Kini, Hadir Solusi CRM Andal, Terjangkau Demi Usaha Kecil Menengah

Kini, Hadir Solusi CRM Andal, Terjangkau untuk Usaha Kecil Menengah
Telkom menghadirkan platform OCA Indonesia yang menawarkan solusi Customer Relationship Management (CRM) yang Elastis, Terjamin, dan cocok Demi kebutuhan bisnis UMKM.(DOK/TELKOM)

LOKOMOTIF digitalisasi di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Telkom) menghadirkan platform OCA Indonesia. Platform ini menawarkan solusi Customer Relationship Management (CRM) yang Elastis, Terjamin, dan cocok kebutuhan bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Solusi tersebut adalah OCA Interaction Lite (https://leaptelkom.me/OCATipsCRM) dari OCA Indonesia yang dapat diimplementasi dengan mudah. Solusi ini juga dilengkapi fitur yang dapat disesuaikan kebutuhan UMKM.

Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom, mengatakan, OCA Interaction Lite Dapat jadi pilihan Betul Demi mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Selain Pandai Membikin bisnis semakin Fasih, OCA Interaction Lite juga mengedepankan keberlanjutan lingkungan lewat efisiensi teknologi digital dan pengelolaan data lebih Berkualitas. Dengan digitalisasi CRM, UMKM Dapat lebih efisien mengelola sumber daya, memperkuat transparansi operasional dan membantu menjaga lingkungan.

Cek Artikel:  Jelang Kampanye, Banyak Alat Peraga Sosialisasi di Lembang yang belum Diturunkan

“Melalui OCA Interaction Lite, Telkom berkomitmen mendukung UMKM dalam mengoptimalkan Interaksi pelanggan dan meningkatkan produktivitas bisnis. Dengan solusi CRM yang Elastis dan mudah diadaptasi, kami memastikan pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi digital secara maksimal Demi memperluas pasar dan meningkatkan daya saing,” paparnya, Rabu (30/10).

Terlebih dengan fitur yang telah disesuaikan kebutuhan bisnis, lanjut dia, tools ini diyakini dapat meningkatkan efisiensi dengan tetap mengutamakan keandalan dan tanpa mengesampingkan keamanan.


Data analitis


Dalam dunia bisnis yang semakin digital, menjaga Interaksi erat dengan pelanggan menjadi kunci Krusial Demi keberlangsungan dan pertumbuhan UMKM. Berdasarkan data INDEF, digitalisasi Pandai meningkatkan loyalitas pelanggan, mempercepat transaksi, dan memperluas pasar.

Cek Artikel:  TPA Sarimukti Diperluas, Daerah Sepakat Batasi Pengurangan Pembuangan Sampah

Salah satu solusi digital yang dapat diandalkan UMKM adalah penggunaan CRM, yang akan Membikin pelaku bisnis dapat mengelola interaksi pelanggan lebih efisien, meningkatkan penjualan, serta membangun Interaksi lebih personal dengan konsumen.

Penggunaan Aplikasi CRM dapat meningkatkan kredibilitas komunikasi perusahaan dan memberikan banyak manfaat bagi UMKM. Penggunaan CRM juga dapat meningkatkan kurasi perkiraan penjualan rata-rata 42%.

Tak hanya itu, CRM juga mempercepat pengambilan keputusan strategis dengan menyediakan data analitis lebih Presisi.

Komang mengatakan, memilih aplikasi  CRM yang pas buat UMKM tentu memerlukan pertimbangan matang. Antara lain harus mengenali kebutuhan bisnis yang dijalani agar Pusat perhatian meningkatkan pelayanan pelanggan, mempercepat operasional atau mengelola data lebih efektif.

Cek Artikel:  DCost Ajak Pelanggan Acuh Palestina, Serahkan Donasi Melalui Rumah Zakat

“Pelaku UMKM perlu memilih CRM yang Dapat disesuaikan dengan skala bisnis dan mendukung kebutuhan spesifik mereka. Dengan OCA Interaction Lite, UMKM Dapat mengatur fitur sesuai kebutuhan, dari integrasi media sosial hingga manajemen data pelanggan,” katanya.

Selain itu, pilih fitur relevan, mempersiapkan tim yang akan mengelola CRM, memperhatikan bujet yang tersedia, hingga memprioritaskan keamanan data.

“OCA Interaction Lite menawarkan solusi yang dapat disesuaikan budget bisnis. Dengan pilihan fitur Elastis, pelaku UMKM dapat memilih paket yang sesuai tanpa membebani keuangan perusahaan. Kami juga Tak hanya menawarkan fitur-fitur lengkap, tetapi juga menjamin keamanan data dengan standar perlindungan yang ketat, sehingga pelaku UMKM Tak perlu khawatir akan kebocoran data,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai