Kemenpar Pamerkan 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2024

Kemenpar Pamerkan 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2024
Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenpar Hariyanto(Antara)

 

KEMENTERIAN Pariwisata (Kemenpar) kembali menghadirkan program tahunan bergengsi, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, dengan menampilkan produk kreatif dari 50 Desa Wisata Terbaik di Kawasan Car Free Day, Jakarta Pusat, Minggu (17/11).

“Variasi potensi ini menjadi daya tarik yang Kagak hanya membanggakan, tetapi juga Bisa menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara Buat berkunjung ke Nusantara,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenpar Hariyanto.

Tahun ini, dari total 6.016 desa wisata berpartisipasi, tersaring hingga 50 Desa Wisata Terbaik 2024. Desa-desa ini dinilai berdasarkan daya tarik wisata, kelembagaan dan sumber daya Mahluk, resiliensi, digital, dan amenitas yang Bagus.

Cek Artikel:  Kadin Satgas Impor Ilegal Bisa Bantu Pulihkan Industri Manufaktur

Setelah dinyatakan lolos, desa wisata yang mewakili berbagai kota/kabupaten di Indonesia diundang Buat tampil dalam Display Pekan Puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Jakarta.

Ajang ini, lanjut Heriyanto, bukan sekedar pameran produk, melainkan juga menjadi ruang Obrolan tentang peran strategis desa wisata dalam mempromosikan destinasi, produk, dan karya kreatif di tingkat nasional khususnya juga membuka Kesempatan besar bagi desa wisata Buat memperluas jaringan, menarik investor, dan menjalin kemitraan yang mendukung pengembangan desa wisata ke depan.

“Desa wisata yang terpilih merepresentasikan keanekaragaman Nusantara, dengan pembagian area display berdasarkan nama pulau-pulau Indonesia, seperti Pulau Jawa yang diwakili oleh 13 desa wisata, Pulau Sumatera oleh 12 desa wisata, Pulau Kalimantan oleh 7 desa wisata, dan Pulau Sulawesi oleh 8 desa wisata,” katanya.

Cek Artikel:  PLN Gelar Inspection Day K3 Serentak

“Terdapat juga Kepulauan Maluku diwakili oleh 3 desa wisata, Pulau Papua oleh 3 desa wisata, Kepulauan Nusa Tenggara diwakili 3 desa wisata dan Pulau Bali diwakili oleh 1 desa wisata,” tambahnya.

Keunikan display produk kreatif ini juga terlihat dari desain visual tenda peserta yang dihiasi motif batik khas daerah masing-masing, mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Elemen ini menjadi daya tarik tambahan yang mengundang pengunjung Buat lebih mengenal warisan budaya lokal.

Selain menampilkan produk kreatif dari desa wisata, acara ini juga menyuguhkan talkshow dan game menarik Buat menghibur pengunjung, memastikan mereka tetap terlibat, dan Kagak merasa Letih selama berada di Posisi display. Tak ketinggalan juga penampilan spesial dari duet penyanyi muda ternama, Kevin Aprilio dan Ghea Indrawari, menambah semarak acara. (Ant/N-2)

Cek Artikel:  Daerah Punyai Peran Krusial dalam Pencapaian Visi 2045

Mungkin Anda Menyukai