PLN Raih Dua Penghargaan Global ‘Asian Experience Awards 2023’

Liputanindo.id JAKARTA – PT PLN (Persero) meraih dua penghargaan Global Asian Experience Awards 2023, Ialah ‘Indonesia User Experience of The Year’ Kepada aplikasi PLN Mobile dan ‘Indonesia Digital Experience of The Year’ Kepada transformasi digital pada lini bisnis kategori Kekuatan.

Asian Experience Awards 2023 diinisiasi oleh media The Asian Business Review (Charlton Media Group) yang berbasis di Singapura. Pemberian penghargaan dilakukan di Marina Bay Sands Expo and Convention Center Singapura, Kamis (5/10/2023).

Baca Juga:
PLN Kerja Sama GD Power Bangun PLTS Terapung di Karangkates Jatim Berkapasitas 129 MWp

PLN menjadi perusahaan Kekuatan yang mewakili Indonesia dari 16 negara pada ajang Asian Experience Awards 2023. Tak hanya itu, PLN juga merupakan satu-satunya perusahaan di bidang Kekuatan yang mendapatkan penghargaan dari  60 perusahaan ternama di Asia.

Cek Artikel:  Telusuri Tema dan Maksud Hari Listrik Nasional hingga Perjalanan Panjang PLN di Indonesia

The Asian Business Review menilai, PLN sebagai sebuah badan usaha negara Indonesia Mempunyai Ciptaan-Ciptaan terbaru di bidang Kekuatan, khususnya ketenagalistrikan.

Dua penghargaan tersebut merupakan hasil dari transformasi dan Ciptaan PLN sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

PLN Mobile One-Stop Solution 

Direktur Esensial PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, dua penghargaan Global semakin menjadi bukti Konkret sukses Ciptaan dan transformasi PLN yang Maju berorientasi pada customer focused.

“Dalam tiga tahun terakhir, PLN Maju menjalankan transformasi berbasis digital secara end-to-end mulai dari Kekuatan Esensial, pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan hingga pelayanan pelanggan. Transformasi digital ini Bisa meningkatkan efisiensi perusahaan,” kata Darmawan.

Menurut Darmawan, digitalisasi yang dilakukan PLN dan subholding-nya juga Membikin seluruh proses bisnis lebih sederhana, Segera, terintegrasi dan dapat dimonitor serta dikontrol secara real-time.

“PLN Maju bergerak maju dan berkembang mengikuti perubahan Era. Maka dari itu transformasi berbasis digital yang kita jalankan harus semakin masif, mengubah sistem pelayanan yang sebelumnya lelet, Bukan responsif menjadi Segera dan sangat memuaskan,” tegas Darmawan.

Cek Artikel:  Masifkan Keuangan Digital di Madura, BI Jatim Gelar Madura Digicreative Fest 2024

Salah satu hasil dari transformasi adalah keberadaan aplikasi New PLN Mobile. Keberhasilan PLN mengubah dan mengelola aplikasi mobile-nya mendapatkan pengakuan di tingkat mancanegara.

“PLN Mobile yang baru ini Bisa menjawab kebutuhan pelanggan sebagai aplikasi one-stop solution. Beberapa layanan yang ditawarkan aplikasi New PLN Mobile mulai dari pasang baru, tambah daya, pembayaran listrik, pembelian token, pengaduan, EV digital services, hingga marketplace. Hasilnya Ketika ini PLN Mobile telah diiunduh oleh Nyaris 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,9 dari skala 5,” tambahnya.

Darmawan berharap penghargaan Global Bukan serta merta Membikin seluruh jajaran PLN berpuas diri. Malah Maju memacu semangat Kepada meningkatkan kualitas PLN dalam melayani pelanggan.

Cek Artikel:  Istana Bantah Terdapat Cawe-cawe Jokowi di Munaslub Kadin

“Alhamdulillah, capaian ini menambah perolehan penghargaan di dalam dan luar negeri yang sebelumnya juga kita dapatkan. Prestasi ini saya berikan kepada seluruh bagian dari tim PLN yang Maju memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” imbuh Darmawan.

Selain bidang Kekuatan, pada acara ini juga diberikan penghargaan kepada perusahaan yang bergerak di bidang lain, seperti oil and gas yang dimenangkan Petronas dari Malaysia, telekomunikasi yang dimenangkan oleh China Mobile International dari Singapura, dan perbankan oleh Khrungthai Bank PCL dari Thailand.(HAP)

 

Baca Juga:
Transformasi PLN Sukses Cetak Untung Rapi Rp22,7 Triliun, Tertinggi Sepanjang Sejarah Perseroan

 

Mungkin Anda Menyukai