Ini Langkah Mencuci dan Menyetrika Kain Pleats ala Pemilik Buttonscarves

Ini Cara Mencuci dan Menyetrika Kain Pleats ala Pemilik Buttonscarves
Seorang master lipit (baju biru) di Paris, Prancis, menunjukkan cara pembuatan kain lipit (pleats).(AFP/ Emmanuel Dunan)

BAJU ataupun celana dengan detil lipit (pleats) terus tren beberapa tahun ini. Detil ini memang memberikan efek yang cantik pada busana setiap kali pemakaianya bergerak.

 

Meski begitu tidak semua orang tahu cara mencuci dan menyetrika kain lipit yang benar. Salah pencucian atau penyetrikaan, bisa-bisa membuat detil liput itu hilang atau tidak separipurna seperti sebelumnya.

 

Satu hal yang harus anda ingat bahwa pada dasarnya kain yang digunakan merupakan kain rata sebagaimana kain pada umumnya. Kain dibuat berlipit-lipit dengan dilipit-lipit manual lalu disetrika dengan temperatur tinggi sehingga lipatan-lipatan itu akan bertahan. Asal Mula itu lipatan juga akan bisa hilang dengan cara disetrika kembali.

Cek Artikel:  Program JF3 Hadirkan Ahli Mode Prancis untuk Mentori Label Muda Indonesia

 

Di Paris, Prancis ada studio-studio khusus pembuat pleats. Studio ini memiliki master lipit khusus yang membuat pleats dengan bentuk sangat rumit. Mereka umumnya membuat pola lipit di kertas karton besar.

 

Pendiri dan Creative Director dari label fesyen Buttonscarves and Benang Jarum, Linda Anggreaningsih memberikan beberapa kiat merawat busana dengan sentuhan pleats agar tidak kusut dan bentuknya terjaga. Berikut caranya:

 

1. Jangan Diperas

Linda mengatakan, setelah mencuci pakaian pleats baik dicuci di mesin cuci atau dicuci menggunakan tangan, maka busana tidak perlu diperas..

 

“Nyucinya disarankan jangan diperas, karena kalau diperas terlalu kuat, bahan pleats akan mudah kusut,” katanya, saat ditemui Media Indonesia di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Minggu (25/2). “Sebaiknya setelah dicuci, langsung diangkat dan tidak perlu diperas, kemudian langsung digantung (di hanger) dan dijemur aja,” lanjutnya.

Cek Artikel:  Corak Pakaian Ini Cocok untuk Pria yang Berkulit Gelap

 

2. Setrika Ringan

Linda menyarankan busana lipit tidak perlu disetrika jika tidak kusut setelah dicuci. Akan tetapi, jika terlihat sebaliknya atau bentuk lipitannya kurang bagus maka anda bisa menyetrika dengan cara ditekan-tekan sebentar. Langkah menyetrika ringan ini seperti halnya menggunakan bedak di wajah dengan cara ditepuk-tepuk ringan.

 

“Misalnya kalau dibagian pleats itu ada lipatan jadi di bagian lipatan itu saja yang disetrika,” ujarnya. “Disetrikanya itu ditap-tap aja, gak usah ditekan terlalu dalam,” lanjutnya. Anda bisa menggunakan setrika dengan suhu medium. Linda juga menuturkan lebih baik menggunakan setrika uap ketimbang setrika biasa. “Yang paling terbaik adalah kalau kamu punya setrika uap,” tukasnya.

Cek Artikel:  JF3 Hari Terakhir, Tetap Terdapat Diskon Baju Desainer

 

3. Penyimpanan

Setelah pakaian lipit selesai disetrika maka jangan disimpan dengan cara diteruk. Penyimpanan terbaik adalah dengan cara digantung. (M-1)

Mungkin Anda Menyukai