Dalih Sebenarnya Iran belum Membalas Israel

Alasan Sebenarnya Iran belum Membalas Israel
Tentara Iran.(AFP)

IRAN membuat dunia gelisah sejak berjanji untuk menyerang Israel lebih dari dua minggu lalu. Bahkan para ahli menyebut tindakan itu dapat menjerumuskan kawasan ini ke dalam perang habis-habisan.

Serangan yang dijanjikan oleh Republik Islam ini dimaksudkan sebagai pembalasan atas pembunuhan Ismail Haniyeh pada 31 Juli lalu di Teheran. Pemimpin politik kelompok Palestina Hamas itu ditetapkan sebagai teroris oleh AS dan Uni Eropa.

Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengatakan setelah pembunuhan itu bahwa Iran berkewajiban dan punya hak untuk membalaskan dendam atas kematian tamunya. Serangan Iran sudah berlangsung selama dua minggu terakhir dan antisipasi ini telah menyebabkan seringnya histeria di media sosial yang meramalkan serangan oleh Iran dan sekutunya dalam beberapa jam.

Baca juga : Presiden Palestina: Iran akan Balas Israel dalam Beberapa Jam Tengah

“Saya pikir mereka sangat menikmatinya: menyaksikan Israel terjebak dalam masa penantian ini, menanggung akibat ekonomi dan psikologis yang berat,” kata Raz Zimmt, peneliti senior di Institut Studi Keamanan Nasional di Tel Aviv, dilansir dari Oil Price. Tetapi dampak dari antisipasi tersebut seperti pedang bermata dua yang juga merugikan Iran dan sekutunya.

“Akibat negatif terhadap Israel, baik itu tekanan terhadap pihak dalam negeri, mobilisasi militer, dan bahkan konsekuensi ekonomi, tidak hanya terbatas pada Israel, tetapi juga memengaruhi Iran dan Libanon,” ujar Michael Horowitz, kepala intelijen konsultan Le Beck International yang berbasis di Bahrain.

Cek Artikel:  Ini Syarat Gencatan Senjata Hamas dan Jihad Islam dengan Israel

Mengapa menunggu?

Para analis mengatakan gagasan Iran menunda pembalasan karena menikmati dampak psikologis yang ditimbulkannya lebih merupakan alasan daripada strategi yang tepat. Mereka sepakat bahwa perdebatan dalam negeri yang intens, kerumitan dalam berkoordinasi dengan pihak lain, dan penilaian risiko yang terkait dengan serangan, semua berkontribusi pada keraguan Iran.

Baca juga : Dukung Palestina, Hizbullah Tembakkan 30 Roket ke Israel

Zimmt mengatakan Iran menghadapi dilema besar. Ini karena sementara Khamenei dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang kuat ingin memulihkan pencegahan Iran terhadap Israel, ada elemen di Iran yang khawatir serangan skala besar dapat menyeret Iran ke dalam konflik, berperang dengan Israel dan mungkin bahkan Amerika Perkumpulan.

Bahkan jika keputusan tentang cara menanggapi pembunuhan Haniyeh dibuat, berkoordinasi dengan Hizbullah dan anggota lain dari poros perlawanan ialah hal yang memakan waktu. Unsur lain yang mungkin memengaruhi pengambilan keputusan Iran ialah Amerika Perkumpulan meningkatkan kehadiran militernya di wilayah tersebut dibandingkan pada April lalu menjelang serangan drone dan rudal Iran yang belum pernah terjadi terhadap Israel.

“Kami melihat respons yang lebih besar (dari Amerika Perkumpulan) dibandingkan pada April yang mungkin dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan cakupan ancamannya, karena Iran mungkin akan melakukan respons yang lebih besar dibandingkan pada April,” kata Horowitz. “Pesan (dari Amerika Perkumpulan) dalam mengirimkan aset defensif ialah pencegahan dan mungkin satu-satunya pesan yang benar-benar penting pada tahap ini.”

Cek Artikel:  Babak Baru Perundingan Gencatan Senjata Gaza Dimulai Tanpa Hamas

Baca juga : Korea Selatan Desak Penduduknya Tinggalkan Libanon dan Israel

Dapatkah diplomasi berhasil?

Teheran telah menolak seruan negara-negara Barat untuk menahan diri dan bersikeras bahwa mereka punya hak yang sah untuk menanggapi pembunuhan Haniyeh oleh Israel di wilayah Iran. Tetapi, banyaknya panggilan telepon yang dilakukan kepada Presiden baru Masud Pezeshkian dan penjabat Menteri Luar Negeri Ali Baqeri-Kani telah menimbulkan spekulasi bahwa upaya diplomasi telah membantu menunda serangan dan berpotensi mencegahnya.

“Saya skeptis bahwa diplomasi saja sudah cukup untuk benar-benar mengubah perhitungan Iran,” kata Horowitz.
“Iran akan melakukan apa yang dirasanya demi kepentingan terbaiknya, terlepas dari seruan dan pernyataan yang mendesak untuk menahan diri,” sebutnya.

Tetapi Iran menyatakan bahwa diplomasi lain dapat meyakinkan negara itu untuk setidaknya menunda serangan yang dijanjikannya atau ada gencatan senjata permanen di Gaza antara Israel dan Hamas.

Baca juga : Ismail Haniyeh Disebut Tewas akibat Bom yang Disimpan Lamban

Farzan Sabet, rekan peneliti senior di Geneva Graduate Institute, berspekulasi bahwa Iran mungkin mencari jalan keluar untuk membenarkan respons yang lebih lemah dan semacam gencatan senjata di Gaza bisa menjadi kemenangan diplomatis yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Cek Artikel:  Gedung Putih Klaim Negosiasi Gencatan Senjata Gaza Terdapat Kemajuan

Zimmt mengatakan gencatan senjata di Gaza mungkin tidak penting bagi Iran. Tetapi hal ini memberi Teheran alasan atau penjelasan untuk melegitimasi penundaan ini, baik secara internal maupun eksternal.

Dia mengatakan gencatan senjata dapat menyebabkan Iran mengurangi skala serangannya atau memilih metode pembalasan berbeda yang tidak melibatkan serangan langsung terhadap Israel.

Tak ada pilihan bagus

Tetap menjadi misteri kapan dan bagaimana Iran akan menanggapi hal ini. Tetapi saat ini Teheran tampaknya tidak punya pilihan yang baik.

“Para pengambil keputusan di Teheran mungkin bimbang dalam menemukan opsi Goldilocks,” kata Sabet. Hal ini, jelasnya, merupakan teka-teki bagi Iran untuk melakukan serangan balasan yang tidak terlalu lemah sehingga hanya punya sedikit nilai simbolis atau efek jera, tetapi tidak terlalu kuat sehingga menyebabkan siklus eskalasi tidak terkendali yang mengarah pada perang lebih besar.

Teheran pada dasarnya hanya punya respons yang lemah atau sudah melewati ambang perang. Kedua opsi tersebut memiliki risiko yang signifikan, “Bagus bagi kekuatan proyeksi regional Iran atau risiko yang dapat diambil Iran jika negara itu melewati batas dan sebagai balasannya mendapat pukulan balik,” pungkas Horowitz. (Z-2)

Mungkin Anda Menyukai