Krusialnya Dimensi Sosial dalam Pembangunan STEM di Indonesia

Pentingnya Dimensi Sosial dalam Pembangunan STEM di Indonesia
(Dok. Pribadi)

BAPPENAS pada Juli 2023 menginformasikan hanya 18,47 % mahasiswa Indonesia yang lulus dari bidang ilmu-ilmu berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM). Ditambah, data terkini dari Pangkalan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mengindikasikan mahasiswa yang studi di bidang STEM hanya berkisar 1,7 juta mahasiswa.

Ironisnya, hanya 0,3% atau 822,47 ribu penduduk Indonesia yang mengenyam pendidikan pascasarjana berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri 2021.

Selengkapnya baca di epaper Media Indonesia https://epaper.mediaindonesia.com/detail/a-8067

 

 

Cek Artikel:  Iran dan Timur Tengah Pasca-Raisi

Mungkin Anda Menyukai