Waspadai Penipuan, PLN Tegaskan Sekalian Layanan Terpusat Hanya Lewat PLN Mobile

Liputanindo.id JAKARTA –  PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat Buat waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN.

“Buat kenyamanan dan keamanan pelanggan, PLN menyediakan Sekalian layanan secara terpusat melalui aplikasi PLN Mobile,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto dalam siaran pers, Senin (28/8/2023).

Baca Juga:
Terapkan Co-Firing, PLTU Tembilahan Riau Bisa Terangi 87 Juta Rumah

Gregorius mengungkapkan belakangan ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus, seperti men- download aplikasi tertentu, survei berhadiah hingga layanan yang mengaku petugas PLN yang datang ke rumah kemudian meminta biaya-biaya di luar ketentuan.

“Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati atas tawaran ataupun pihak-pihak yang mengatasnamakan PLN dan meminta sejumlah biaya atau bayaran,” ujarnya.

Cek Artikel:  Telur dan Daging Ayam Picu Inflasi Ramadan 2024 Melonjak di 0,52%

Gregorius menegaskan PLN tak pernah memungut biaya layanan selain yang tertera di aplikasi dan seluruh transaksi pembayaran Demi ini terpusat lewat sistem digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB).

Modus terbaru, Terdapat pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan melampirkan semacam bukti penggantian nomor ID pelanggan Buat kemudian dilunasi oleh pelanggan. PLN memastikan bahwa pihak tersebut bukan dari PLN.

“Asal Mula, Sekalian keluhan dan kebutuhan pelanggan Dapat diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan,” ujar Gregorius.

Gregorius menegaskan, PLN juga Bukan pernah menawarkan jasa layanan door to door ke pelanggan seperti penggantian kWh meter, penjualan box kWh meter atau pemasangan baru dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

Cek Artikel:  Program Tiga Juta Rumah Disebut Kerek Pertumbuhan Ekonomi

“Petugas PLN Bukan meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, Sekalian transaksi pembayaran melalui sistem PPOB, Bukan Terdapat pembayaran di rumah pelanggan,” ujarnya.

Buat mencegah penipuan, Gregorius mengimbau masyarakat Buat memperhatikan kelengkapan atribut petugas Formal PLN.

Menurutnya, petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.

“Apabila di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123,” kata Gregorius.(HAP)

 

Baca Juga:
Penjualan PLN Tumbuh 5,32% Secara Nasional di 2023

 

Mungkin Anda Menyukai