Perempuan Lebih Banyak Alami Masalah Irama Jantung

Perempuan Lebih Banyak Alami Masalah Irama Jantung
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER spesialis jantung dan pembuluh darah lulusan Universitas Indonesia Sunu Budhi Raharjo mengatakan perempuan memiliki risiko mengalami masalah irama jantung atau aritmia lebih tinggi dibandingkan laki-laki dan bisa menyerang di usia berapapun.

“Gejalanya sempoyongan, kadang-kadang pingsan, tapi, bangun lagi. Kalau nggak bangun, dia henti jantung,” kata Sunu dalam diskusi kesehatan tentang jantung di Jakarta, Selasa (30/7).

Sunu mengatakan, masalah irama jantung atau aritmia biasanya ditandai dengan gejala jantung berdebar tanpa alasan dan dalam keadaan tubuh tidak sedang beraktivitas. Sering kali jantung berdebar lebih cepat saat akan tidur.

Baca juga : Perempuan yang Alami Komplikasi Kehamilan Ributo Terkena Penyakit Jantung

Pada kasus aritmia yang lebih parah, pasien bisa pingsan atau kolaps. Penanganan harus segera dilakukan dengan pompa jantung yang adekuat.

Cek Artikel:  Picky Eater Berdampak Tak baik bagi Tumbuh Kembang Anak

Aritmia juga bisa membuat pasien kejang karena otot jantung mengalami kram. Pasien akan pingsan karena tidak mendapat suplai darah dari jantung ke organ otak.

Aritmia dengan serangan, kata Sunu, bisa terjadi baik pada usia muda maupun tua. Hal itu terjadi karena aritmia bisa datang mendadak tanpa dipengaruhi dari faktor degeneratif atau pertambahan usia.

Baca juga : Rupanya, Gejala Serangan Jantung yang Dialami Laki-Laki dan Perempuan Berbeda

“Ibarat pohon muncul benalu, kan, bukan dari pohon itu tumbuh ada benalu. Itu yang tidak dipengaruhi dari faktor degeneratif, beda dengan serangan jantung aorta itu banyak karena hipertensi lama, diabetes lama, kolesterol tinggi dan paling sering adalah rokok,” jelas Sunu.

Cek Artikel:  Tanamkan Safiri Positif dalam Alam Pra Sadar lewat Tembang Anak

Sunu menambahkan aritmia yang sering terjadi pada perempuna juga bisa menyebabkan serangan jantung yang berujung pada henti jantung. Penanganan pada periode emas harus segera dilakukan untuk menghindari terjadi henti jantung.

“Kalau serangan jantung itu diawali dengan nyeri dada, keringat dingin yang luar biasa, sesak, itu serangan jantung. Penanganannya harus segera dibawa ke rumah sakit,” pungkas Sunu. (Ant/Z-1)

Mungkin Anda Menyukai