Kemenpar buat 5 strategi maksimalkan kunjungan wisatawan Ketika Nataru

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pariwisata telah Membangun lima strategi Demi memaksimalkan kunjungan wisatawan Berkualitas nusantara maupun mancanegara menjelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

“Kami harapkan momen ini dapat menjadi penggerak signifikan dalam pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus juga memperkuat Imej pariwisata Indonesia dalam mewujudkan pengalaman berwisata di Indonesia aja yang nyaman, Terjamin, dan tanpa hambatan,” kata Wakil Menteri Pariwisata Ni Luh Puspa dalam keterangan Formal di Jakarta, Sabtu.

Dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Persiapan Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Ni Luh menuturkan strategi tersebut bakal mencakup penyusunan dan sosialisasi yang dituangkan melalui Surat Edaran Menteri Pariwisata tentang penyelenggaraan kegiatan wisata yang Terjamin, nyaman, dan menyenangkan pada Ketika perayaan Natal 2024 dan tahun baru 2025 dengan kolaborasi pemangku kepentingan terkait dan pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Cek Artikel:  11 Tempat Snorkeling Terbaik di Indonesia, Spot Terbaik Kepada Menikmati Ombak Nusantara

Surat edaran itu akan disebarkan kepada kepala daerah khususnya dinas pariwisata di 38 provinsi, juga kepada asosiasi usaha pariwisata dan pengelola wisata.

“Kami akan menggelar rapat koordinasi di awal Desember 2024 setelah surat edaran ini disebarluaskan Demi memastikan kesiapan dari seluruh pemangku kepentingan terkait,” ujar Ni Luh.

Strategi kedua yakni melakukan visitasi destinasi wisata menjelang libur Natal 2024 dan tahun baru 2025 di beberapa Letak yang diperkirakan berpotensi Demi dipadati wisatawan.

Kemenpar sedang memetakan destinasi mana saja yang perlu perhatian seperti destinasi pantai di Banten; Ancol di Jakarta; Taman Safari di Puncak, Jawa Barat. Kemudian Demi Bali, Kemenpar akan Menyantap kesiapan bandaranya Demi memastikan kedatangan wisatawan Dapat berlangsung dengan Terjamin dan nyaman.

Cek Artikel:  Lorin Solo Hotel Formal Luncurkan Logo Baru yang Kekinian

Kemenpar juga bekerja sama dengan para Kawan merancang promo-promo Natal dan tahun baru serta menawarkan paket-paket wisata Demi menarik minat wisatawan berlibur ke Indonesia. Amplifikasi kampanye JAJAN #DiIndonesiaAja (Jalan-Jalan Akhir Tahun #DiIndonesiaAja) juga dilakukan.

“Amplifikasi kampanye tersebut akan dilakukan di beberapa platform digital seperti media sosial dan website Kemenpar yang memuat informasi berupa promo, inspirasi event, rekomendasi destinasi akhir tahun, dan juga informasi terkini,” kata Ni Luh.

Sedangkan pada Desember 2024 Tiba Januari 2025, Ni Luh mengatakan telah mempersiapkan sejumlah acara yang diharapkan dapat meningkatkan pergerakan wisatawan.

Potensi ekonomi dari pergerakan wisatawan nusantara selama momen libur Natal 2024 dan tahun baru 2025 diperkirakan mencapai Rp117,3 triliun, dengan Taksiran jumlah wisatawan nusantara pada Desember 2024 mencapai 78,2 juta perjalanan.

Cek Artikel:  Hotel Ciputra Semarang Sukses Gelar Malam Apresiasi Perusahaan dan Media

Sementara Demi potensi ekonomi dari pergerakan wisatawan mancanegara diproyeksikan mencapai Rp22,55 triliun hingga Rp29,2 triliun, dengan perkiraan optimis mencapai 1,02 juta -1,325 juta perjalanan di bulan Desember 2024.

Baca juga: Menguatkan desa wisata sebagai pilar ekonomi pedesaan

Baca juga: Meramu olahraga dan wisata Demi gairahkan ekonomi bangsa

Mungkin Anda Menyukai