All New Yamaha YZF-R9 2025 . . Detail, Spesifikasi dan Galeri Foto

liputanindo.com – Salah satu motor terbaru yang paling ditunggu-tunggu akhirnya Formal diperkenalkan. Yamaha secara Dunia meluncurkan YZF-R9 model year 2025 per Lepas 9 Oktober 2024. Yamaha menegaskan bahwa R9 bukanlah pengganti R6, karena meski R9 Mempunyai kemampuan track use yang sangat Bagus Tetapi juga pengembangannya mempertimbangkan kelayakan Demi jalan raya.

Seperti pada umumnya sebuah motor supersport keluaran tahun 2022 hingga Ketika ini Niscaya dibekali dengan sayap aerodinamika. Yes, winglet winglet dan winglet! Dan Yamaha R9 pun hadir dengan winglet yang terintegrasi dengan fairing-nya dan Yamaha mengklaim bahwa sepasang winglet-nya sangat fungsional kepada aerodinamis dan Watak motor. Bentuk tangki bahan bakarnya mirip R1, sementara bagian buntutnya terlihat terinspirasi oleh R6 yang juga mirip R7 dan R15/R125. Yamaha mengatakan bahwa R9 adalah model paling aerodinamis dari R Series Ketika ini.

Mesin & Elektronik

YZF-R9 2025  dirancang Demi mendefinisikan ulang kelas Supersport dengan menggabungkan performa lintasan balap dengan aksesibilitas sepeda motor jalana raya melalui Watak transfer tenaga yang luas dan halus, handling yang ringan, ergonomi berkendara yang ramah bagi pengendaranya, serta paket lengkap rider aid/assistance yang canggih.

Mesin CP3 atau 3 silinder segaris berpendingin cairan 890cc crossplane yang bertenaga menjadi dapur pacu R9 yang berkarakter, yang ECU yang Dapat di-setting dan rasio gearbox yang dioptimalkan Demi menghasilkan tenaga sebuah Supersport dengan Watak mesin yang lebih besar dan bertenaga.

Airbox yang dirancang dengan cermat memperkuat Bunyi induksi yang berpadu dengan Bunyi knalpot khas mesin CP3 Demi menghasilkan resonansi Bunyi yang semakin meningkatkan sensasi Ketika Percepatan.

Mesin triple 890cc Kagak banyak berubah dari mesin MT-09. Perbedaan Istimewa, menurut Yamaha, adalah mapping bahan bakar Spesifik Demi R9 berbeda dengan MT-09, sproket belakang turun dua gigi (dari 45 ke 43) Demi kecepatan tertinggi yang lebih Bagus ketimbang MT-09. Mesin ini Pandai menghasilkan Sekeliling 120 horsepower pada MT-09, dengan Bilangan torsi 63 lb-ft pada roda belakang. Yang diharapkan Bilangan tersebut Dapat lebih tinggi pada R9.

Cek Artikel:  Toyota Harap Eksis Kebijakan Lanjutan yang Untungkan Produsen dan Konsumen

Assist & Slipper Clutch (A&S) digunakan Demi membantu engine brake yang berlebihan sehingga mesin terasa halus dan mudah dikendalikan Ketika menurunkan gigi, sekaligus mengurangi tenaga lebih yang dibutuhkan Demi menarik tuas kopling sehingga mengurangi kelelahan pada tangan bagi rider.

Segala perangkat elektronik supersport Yamaha juga Terdapat pada R9 baru ini, seperti 6-axis IMU, 4-level Power Delivery Mode (PWR), 9-level Lean-sensitive Traction Control System (TCS), MotoGP-developed 3-level Slide Control System (SCS), Three-level Lift Control System (LIF), Lean-sensitive Brake Control System (BC), ABS Rear ABS off function, 2-level Engine Brake Management (EBM), Back Slip Regulator (BSR), Launch Control (LC), Yamaha Ride Control (YRC), preset and customizable settings Yamaha Variable Speed Limiter (YVSL), Full LED lighting Intuitive switchgear, Cruise control dan tak ketinggalan Smartphone connectivity.

Sasis dan Suspensi

Secara ergonomis, R9 memberikan keseimbangan antara R1 yang berfokus pada lintasan berpadu dengan R7 yang lebih mudah digunakan di jalanan. Handlebar model clip-on berada di Dasar triple three clam atas. Spek seperti ini sudah memberikan kesan sporty-nya R9 dan agresivitas posisi berkendaranya. Tetapi, segitiga ergonomis R9 menunjukkan posisi berkendara yang kurang lebih sama dengan R1. Dan R9 standar ini sama seperti MT-09 yang sasisnya Mempunyai penempatan footstep bawaan yang dapat disesuaikan posisinya.

