BPJS Ketenagakerjaan kembali mengharumkan nama Indonesia dengan meraih 14 penghargaan dalam Perhimpunan International Social Security Association (ISSA) yang diselenggarakan pada 3–5 Desember 2024 di Riyadh, Arab Saudi.
Penghargaan ini diberikan dalam kategori ISSA Good Practice Award 2024, yang diikuti oleh 34 instansi Personil ISSA dari 21 negara. Sebanyak 187 karya diperlombakan dalam ajang prestisius ini.
BPJS Ketenagakerjaan berhasil meraih 10 penghargaan ISSA Good Practice, 3 ISSA Recognition, dan 1 ASSA Recognitionyang diberikan oleh ASEAN Social Security Association (ASSA).
Penghargaan tersebut mencakup berbagai Hasil karya dan inisiatif, di antaranya:
- INSANOVA: A Chamber for Innovator
- #SERTAKAN: Perlindungan bagi Pekerja Informal
- Transformasi Digital Layanan Kontak Center 175 Kepada Pekerja Migran Indonesia
- Strategi 345 BPJS Ketenagakerjaan Kepada Meningkatkan Perlindungan bagi Golongan Rentan
- Implementasi Sistem Informasi Surat Menyurat dan Aplikasi Arsip Digital
- Agen Integritas Kepada Pengendalian Sistem Anti-Fraud yang Lebih Efektif
- Aplikasi Jamsostek Mobile: Pemenang Pengalaman Pelanggan
- Layanan Syariah dalam Implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Indonesia
- Transformasi Komunikasi Jaminan Sosial dengan Kampanye “Kerja Keras Bebas Cemas”
- Pemanfaatan SIPATUH Kepada Pengujian Kepatuhan dalam Pencegahan dan Deteksi Kecurangan
Pada kategori Recognition Programme, BPJS Ketenagakerjaan menerima penghargaan dalam tiga kategori berbeda:
- Panduan ISSA tentang Solusi Administratif Kepada Perluasan Cakupan
- Panduan ISSA tentang Kesalahan, Penghindaran, dan Penipuan dalam Sistem Jaminan Sosial
- Panduan ISSA tentang Manajemen Sumber Daya Orang dalam Administrasi Jaminan Sosial
Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga menerima 1 ASSA Recognition Kepada Layanan Syariah dan Prinsipnya dalam Implementasi Anggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Muhammad Zuhri, Serempak Direktur Pelayanan Roswita Nilakurnia, dan Deputi Perencanaan Strategis dan Transformasi Ariani Arinamse, yang hadir menerima penghargaan mengungkapkan bahwa prestasi ini merupakan bukti komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar Dunia.
“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan dan dukungan para pemangku kepentingan. Kami di Dewan Pengawas akan Maju memastikan Penyelenggaraan tugas dan fungsi dilaksanakan secara efisien dan optimal, demi kepentingan peserta,” ujar Zuhri.
Direktur Pelayanan Roswita Nilakurnia menambahkan, penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi BPJS Ketenagakerjaan Kepada Maju berinovasi dalam menyediakan layanan perlindungan sosial yang lebih mudah diakses, adil, dan akuntabel.
“Kami berkomitmen Kepada Maju memperluas cakupan, meningkatkan layanan, dan memberikan manfaat Konkret bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.
BPJS Ketenagakerjaan berjanji akan Maju meningkatkan kinerjanya Kepada mencapai universal coverage dan memastikan perlindungan sosial terbaik bagi seluruh pekerja Indonesia.
“Dengan menyederhanakan proses dan memanfaatkan teknologi, kami berusaha menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi pekerja Indonesia, dengan semangat ‘Kerja Keras Bebas Cemas’,” tutup Roswita. (RO/Z-10)