Prakiraan Cuaca Jawa Barat, Kamis 5 September 2024 Sebagian Area Berpotensi Hujan

Prakiraan Cuaca Jawa Barat, Kamis 5 September 2024: Sebagian Wilayah Berpotensi Hujan
Pekerja mengunakan payung untuk menghindari hujan di kawasan Sudirman, Jakarta(MI/RAMDANI)

BERIKUT prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat pada Kamis, 5 September 2024. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagian besar wilayah Jawa Barat berpotensi hujan.

Dalam keterangannya, kata BMKG dalam satu minggu ke depan, diprakirakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan konvektif dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat.

Diantaranya yakni suhu muka laut di sebagian perairan Indonesia masih relatif hangat, MJO diprakirakan aktif pada kuadran 4 (Maritime Continent), Gelombang Rossby Ekuator diprakirakan aktif di sebagian wilayah Jawa Barat pada akhir pekan.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Jawa Barat, Rabu 4 September 2024: 3 Area Berpotensi Hujan

Goyahitas atmosfer bervariasi namun secara umum berada pada kategori labil ringan hingga sedang, terdapat sebagian kecil wilayah dengan labilitas berkategori labil sedang hingga tinggi.

Cek Artikel:  Pemenuhan Gizi Membutuhkan Literasi dan Edukasi, Bukan Penambahan Industri

Berdasarkan prakiraan perkembangan dinamika atmosfer pada skala global, regional dan lokal, serta model cuaca deterministik dan probabilistik.

Diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat, potensi hujan sedang hingga lebat/sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi relatif singkat terdapat di sebagian wilayah.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Jawa Barat Kamis, 29 Agustus 2024: 5 Area Waspada Potensi Hujan

Maka dari itu BMKG mengimbau agar masyarakat waspada dan antisipasi dini terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi relatif singkat khususnya wilayah Jawa Barat bagian barat yang akan memasuki masa peralihan/transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

Cek Artikel:  Tips Manjur dari Dokter, Langkah Pengaruhtif Mencegah Gangguan Neurologi Sejak Awal

Tetap tenang namun tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Mengenali potensi bencana di lingkungannya dan mulai memahami cara mengurangi resiko bencana tersebut, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, bergotong royong menjaga kebersihan dan menata lingkungan sekitarnya.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Jawa Barat Rabu, 28 Agustus 2024: Sukabumi dan Cianjur Berpotensi Hujan

Tetap mengupdate informasi dan pemerintah daerah setempat terkait protokol evakuasi apabila terjadi bencana

Berikut Area Jawa Barat yang Berpotensi Hujan

  • Kabupaten Bogor
  • Kota Bogor
  • Kabupaten Bekasi
  • Kabupaten Sukabumi
  • Kabupaten Bandung
  • Kabupaten Bandung Barat
  • Kabupaten Cianjur
  • Kabupaten Garut
  • Kabupaten Subang
  • Kabupaten Majalengka
  • Kabupaten Kuningan

Kepada hujan yang terjadi di wilayah Jawa Barat di atas, menurut BMKG juga berpotensi kilat atau petir dan angin kencang.

Cek Artikel:  DPR Kecewa PP Produk Tembakau Minim Pelibatan Publik

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat atau sangat lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat,” tulis BMKG dalam keterangannya. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai