Tips Punyai Rambut Indah dan Lebih Bervolume, Perawatan Kulit Kepala

Tips Miliki Rambut Indah dan Lebih Bervolume, Perawatan Kulit Kepala
Rambut yang indah berawal dari kulit kepala yang sehat. Ini tips merawat rambut bervolume.(freepik)

KULIT kepala pada dasarnya adalah kelanjutan dari kulit wajah, sehingga membutuhkan perawatan yang serupa. Rambut yang indah berawal dari kulit kepala yang sehat. Maksudnya, kondisi kulit kepala berpengaruh langsung pada kualitas dan terkadang volume rambut.

Merawat kulit kepala dengan baik menjadi lebih penting jika anda memiliki kecenderungan rambut berminyak, kulit kepala gatal dan sensitif, atau mengalami kerontokan rambut serta masalah seperti ketombe. 

Anda tidak perlu mendaftar untuk perawatan kulit kepala yang mahal di salon meskipun hal itu bisa membantu, jika anda melakukan perawatan dasar dengan benar. Perawatan rumahan yang tepat dapat menghasilkan kulit kepala yang lebih sehat dan seimbang.

Baca juga : Ini Tips Agar Rambut Anda Wangi Sepanjang Hari

Tips mendapatkan rambut indah dan lebih bervolume

1. Pilihlah Sampo yang Betul

Menggunakan sampo yang salah bisa memperburuk masalah kulit kepala. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan menggunakan jenis sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala dan jenis rambut anda. Beberapa orang memiliki kulit kepala berminyak, sementara yang lain memiliki kulit kepala kering dan sensitif.

Cek Artikel:  Hangatnya Musim Panas dan Kembang Bermekaran Inspirasi Label MDLY dalam Koleksi Mandhari

Menemukan formula yang sesuai dengan jenis rambut anda akan membantu rambut tampak lebih sehat. Beberapa sampo dirancang membantu menjinakkan rambut kusut atau keriting, sementara yang lain memiliki formula ringan yang tidak membebani rambut halus. Mereka yang memiliki rambut yang dirawat secara kimia sering kali disarankan menggunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai atau dikeriting hal ini dapat memperpanjang dan mempertahankan warna atau ikal.

2. Metode Keramas yang Betul

Mungkin beberapa orang mempunyai cara-cara yang berbeda, ada yang mencuci rambut sekali bilasan ada pula yang melakukannya beberpa kali. Tetapi, keramas dua kali saat mencuci rambut mungkin tidak perlu atau bermanfaat bagi semua orang. Tergantung pada kondisi kulit kepala dan seberapa kotor rambut atau kulit kepala anda, keramas dua kali bisa lebih efektif membersihkan kulit kepala berminyak. Sebaliknya, pada kulit kepala yang kering dan sensitif, hal ini bisa menghilangkan minyak alaminya. Apabila anda memiliki aktivitas berkeringat dan membuat rambut sangat kotor keramas dua kali tentu perlu dilakukan unutk menjaga kebersihan rambut.

Cek Artikel:  Mengonsumsi Makanan Ultraproses Secara Berlebihan Dapat Asal Mulakan Masalah Kesehatan pada Anak

Baca juga : Ini Tips untuk Mencegah Penuaan Rambut

Begitu keramas, fokuslah pada kulit kepala. Pertama, bubuhkan sampo di tangan anda, lalu usapkan ke kulit kepala dengan gerakan memijat lembut. Hindari menggaruk kulit kepala dengan kuku, karena menyebabkan peradangan dan iritasi.

3. Perawatan Kulit Kepala Lanjutan

Selain perawatan dasar, anda dapat meningkatkan perawatan kulit kepala dengan produk khusus yang akan meningkatkan kesehatan kulit kepala anda. Gunakan sampo pembersih secara teratur. Sampo ini membantu membersihkan folikel rambut yang tersumbat sebum atau timbunan minyak, tetapi sebaiknya hanya digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap bersih dan sehat serta bebas dari timbunan minyak.
Scrub dan eksfoliator kulit kepala dapat membantu membersihkan kulit kepala dari penumpukan berlebih dan sel kulit mati.
Panggilm kulit kepala juga dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari menghidrasi dan meredakan rasa gatal hingga mengurangi rambut rontok dan menyeimbangkan pH kulit kepala.

Cek Artikel:  Intip Pameran Koleksi Kebaya Ibu Tien Soeharto di Istora pada Hari Kebaya Nasional

4. Kurangi Penggunaan Panas Berlebih

Panas dari alat penata rambut bisa merusak rambut dan kulit kepala. Pengering rambut dengan pengaturan panas tinggi dapat mengiritasi kulit kepala dan mengganggu keseimbangan minyak alaminya. Disarankan mengeringkan rambut pada pengaturan panas sedang atau rendah, terutama jika anda menggunakan pengering rambut setiap hari.

Dengan memilih produk yang tepat dan menerapkan cara perawatan yang benar, anda dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut anda secara optimal. (Z-3)

Mungkin Anda Menyukai