Indonesia Telaahi Kerja Sama dengan Jepang untuk Vaksin LC16 Mpox

Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Jepang untuk Vaksin LC16 Mpox
Menlu Retno Marsudi.(MI/Agus Utantoro)

 

MENTERI Luar (Menlu) Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia tengah menjajaki kerja sama dengan Jepang yang merupakan produsen vaksin LC16 Mpox.

“Nah kita juga saat ini tengah mengejajaki kemungkinan kerjasama dengan Jepang yang merupakan produsen vaksin LC16 dengan mengusulkan beberapa pembelian vaksin,” ujar Retno, dalam rapat kerja Kemenlu dengan DPR, di Jakarta, Kamis (5/9).

Baca juga : Menlu Australia Minta Kaumnya Segera Tinggalkan Libanon

Tak hanya itu, Retno menerangkan pemerintah Indonesia juga membantu Afrika yang meminta untuk pengiriman diagnostik equipment dan obat-obatan teropatik.

“Jadi sekali lagi sebenarnya pendekatannya hampir sama dengan Covid-19 walaupun naturnya agak berbeda tetapi Mpox ini adalah tidak hanya kasus yang dialami oleh satu negara, lebih dari satu negara transboundary sehingga penanganannya juga memerlukan kolaborasi kerjasama yang baik,” ucapnya.

Cek Artikel:  10 Hobi yang Pandai Dilakukan untuk Usia 40 Mengertin ke Atas

Retno juga memastikan langkah antisipasi dengan menerima 1.600 dosis vaksin produksi Bavarian Nordic dari Denmark, pada pekan silam.

Kemudian, kata Retno, ada dukungan dari WHO untuk joint risk assessment untuk persiapan penyelenggaraan Indonesia Afrika Lembaga yang kedua di Bali.

“Alhamdulillah penyelenggaraan dapat berjalan dengan lancar, semua langkah preventif dan rekomendasi WHO kita jalankan sehingga sampai saat ini saya tidak mendengar apapun adanya kasus Mpox yang terjadi akibat penyelenggaraan Indonesia Afrika Lembaga yang kedua,” tandasnya. (H-3)

Mungkin Anda Menyukai