Pesan Persatuan dari Surya Paloh dan Prabowo

SALAH satu aspek terpenting dalam politik di negara demokrasi ialah  konsolidasi. Krusial karena konsolidasi politik akan menentukan apakah  bangsa itu siap lari kencang meraih kemajuan, atau memilih jalur lambat karena terus-menerus memperuncing perbedaan.

Dalam teori politik mana pun, stabilitas dan konsolidasi politik ialah prasyarat kemajuan bangsa. Ia merupakan kondisi yang niscaya. Di mana-mana, di berbagai negara, kegagalan mengelola stabilitas dan menciptakan konsolidasi politik membuat negara itu lamban. Perpecahan dan perbedaan kerap dikedepankan ketimbang persatuan.

Pada konteks itulah, kita menyambut gembira keputusan Partai Nasdem menerima hasil Pemilu 2024. Kita mengapresiasi Ketua Biasa Partai NasDem Surya Paloh yang langsung memberikan ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subanto-Gibran Rakabuming Raka begitu Komisi Pemilihan Biasa menetapkan pasangan itu terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

Cek Artikel:  Noda Paripurna Pencawapresan Gibran

Kita bahkan makin gembira menyaksikan pertemuan antara Ketua Biasa Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Biasa Partai Gerindra yang juga Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Subianto, di NasDem Tower, tadi siang. Pertemuan itu menyiratkan bahwa proses konsolidasi politik akan berlangsung lancar, sehingga harapan publik bagi kian stabilnya politik dan ekonomi kita segera terwujud.

Surya Paloh dan Prabowo Subianto memberi pesan penting kepada bangsa ini bahwa sekeras apa pun perbedaan dan kontestasi politik, persatuan nasional tetap yang utama. Apa yang disampaikan oleh Prabowo bahwa kentestasi itu penting, kompetisi itu bagus, pertandingan itu perlu, tapi bila semua sudah berakhir bangsa ini mesti segera menatap ke depan.

Cek Artikel:  Putusan MK tanpa Sang Om

Tak ada pertandingan yang tidak selesai. Tak ada kompetisi yang tidak berakhir. Tak ada kontestasi yang terus-menerus terjadi. Begitu KPU menetapkan hasil, ibarat sepak bola, penetapan KPU adalah peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Situasi seperti ini dibutuhkan, karena banyak tantangan bangsa yang mesti dihadapi bersama. Rakyat butuh elite yang siap rukun setelah pertandingan selesai. Rakyat juga butuh demokrasi yang terjaga dalam prinsip-prinsip kebersamaan dan kolaborasi.

Kita ucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Surya Paloh, karena keduanya telah memulai proses menuju keadaban politik yang tinggi. Keadaban yang lebih mengedepankan persatuan ketimbang perselisihan tanpa berkesudahan.

Mungkin Anda Menyukai