Robotik Ikan Eva Ubah Langkah Studi Lautan dengan Teknologi Canggih

Robotik Ikan
Mahasiswa teknik di ETH Zurich, Swiss, sedang mengembangkan robot ikan otonom bernama “Eva” yang dirancang untuk meminimalkan gangguan terhadap ekosistem laut. (surf eDNA)

SEKITAR 400 kilometer dari laut terdekat, para mahasiswa teknik di ETH Zurich, Swiss, sedang bekerja keras pada robot-robot canggih yang mungkin mengubah cara kita mempelajari lautan dunia.

“Eva” ikan robotik ini menggerakkan ekornya yang terbuat dari silikon dari sisi ke sisi, didorong  pompa yang tersembunyi di dalamnya, saat meluncur dengan lincah melalui air dingin Biayau Zurich, tempat ia diuji SURF-eDNA. Golongan yang dipimpin mahasiswa ini telah menghabiskan dua tahun terakhir membangun sekumpulan ikan robotik lembut.

“Dengan membuat Eva tampak seperti ikan, kami dapat meminimalkan gangguan terhadap ekosistem yang kami survei,” kata Dennis Baumann, mahasiswa magister, kepada CNN. 

Baca juga : Kurangi Limbah Makanan Laut dengan Penemuan Pengolahan Ikan

Baumann menambahkan desain biomimetik ini seharusnya mencegah ikan atau kehidupan laut lainnya terkejut dengan kehadirannya. “Kami dapat berbaur, kami dapat bercampur di dalam ekosistem,” tambahnya.

Cek Artikel:  Perbankan belum Punya Sistem Keamanan Siber Cakap

Kemampuan Eva untuk menyamar sebagai ikan bukanlah satu-satunya kegunaannya. Kendaraan bawah air otonom (AUV) ini juga dilengkapi dengan kamera untuk merekam di bawah air dan sonar, yang ketika dipasangkan dengan algoritma, memungkinkan Eva menghindari rintangan.

AUV ini juga dilengkapi dengan filter untuk mengumpulkan DNA dari lingkungan, yang dikenal sebagai “eDNA,” saat berenang. Partikel eDNA ini dapat dikirim ke laboratorium untuk diurutkan dan menentukan spesies apa yang hidup di badan air tersebut.

Baca juga : Dobel Berkah dari Pengolahan Limbah Industri Tepung Lele

“Sekalian hewan yang ada di lingkungan tersebut, mereka mengeluarkan DNA mereka, jadi ada DNA yang mengapung di sekitar yang bisa kami temukan,” kata Martina Lüthi, peneliti pascadoktoral di ETH Zurich, kepada CNN.

Cek Artikel:  Fitur Look Around Apple Maps Tawarkan Resolusi Lebih Tinggi

Para mahasiswa berharap Eva dapat memberikan gambaran yang lebih detail tentang lautan dan penghuninya. Meskipun menutupi lebih dari 70% planet kita, banyak dari apa yang ada di bawah permukaan masih merupakan misteri.

Alat-alat seperti AUV dan kendaraan yang dikendalikan dari jarak jauh semakin sering digunakan untuk mengeksplorasi laut dan mempelajari lebih lanjut tentang habitat bawah air. Misalnya, startup yang didirikan di California, Aquaai, telah mengembangkan drone yang menyerupai ikan badut, yang dapat mengumpulkan informasi seperti oksigen, salinitas, dan tingkat pH di perairan; dan tahun lalu, sebuah rover merekam ikan terdalam yang pernah difilmkan pada kedalaman 8.300 meter.

Baca juga : Semakin Canggih, Velys Robotic Bantu Operasi Implan Dengkul Lebih Mudah dan Presisi

Cek Artikel:  Dashcam Berbasis AI Minimalisasi Risiko Kecelakaan

Penggunaan eDNA untuk memantau biodiversitas semakin berkembang, tetapi pengambilan sampel masih bisa sederhana – beberapa ilmuwan masih mengumpulkannya dengan cara menuangkan air ke dalam cangkir dari sisi perahu.

Alat-alat yang lebih canggih yang dapat mempelajari lingkungan dengan lebih detail bisa menjadi penting untuk melindungi lautan Bumi dengan lebih baik, pada saat habitat laut menghadapi ancaman tanpa preseden dari perubahan iklim, penangkapan ikan yang berlebihan, dan aktivitas manusia lainnya.

“Kami ingin membangun alat yang dapat diandalkan untuk ahli biologi,” kata Baumann, yang menambahkan bahwa ia berharap suatu hari teknologi mereka dapat ditingkatkan, sehingga dapat diakses oleh ilmuwan mana pun yang ingin menggunakannya. “Mungkin kami dapat mencegah spesies dari terancam punah atau punah.” (CNN/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai