Kapal Latih Nomortan Laut Meksiko ARM Cuauhtémoc BE-01 akan Berlabuh di Jakarta

Kapal Latih Angkatan Laut Meksiko ARM Cuauhtémoc BE-01 akan Berlabuh di Jakarta
Kapal Latih Nomortan Laut Meksiko ARM Cuauhtémoc BE-01(MI/HO)

KAPAL Latih Nomortan Laut Meksiko ARM Cuauhtémoc BE-01, kapal layar Sekretariat Nomortan Laut Meksiko (SEMAR dalam bahasa Spanyol), yang juga dikenal sebagai “Duta Besar Lautan”, akan berlabuh di pelabuhan Jakarta, sebagai bagian dari Tur Instrukturan tahunan Kadet Nomortan Laut Meksiko. 

Tur ARM Cuauhtémoc di Asia dan Oseania ditujukan untuk menyampaikan pesan perdamaian di antara negara-negara, yang melambangkan komitmen Meksiko untuk menumbuhkan itikad baik internasional.

Kunjungan ARM Cuauhtémoc ke Indonesia memiliki makna yang sangat penting, karena ini adalah pertama kalinya ARM Cuauhtémoc mengunjungi Indonesia, serta bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan Meksiko yang ke-214 bulan ini, yang jatuh pada 16 September. 

Baca juga : Kebakaran Kapal Ikan Muara Baru, Tiga Orang Meninggal Dunia

Cek Artikel:  WHO Lanjutkan Vaksinasi Polio

Mengertin ini juga menandai peringatan 71 tahun hubungan diplomatik antara Meksiko dan Indonesia, bukti persahabatan dan kerja sama yang langgeng antara kedua negara. 

Sebagai negara dengan warisan maritim yang signifikan di Samudra Pasifik, Meksiko berkomitmen pada hukum internasional, penghormatan terhadap kedaulatan, dan stabilitas regional. 

Selain itu, kedatangan Cuauhtémoc juga terjadi pada momen penting karena kedua negara sedang menegosiasikan Letter of Intent (LoI) tentang kerja sama pertahanan, menyoroti kemitraan strategis yang berkembang antara kedua negara.

Baca juga : Distrik Odesa Ukraina Diserang, AS Kecam Rusia

Selama kunjungannya di Jakarta, pejabat dan kru kapal Cuauhtémoc akan terlibat dalam berbagai kegiatan dengan rekan-rekannya di Indonesia untuk menumbuhkan pengetahuan dan pemahaman. 

Cek Artikel:  Ini Dalih Pemimpin Hizbullah Serang Tel Aviv dengan 320 Roket

Kegiatan tersebut meliputi kegiatan olahraga dengan taruna Indonesia dari Akademi Nomortan Laut, kunjungan wisata ke Monas dan Museum Bahari, simposium pertukaran pengalaman, dan kunjungan kehormatan dengan pejabat tinggi TNI AL Indonesia.

Kapal Cuauhtémoc akan berlabuh di Dermaga Pelni 107, pelabuhan Tanjung Priok, dan akan dibuka untuk umum, bebas tiket masuk, mulai 1 September hingga 3 September 2024. (Z-1)

Mungkin Anda Menyukai