Puluhan Ribu Orang Hadiri Parade Gotong Toapekong di Tangerang

Puluhan Ribu Orang Hadiri Parade Gotong Toapekong di Tangerang
Parade Gotong Toapekong .(MI/Sumantri Handoyo)

PULUHAN ribu orang yang berasal dari luar maupun Kota Tangerang memadati Sekeliling Pasar Anyar di Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (21/9)

Mereka tumpah ruah Demi menghadiri atau menyaksikan prosesi 12 tahunan Parade Gotong Toapekong yang diadakan oleh perkumpulan Boen Tek Bio dengan titik awal dan akhir di Klenteng Boen Tek Bio.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengaku bangga Menonton antusias masyarakat yang begitu besar dalam kegiatan tersebut. “Ini merupakan cerminan masyarakat yang sejak dulu menerima keragaman kebudayaan dan Keyakinan,” katanya.

Baca juga : Selaras Ratusan Seniman Pentaskan Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara

Karena itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Tangerang Lanjut berupaya mengembangkan kegiatan budaya Demi dilestarikan. “Acara 12 tahunan Gotong Toapekong ini menjadi cermin keberagaman dan kebersamaan masyarakat, Karenanya Pemkot Tangerang Lanjut mengupayakan dan mengembangkan budaya serta situs sejarah ini di Kota Tangerang,” ungkapnya.

Cek Artikel:  Penyebab Lima Jenazah di Kali Bekasi belum Teridentifikasi

Ketua Perkumpulan Boen Tek Bio, Ruby Santamoko mengatakan, prosesi kali ini berjalan dengan Fasih. Dan persiapannya dilakukan sejak sepuluh bulan yang Lampau.

“Kami sangat bangga dan terharu Menonton antusias masyarakat yang hadir. Kurang lebih Nyaris 75 ribu masyarakat mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Baca juga : Penghargaan AKI 2024: Lima Maestro Tradisi Dikenang atas Dedikasinya

Bila dibanding dengan 12 tahun Lampau, tambah dia, kegiatan yang digelar hari ini lebih Berkualitas. Mudah-Mudahan kedepannya akan semakin Berkualitas Tengah.

Sementara itu, Ibu Negara Presiden keempat Republik Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah yang hadir dalam kegiatan itu berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang dan Indonesia khususnya Demi menjaga kerukunan antar umat beragama.

Cek Artikel:  Hanif Dhakiri Minta Effendy Choirie Tak Obok-obok PKB: Uruslah Partaimu Sendiri

“Saya selalu menyerukan bahwa apapun Keyakinan dan sukunya, kita Sekalian Terdapat di Indonesia. Bagaimanapun, kita itu satu. Satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa,” paparnya.

Baca juga : Polisi Selidiki Kasus Bocah Anjlok dari Alas 8 Apartemen di Tangerang

Semuanya harus tetap bersatu dalam membangun negara. Karena dengan persatuan dan gotong royong yang kuat merupakan tiang Penting Demi membangun bangsa dan negara.

Selain ibu Shinta Nuriyah, hadir pula dalam kegiatan tersebut Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah, Wakil Menteri Keyakinan Republik Indonesia Saiful Rahmat Dasuki, Member Dewan Pertimbangan Presiden Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dan unsur Kominda Kota Tangerang.

Adapun personil keamanan yang diturunkan pada acara tersebut sebanyak 372 orang. “Personel yang kita turunkan sebanyak 372 orang ,” kata Kepala seksi Interaksi Masyarakat (Humas) Polres Metro Tangerang Kota, Komisaris Aryono. Mereka terdiri dari unsur Polres Metro Tangerang Kota, Dishub dan Satpol PP. (J-2)

Cek Artikel:  Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Dua Kapal di Pelabuhan Muara Baru

Mungkin Anda Menyukai