Kasus Cacar Monyet Meningkat, Kenali Gejala Cacar Monyet pada Bayi dan Anak

Kasus Cacar Monyet Meningkat, Kenali Gejala Cacar Monyet pada Bayi dan Anak
Ilustrasi penderita cacar monyet (monkeypox atau Mpox)(Dok.Freepik)

BAYI atau anak yang telah terpapar virus monkeypox biasanya tidak langsung menunjukkan gejala cacar monyet. Hal ini dikarenakan virus memerlukan masa inkubasi di dalam tubuh sebelum akhirnya menimbulkan gejala. 

“Masa inkubasi umumnya berkisar antara 6 sampai dengan 13 hari, tetapi bisa juga terjadi antara 5 sampai dengan 21 hari,” kata dr. Hans Natanael, Sp.A., melalui Instagram drhans_spesialisanak.

Gejala Monkeypox 

Gejala cacar monyet terdiri dari 2 tahap yaitu tahap infasi dan erupsi.

Baca juga : 5 Grup Rentan Cacar Monyet Harus Lebih Gencar Melakukan Pencegahan

1. Tahap Infasi

Tahap Infasi terjadi dari awal paparan hingga 5 hari setelahnya. Dr Hans menuturkan umumnya tahap-tahap tersebut ditandai dengan gejala yaitu anak mengalami sakit kepala berat, demam, hingga pembekakakan kelenjar getah bening.

Cek Artikel:  Indo Water, Indo Waste & Recycling, Indo Renergy & Electric Hadirkan Solusi Terbaik Pengelolaan Air dan Air Limbah, Siklus Ulang Sampah dan Daya Terbarukan dan Elektrik

2. Tahap Erupsi 

Tahap kedua ialah erupsi. Tahap ini biasanya mulai terjadi pada saat hari ke-1 hingga ke-3 setelah muncul demam pada anak.

“Ditandai dengan munculnya ruam yang timbul secara bertahap sebagai bintil atau lepuhan pada wajah dan tungkai. Ruam ini bisa gatal atau pun nyari,” jelas dr Hans. (M-4)

Mungkin Anda Menyukai