Akan sangat mudah Demi mengasumsikan bahwa R9 hanyalah sebuah MT-09 dengan fairing, tetapi Rupanya Dugaan itu salah besar. Rangkanya sendiri mungkin terlihat agak mirip dengan MT-09, tetapi dibentuk dari teknik casting berbeda Demi menciptakan rangka aluminium paling ringan yang pernah ditawarkan pada model supersport Yamaha.

Cek Artikel:  Begini Desain Calon Motor Full Fairing Listrik Yamaha

Rangka ini juga disetel Demi memenuhi Tanda khas kelenturan yang berbeda dengan MT-09. Karena memang keduanya merupakan motor sport dengan beda utilitas, MT Series lebih kepada motor roadster jalan raya yang lebih memerlukan kelenturan sasis agar tetap nyaman berkendara di banyak variasi kondisi jalan raya, sedangkan R9 didesain selain Demi di jalan raya juga perlu tingkat kekakuan lebih demi performa di track balap.

Suspensi disuplay oleh KYB, dengan front fork model SDF (Separate Damping Fork) yang Kagak hanya menawarkan penyesuaian penuh tetapi juga kemampuan Demi mengubah redaman High Compression dan juga Low Compression ala motor balap. Shock belakang juga dapat disetel sepenuhnya dan dilengkapi dengan knop penyetelan preload hidrolis eksternal yang nyaman Demi memudahkan rider mengaksesnya Demi menyetel  kekerasan preload monoshock.

Pengereman

Seperti yang sudah liputanindo prediksi sebelumnya dimana sektor pengereman R9 akan berbeda dengan MT-09 versi standar. Dan Betul saja, R9 Mempunyai pengereman yang mirip dengan rem pada MT-09 SP. Dilengkapi dengan rem kaliper dari Brembo Stylema 4 piston pada masing-masing sisi dan slang rem berbahan steel braided atau anyaman baja, yang lebih tahan dengan tekanan cairan rem yang besar dan suhu lebih tinggi. Juga rem master silinder dari Brembo sebagai penyempurnanya.

Piringan cakram depan memakai spesifikasi diameter 320mm (MT-09 Hanya 298mm), dijepit oleh kampas rem Spesifik Brembo Stylema yang berbeda, lebih agresif, dengan perangkat ABS yang sudah menjadi standar. Demi rem bagian belakang, ABS ini Dapat dimatikan demi feeling berkendara Ketika berada di dalam track balap.

Fitur dan Harga

Segala penerangan pada R9 sudah menggunakan lampu LED modern,  termasuk lampu depan tipe proyektor tunggal baru yang berada pada lubang udara dan diapit oleh lampu posisi empat elemen dengan desain yang agresif, Demi lampu sein depan terintegrasi pada spion – seperti pada Yamaha R1 – dan bagian lampu belakang dan lampu seinnya memakai LED baru.

Cek Artikel:  Arbi Aditama terkonfirmasi Formal Tetap di JTT JuniorGP 2023

Dashboard dengan layar LCD baru ber-instrumen cluster LCD, menampilkan informasi smartphone yang terhubung dengan data Krusial kendaraan, atau di Indonesia seperti fitur Y-Connect pada beberapa varian motor. Terdapat juga soket USB-A yang terletak di sebelah dashboard-meter yang menyediakan daya yang nyaman Demi pengisian daya ponsel atau peralatan lain Ketika on-board di motor.

Di Amerika Utara harganya R9 terbilang sangat menarik, ditawarkan pada Bilangan $12.499 atau Sekeliling Rp 195 jutaan, MSRP. Yamaha YZF-R9 2025 akan mulai dijual di dealer pada bulan Maret 2025 dan tersedia dalam tiga pilihan Corak: Team Yamaha Blue, Matte Raven Black, atau Intensity White/Redline.

Engine : Liquid-cooled, inline three-cylinder, 12-valve, DOHC, 240° firing order
Displacement : 890cc
Bore x stroke : 78 x 62.1 mm
Compression ratio : 11.5:1
Max power : 120 Hp [Estimate]
Max Torque : 68 lb-ft @7000 RPM
Fuel system : Electronic fuel injection system YCC-T with ride-by-wire system
Exhaust : 3-2-1
Transmission : Six-speed
Chassis : Cast aluminum twin-spar
Front suspension : 43 mm KYB fork, fully adjustable; 119mm of travel
Rear suspension : KYB shock, fully-adjustable; 116mm of travel
Front brake : Dual four-piston Brembo Stylema monobloc calipers, 320 mm discs, ABS
Rear brake : Single-piston caliper, 220 mm disc, ABS
Front tire : 120/70 ZR17 Bridgestone Battlax Hypersport S22
Rear tire : 180/55 ZR17 Bridgestone Battlax Hypersport S22
Rake : 27°
Trail : 94mm
Wheelbase : 1419mm
Seat height : 830mm
Fuel capacity : 14 Litre
Weight : 195 Kg (wet)

 

Mungkin Anda Menyukai