Polri Optimistis Pilkada Serentak 2024 Berlangsung Damai

Polri Optimistis Pilkada Serentak 2024 Berlangsung Damai
Ilustrasi: Aksi dukungan Pilkada Damai.(Dok.Antara)

POLRI optimistis penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 akan berlangsung damai. Hal ini disampaikan usai kegiatan deklarasi damai oleh tiga pilar di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan untuk mewujudkan Pilkada Damai memang perlu sinergi antara Polri, TNI, pemerintah daerah dan masyarakat. Kegiatan cooling dengan deklarasi tiga pilar, kata dia, adalah wujud keseriusan untuk menciptakan pilkada yang berjalan lancar, aman dan damai.

Selain itu, Trunoyudo mengatakan upaya-upaya preemtif dan preventif lain juga bisa dilakukan dengan bersilaturahmi bersama seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan lainnya. Para kepala satuan wilayah (Kasatwil) yakni Kapolres dan Kapolsek diminta mengambil peran dalam upaya ini.

Cek Artikel:  Megawati Minta Airin Tegak Lurus dengan PDIP

Baca juga : Polisi Perketat Keamanan Rumah Bacagub Aceh Bustami Hamzah

“Turun ke lapangan temui tokoh-tokoh di daerahnya, bangun narasi besar yakni jaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan kelompok dan golongan tertentu,” kata Trunoyudo dalam keterangannya, Selasa (10/9).

Lebih lanjut, Trunoyudo meminta tiga pilar itu bisa mendeteksi dini potensi-potensi konflik. Peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa disebut dibutuhkan untuk memitigasi segala konflik sosial yang ada. Tak kalah penting, seluruh elemen masyarakat juga harus menjaga kondusifitas selama pelaksanaan dan selesainya Pilkada serentak 2024.

“Semoga upaya-upaya yang dilakukan oleh Polri, TNI bersama Forkopimda Kabupaten Bantaeng melalui deklarasi tiga pilar bisa menciptakan pilkada yang aman dan damai,” pungkasnya. (P-5)

Cek Artikel:  2 Unsur yang Munculkan Kotak Hampa di Pilkada

Mungkin Anda Menyukai