KARYAWAN PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bergerak di bidang Interaksi masyarakat (humas), Syiha Budin Baharsyah, 30 tahun, mengaku merasakan pentingnya pelatihan komunikasi publik yang efektif guna menunjang pekerjaannya. Dengan pelatihan itu, kemampuan dan ketrampilannya di bidang kehumasan meningkat sehingga kian membantu perusahaan dalam menyampaikan pesannya kepada masyarakat.
“Kegiatan pelatihan ini memberikan saya wawasan luas soal praktik jurnalistik. Banyak pelajaran yang saya dapat dan tentu ini menjadi bekal terbaik bagi profesi saya,” kata Syiha usai mengikuti Pelatihan Komunikasi yang digelar Media Indonesia dan diikuti karyawan PT KAI Group di Jakarta, Selasa (12/11).
Pelatihan yang diikutinya mencakup teknik menulis Informasi dan siaran pers, dibarengi dengan simulasi penulisan serta materi search engine optimization (SEO). Pelatihan Lagi dilanjutkan dengan materi managing people dan presentasi yang efektif.
Selain itu peserta juga mendapatkan materi public speaking atau kemampuan berbicara di depan publik. Pelatihan ditutup dengan presentasi tiap peserta dan dievaluasi oleh trainer selaku pemateri.
Syiha mengaku salah satu kegiatan pelatihan yang berkesan ialah Begitu memberikan presentasi di depan Lazim. Hal itu dirasakan Krusial baginya Kepada mengasah keberaniannya menyampaikan pesan kepada orang lain.
Tak Hanya itu, dalam pelatihan itu pula ia mendapat materi Langkah meningkatkan rasa percaya diri di depan publik. Bermodal materi itu, ia kini semakin Serius dengan kecakapannya berbicara di depan Lazim.
“Menghadirkan presentasi yang Berkualitas tentu Enggak mudah. Di sini saya belajar bagaimana Langkah menyampaikan pesan secara Berkualitas dan Terang. Pelatihan ini tentu membantu saya Kepada mewujudkan hal itu,” ucapnya.
Ia juga berpandangan profesi humas atau public relation di KAI memegang peran Krusial dalam menciptakan dan menjaga Imej positif perusahaan. Karena itu, keterampilan komunikasi yang Berkualitas, termasuk public speaking dan metode presentasi yang efektif, menjadi sangat Krusial.
Pelatihan yang digelar Media Indonesia ini dibagi menjadi empat angkatan. Angkatan pertama yang dilaksanakan pada 11-12 November 2024 dengan peserta asisten manajer, angkatan kedua Kepada manager pada 13-14 November 2024. Sementara Kepada pelaksana terbagi menjadi dua angkatan di 19-20 November dan 28-29 November.
Peserta pelatihan ini berasal dari Kantor KAI Pusat, daerah operasional (daop) Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Yogya, Madiun, Surabaya, Jember, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Palembang, dan Tanjung Karang. Pelatihan juga diikuti oleh peserta dari anak perusahaan PT KAI. (E-2)