Indonesia Lolos Piala Asia U-17 2025, Ini 14 Negara Asia Calon Rival Garuda Muda – Liputanindo.id


Indonesia Lolos Piala Asia U-17 2025, Ini 14 Negara Asia Calon Lawan Garuda Muda

Liputanindo.id – Timnas Indonesia U-17 memastikan diri lolos ke Piala Asia U-17 2025 setelah bermain imbang tanpa gol melawan Australia di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Mishref, Minggu (27/10/2024) pukul 21.30 WIB. (Istimewa/PSSI)

Liputanindo.id, MISHREF — Timnas U-17 Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Asia U-17 2025 setelah bermain imbang tanpa gol melawan Australia di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Mishref, Kuwait, Minggu (27/10/2024) pukul 21.30 WIB. 

Di putaran final yang bakal digelar di Arab Saudi pada bulan April 2025 mendatang, anak asuh Nova Arianto akan Bertanding dengan 14 negara kuat lain di Asia. 

Promosi
Berkat Pemberdayaan BRI, Bisnis Stroberi di Ciwidey Semakin Manis

Ke-15 negara yang memastikan diri lolos ke Piala Asia U-17 2025 Arab Saudi adalah Korea Utara, Korea Selatan, Afghanistan, Thailand, Uzbekistan, Arab Saudi (tuan rumah), UAE, Yaman, Tajikistan, China, Vietnam, Iran, Jepang, Indonesia, Australia dan Oman.

Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 berkat status sebagai salah satu dari lima runner up terbaik grup. 

Hasil ini membawa Timnas Indonesia U-17 sebagai satu dari lima runner-up terbaik. 

Indonesia mengemas empat poin hasil dari satu kali menang dan satu kali imbang.

Sebagai informasi, dengan absennya Lebanon di Grup H, perhitungan runner up terbaik berubah. 

Perhitungan sesuai regulasi AFC, Eksis 10 grup yang berisi empat atau lima negara. 

Cek Artikel:  Ditolak Klub India, Balotelli Buka Bunyi

Karena perbedaan jumlah peserta ini, penentuan runner up terbaik Menonton posisi terakhir di masing-masing grup. 

Absennya Lebanon Membikin poin masing-masing negara melawan peringkat terakhir grup Tak dihitung Buat menentukan runner up terbaik.

Artinya, kelolosan sebagai runner up terbaik, berdasarkan hasil melawan tim peringkat satu dan peringkat tiga. 

Dengan perhitungan tersebut, artinya, bagi Timnas Indonesia U-17, hasil poin mereka hanya dihitung ketika melawan Kuwait dan Australia.

Hasil imbang Garuda Muda melawan Australia Membikin India menemani Irak, Qatar, Malaysia dan Filipina gagal melaju ke Piala Asia U-17 2024. 

Sepanjang laga kedua tim bermain sangat hati-hati. 

Di babak pertama, Australia U-17 sebenarnya lebih dominan tetapi permainan rapi Garuda Muda Membikin tim asuhan Bradley Maloney gagal mencetak gol.

Setelah menit ke-70 Australia bermain area mereka sendiri karena Tak Ingin kecolongan gol. 

Sebaliknya, INdonesia juga Tak maju merebut bola sehingga hingga akhir laga pertandingan menjadi membosankan. 

Nova Malu

Instruktur Tim Nasional U-17 Indonesia Nova Arianto bersyukur skuadnya lolos ke Piala Asia U-17 2025 meski mengakui dirinya malu Menonton apa yang terjadi pada laga terakhir, Minggu (27/10/2024) malam. 

Dalam duel pamungkas melawan Australia di Grup G kualifikasi di Kuwait, kedua tim bermain saling menunggu sejak menit ke-70. 

Australia yang lebih dominan memilih hanya saling oper di garis pertahanan mereka sedangkan Garuda Muda juga hanya menunggu di Daerah mereka. 

Cek Artikel:  Satu Hal yang Diharapkan Ancelotti pada Real Madrid di Jarak Dunia

Hal itu Lanjut terjadi hingga laga berakhir dengan skor 0-0. Hasil imbang itu Membikin Australia lolos ke final Piala Asia sebagai Pemenang Grup G sedangkan Indonesia yang menjadi runner up masuk dalam daftar lima runner up terbaik. 

“Secara permainan, saya pribadi jujur sebagai Instruktur malu. Saya Tak begitu suka dengan jalannya laga (melawan Australia) tetapi saya bersyukur kita Dapat lolos (ke Piala Asia U-17 2025),” ujar Nova dalam keterangan PSSI pada Senin. 

Indonesia melaju ke Piala Asia U-17 2025 lantaran berhasil menjadi salah satu dari lima peringkat kedua terbaik di fase kualifikasi.

Ketika menghadapi Australia, “keanehan” terjadi selama Kurang Lebih 20 menit terakhir, di mana pertandingan seolah-olah terhenti karena bola hanya dimainkan di Kurang Lebih pertahanan Australia.

Para bek Australia hanya mengoper-oper bola di antara mereka tanpa menyerang ke Daerah Indonesia.

Bersamaan dengan itu, Indonesia pun Tak terlihat berupaya merebut bola dari Australia.

“Ketika Sebelah pertandingan, saya mendengar Berita bahwa seri saja kita Dapat lolos. Akhirnya kami menyusun taktik Buat bertahan di area sendiri, Lewat merebut bola dan melakukan serangan balik. Akan tetapi, kita Dapat lihat Australia pun Tak mau menyerang,” kata Nova seperti dikutip Espos dari Antara.

Terlepas dari itu, juru taktik berusia 44 tahun tersebut mengapresiasi performa para pemainnya selama kualifikasi.

Nova menyebut, skuadnya sudah bekerja keras sejak Februari 2024, di mana mereka melakukan pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta, Lewat mengikuti Piala AFF U-16 2024 di mana Indonesia merebut peringkat ketiga, kemudian TC di Bali, Spanyol dan Qatar sekaligus menjalani beberapa uji coba di sana hingga Oktober 2024.

Cek Artikel:  Kemenangan Krusial Persija Atas Persik Kediri

“Saya mengapresiasi pemain karena ini Tak mudah. Mereka harus meninggalkan sekolah cukup Pelan. Tetapi Seluruh akhirnya terbayar dengan lolos ke Piala Asia,” tutur Nova.

Keberhasilan Garuda Muda ke Piala Asia U-17 2025, yang akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April, mengikuti kesuksesan timnas senior dan timnas U-20 Indonesia yang juga melakukan hal serupa.

Timnas senior akan bertarung di Piala Asia 2027 dan Timnas U-20 nantinya bertanding di Piala Asia U-20 2025.

“Pencapaian timnas senior dan timnas U-20 memang menjadi salah satu motivasi kami,” ujar Nova.

Sebelumnya Timnas U-23 juga Mekanis lolos ke Piala Asia setelah menjadi peringkat keempat di edisi sebelumnya. Penjaga gawang timnas U-17 Indonesia Dafa Al Gasemi juga bersyukur dengan keberhasilan skuadnya lolos ke Piala Asia U-17 2025 dan berterima kasih kepada Seluruh elemen di tim mulai dari pemain, Instruktur dan ofisial.

Dafa berjanji Lanjut meningkatkan performa agar tampil lebih Bagus Ketika berkompetisi di Piala Asia U-17 2025.

“Saya pribadi belum puas dan akan Lanjut meningkatkan performa saya,” tutur dia.

 

Mungkin Anda Menyukai