Moms, Ini Manfaat dan Kandungan Air Susu Ibu ASI untuk Bayi

Moms, Ini Manfaat dan Kandungan Air Susu Ibu (ASI) untuk Bayi
Ilustrasi – ASI memiliki kandungan yang bagus untuk bayi yang baru lahir. Ini manfaat dan kandungan dalam ASI.(MI/Ramdani)

SETIAP ibu menyusui hendaknya berusaha untuk dapat memberikan air susu ibu (ASI) sejak bayinya lahir. Hal ini dikarenakan jenis ASI yang keluar dari payudara ibu akan berubah seiring bertambahnya usia.  

Ketika si bayi terlambat menerima seluruh ASI, kemungkinan tumbuh kembangnya akan terpengaruh. 

Lantas apa itu ASI? Apa kandungan manfaat pemberian ASI?

Baca juga : Hari ASI Sedunia: Menutup Kesenjangan Dukungan Menyusui untuk Seluruh

Apa itu ASI

ASI merupakan makanan yang paling tepat untuk bayi karena lebih bergizi dibandingkan makanan bayi buatan manusia atau berasal dari susu hewani atau bahan nabati. Oleh karena itu, tidak ada keraguan menyusui adalah cara terbaik dalam memberi makan anak. 

ASI telah menjadi salah satu program Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bagi anak sejak lahir hingga anak dapat mengonsumsi makanan lain setelah enam bulan.

Menurut WHO, pemberian ASI eksklusif berarti bayi hanya menerima ASI dan tidak menerima cairan atau makanan padat lainnya, terutama air  kecuali larutan rehidrasi oral atau tetes sirup vitamin, mineral, atau obat-obatan. 

Cek Artikel:  Mengenal Perbedaan ASI Kental dan ASI Likuid

Baca juga : Langkah Alami agar ASI Melimpah, Tips dan Trik untuk Ibu Menyusui

Selain itu, terdapat bukti kuat bahwa menyusui mengurangi tingkat infeksi pada bayi baru lahir, dan memiliki manfaat kesehatan yang diduga dapat mencegah tekanan darah tinggi, diabetes, dan bahkan meningkatkan kecerdasan (IQ) dalam jangka panjang. 

Tak hanya itu, zat-zat dalam ASI pun penting untuk pertumbuhan dan perkembangan emosi dan otak, serta melindungi anak dari berbagai penyakit dan menciptakan ikatan emosional antara ibu dan anak.

Oleh karena itu, ASI adalah nutrisi yang optimal untuk bayi. Selain nutrisi penting, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral, ASI juga mengandung berbagai sel kekebalan dan komponen bioaktif yang memiliki tindakan anti-inflamasi, anti-infeksi dan probiotik. Hal ini termasuk peptida antimikroba, seperti bakteriosin, laktoferin, lisozim, laktadherin, sitokin, kemokin, imunoglobulin, faktor pertumbuhan, oligosakarida, glikokonjugat, dan asam lemak.

Cek Artikel:  Kiat Mengembangkan Usaha Fesyen Iuran pertanggunganum ala Artkea

Baca juga : Manfaat Kolostrum ASI, Likuidan Emas bagi Bayi Baru Lahir

Kandungan dan Manfaat Pemberian ASI bagi Ibu dan Bayi

ASI mempunyai banyak kandungan dan manfaat lho. Apa saja ya kandungan dan manfaat dari ASI? ASI mengandung berbagai zat gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat dalam ASI :

1. Protein

ASI mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan otot dan perkembangan jaringan bayi Anda. Kandungan protein pada ASI lebih tinggi dibandingkan susu sapi karena mengandung asam amino yang lengkap. Manfaat kandungan protein pada ASI untuk pertumbuhan otot, kekebalan tubuh, perkembangan otak dan penyerapan nutrisi.

Baca juga : Tips Naikkan Produksi ASI, Panduan Ibu Menyusui

2. Lemak

ASI memberikan nutrisi penting untuk bayi Anda. ASI mengandung asam lemak esensial yang berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf. 

Cek Artikel:  Hari ASI Sedunia Menutup Kesenjangan Dukungan Menyusui untuk Sekalian

3. Karbohidrat

ASI mengandung karbohidrat penting sebagai sumber energi bagi bayi Anda.

4. Vitamin

ASI juga mengandung berbagai vitamin penting seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Seluruh vitamin ini dapat membantu perkembangan dan kesehatan bayi.

5. Mineral

Mineral yang terdapat pada kandungan ASI seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan seng ini penting untuk pembentukan tulang, perkembangan sistem kekebalan tubuh, dan fungsi tubuh yang lainnya.

6. Enzim dan Hormon

ASI memiliki peran dalam proses pencernaan, pertumbuhan, dan perkembangan bayi. Hal ini karena ASI mengandung enzim dan hormon.

7. Antibodi

Kandungan antibodi pada ASI dapat membantu melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. Antibodi ini membantu dan memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

8. Air

ASI mengandung sekitar 90% air. Ini bermanfaat untuk menjaga hidrasi si bayi.

(Z-3)

Mungkin Anda Menyukai