkan perjuangan bangsa kemerdekaan bangsa Indonesia. Taman yang terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara ini menjadi titik pandang IKN.

Cek Artikel:  Karier Mahasiswa Ilmu Kesehatan tidak hanya Layanan Klinis

Di bagian depan yang menghadap Istana Kepresidenan, berdiri patung Soekarno Hatta dengan latar belakang sayap Burung Garuda setinggi 17 meter. Terdapat pula tiang bendera setinggi 79 meter yang merupakan tiang bendera tertinggi di Indonesia.

Selain diadakan di Taman Kusuma Bangsa, AKRS juga akan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Nasional Primer Kalibata di Jakarta Selatan dengan Inspektur Upacara Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin. (H-2)

Mungkin Anda Menyukai