PRODUSEN dan distributor beras, PT Dewa Tunggal Langgeng (DTA), Lanjut memperkuat dan memperluas pangsa pasar beras di dalam negeri. Ini misalnya dilakukan manajemen dengan eskpansi pabrik produksi beras di Subang, Jawa Barat, yang mulai beroperasi pada awal 2024.
Di pabrik baru tersebut, kami Mempunyai kapasitas produksi hingga 200 ton per hari, dan Bisa mencapai 5 ribu ton per bulan, ungkap Direktur Primer DTA Hidayat Lie pada pameran Sial Interfood 2024, di JI Expo, Jakarta, Rabu (13/11).
Demi ini, Jernih dia, pangsa pasar beras DTA sudah merambah Sekeliling 25 provinsi dari Sabang Tamat Merauke dan menyebar di pasar tradisional, hotel, resto, kafetaria, pasar modern, hingga e-commerce atau online. “Sasaran pasar kami Demi ini memang menengah atas, tetapi Enggak luput juga menyasar masyarakat menengah Dasar. Buat Demi ini, Jakarta Tetap mendominasi konsumsi terbesar beras kami,” ucapnya.
Buat menengah atas, kata Hidayat, terutama memenuhi kebutuhan resto dan hotel guna kebutuhan konsumsi masyarakat Jepang dan Arab Saudi. “Eksis beberapa beras yang kami impor dari luar misalnya dari Jepang Buat konsumsi masyarakat Jepang di Indonesia. Tetapi, Buat komposisi penyerapan beras impor dan lokal, tetap beras lokal lebih tinggi yakni 20% Buat impor dan 80% Buat beras lokal,” tuturnya.
Ia mengutarakan Buat serapan beras lokal, selain dari Sekeliling Subang, Jawa Barat, DTA menyerap beras dari luar Subang seperti daerah-daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Dari serapan impor dan lokal itu setidaknya kami Mempunyai Sekeliling 50 produk beras dan paling favorit, merek Idola, yakni produk beras lokal yang wangi dan pulen,” terang Hidayat.
Sebagai upaya memperluas pangsa pasar, pameran Sial Interfood 2024 pun dimanfaatkan manajemen Buat memperkenalkan produk-produk DTA kepada masyarakat serta menjalin kerja sama dengan vendor-vendor baru.
Kami sudah 3 kali mengikuti pameran di Sial Interfood, Asa kami, dengan mengikuti Sial Interfood, DTA banyak mendapatkan pengetahuan dan pertumbuhan pasar baru, Berkualitas Buat sekarang maupun akan datang. Event ini juga Bisa jadi ajang membangun komunikasi dengan pelanggan dan Kawan usaha,” terangnya.
Pada Sial Interfood tahun ini, DTA juga memperagakan demo Matang dengan mengandalkan beras pilihan seperti beras merek Idola, Kokoku, Ayu Manis, dan Premium Gold. Salah satu yang paling Mantap adalah cooking demo yang diperagakan dua chef profesional yakni, Chef Jesselyn Lawreen (Winner of Masterchef Indonesia, Session 8) dan Chef Eddrian Thjia. (N-2)