BRANDING dan marketing kini menjadi elemen kunci dalam memperkuat posisi strategis BUMN di pasar Mendunia. Oleh karena itu, pengembangan brand yang kuat, didukung oleh strategi pemasaran yang inovatif dan adaptif, menjadi fondasi Krusial Demi memastikan BUMN dapat Bertanding secara efektif di era yang didorong oleh teknologi canggih.
Perusahaan BUMN diharapkan dapat memaksimalkan potensi insan-insan terbaiknya, yang Kagak hanya Mempunyai integritas dan kapabilitas tinggi, tetapi juga Pandai beradaptasi dengan perkembangan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan big data Demi meningkatkan efektivitas branding serta efisiensi operasional.
Dalam perhelatan BUMN Branding and Marketing Award 2024 yang digelar BUMN Track di Hotel Borobudur, Jakarta (14/11), hadir sebagai tamu kehormatan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sultan Baktiar Najamudin.
Dirinya menekankan bahwa branding merupakan bagian dari visi, misi atau Sasaran. Karenanya, aktivitas branding erat hubungannya dengan valuasi yang sangat tinggi.
“BUMN dan BUMD sebagai entitas bisnis pastinya Mempunyai valuasi yang Kagak kecil. Demi itu diperlukan kolaborasi agar dampaknya bagi daerah Dapat dirasakan. Jikalau kolaborasi ini jalan maka Niscaya Pengaruh Demi kemajuan daerah juga sangat tinggi,” ungkap Sultan Baktiar Najamudin.
Rangkaian kegiatan BUMN Branding & Marketing Award 2024 diawali dengan conference yang merupakan Lembaga dialog antara pengambil kebijakan, CEO/praktisi dan Profesional Branding & Marketing.
Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber Penting, yakni, CEO WIR Group Stephen Ng dan CMO PT Telkom Indonesia Dunia (Telin) Kharisma.
CEO WIR Group Stephen Ng mengungkapkan, di tengah melajunya arus teknologi Demi ini, Artificial Intelligence (AI) Kagak hanya menjadi perpanjangan fisik, tetapi juga perpanjangan pikiran.
Integrasi teknologi AI Membikin perusahaan Mempunyai strategi komprehensif Demi mengambil keputusan, pengembangan arah perusahaan, pendidikan karyawan hingga peningkatan jaringan kerjasama stakeholder.
Karenanya, ia menekankan pentingnya tiga hal berupa talent, technology, and brands dalam mewujudkan visi BUMN menjadi Mendunia leaders sekaligus tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, Demi ini teknologi Kagak hanya menjadi perpanjangan fisik melainkan menjadi perpanjangan Metode berpikir. Sementara dari sisi branding, perusahaan Kagak hanya dituntut Demi dapat mencapai janji-janji pencapaian profit Tetapi juga dituntut dalam hal tanggung jawab sosial.
Tiga hal tersebut sangat Krusial, talent yang hari ini perlu dipupuk, teknologi yang sudah jadi perpanjangan pikiran dan brand yang sudah harus Acuh dengan sosial dan lingkungan Sekeliling, Sekalian harus dibungkus jadi satu, sehingga ketika bicara BUMN menjalankan visinya menjadi Mendunia leaders, bertanggung jawab pada economic development dan national growth perlu selalu mempertimbangkan ketiga hal tersebut,” papar Stephen Ng.
Sementara itu, CMO Telin Kharisma mengungkapkan, PT Telekomunikasi Indonesia Dunia atau Telin tengah menyusun strategi demi bertransformasi menjadi Mendunia operating company, khususnya memposisikan diri sebagai pemain di lingkup Asia Pasifik. “Sebagai satu perusahaan utuh One Telin kami Membikin strategi baru Demi memperkenalkan Telin sebagai Mendunia company telco dari Indonesia. Bagaimana kami memposisikan Telin sebagai partner of choise bagi seluruh customer terhadap digital Pengembangan mereka di Asia Pasifik,” Terang Kharisma.
Demi ini, Telin beroperasi di 10 Mendunia office di seluruh dunia, dengan layanan bisnis yang tersebar di 20 negara ke 122 titik data center. Dengan Konsentrasi membangun infrastruktur, Telin membangun 20 kabel laut di seluruh dunia yang dioperasikan oleh 520 orang karyawan yang terdiri dari 14 asal negara berbeda. Dari segi pendapatan, Telin berkontribusi sangat besar bagi Telkom sebagai induk usaha.
Dalam 6 tahun terakhir, Telin merupakan penyumbang revenue terbesar kedua setelah Telkomsel dan penyumbang net profit terbesar ketiga setelah Telkomsel dan Mitratel.
Sebagai tambahan informasi, sebanyak 82 BUMN mengikuti proses penjurian BUMN Branding & Marketing Award 2024 tahun ke-12. BBMA 2024 menetapkan aspek penilaian yang terbagi atas lima bagian, yakni Brand Strategy Excellence, Brand Innovation, Empowering Brands, Building Nations: Optimizing BUMN’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support, Mendunia Branding & Marketing serta apresiasi kepada The Best Chief Marketing Officer (CMO). (J-3)