Serangan Iran tidak Dapat Dibalas, tapi Konflik Timur Tengah Meluas

Serangan Iran tidak Bisa Dibalas, tapi Konflik Timur Tengah Meluas
Ilustrasi MI(Seno)

KONFLIK Timur Tengah memasuki babak baru setelah Iran melancarkan serangan tak terduga ke Israel. Ratusan misil penjelajah, balistik, dan drone Iran ditembakkan dari daratan Iran dan sebagian kecil dari Irak yang menyebabkan kepanikan luar biasa di seluruh Timur Tengah. Selama tiga hari terakhir, pembicaraan telepon tidak henti-hentinya dari dan ke Timur Tengah ataupun sebaliknya, yaitu dari dan ke Eropa serta Washington. Sekalian menyatakan kekhawatiran mereka dan menghendaki eskalasi militer tidak berlanjut.

Para pengamat ada yang mengatakan itu bisa merupakan kesalahan terbesar Iran. Sementara itu, yang lain mengatakan serangan itu merupakan peristiwa bersejarah saat sebelumnya kedua negara hanya terlibat dalam pertarungan shadow war: bentuk konflik bersenjata, yang dilaksanakan secara rahasia, dalam hubungan antara perang dan damai, yakni para aktor yang berbeda menggunakan sarana-sarana yang berbeda untuk mencapai tujuan mereka.

Cek Artikel:  Netizen Abah Anies, Saya Suka Makan Siomai

Selengkapnya baca di epaper Media Indonesia https://epaper.mediaindonesia.com/detail/serangan-iran-tidak-bisa-dibalas-tapi-konflik-timur-tengah-meluas

Mungkin Anda Menyukai