Daftar 5 Vaksin Krusial yang Perlu Dilakukan oleh Perempuan

Daftar 5 Vaksin Penting yang Perlu Dilakukan oleh Perempuan
Ilustrasi vaksinasi bagi Perempuan(Freepik)

Buat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup, Perempuan harus menerima vaksin sebelum menikah dan hamil. Pemberian vaksin pada usia produktif dan subur Rupanya dapat membantu mencegah dari berbagai jenis penyakit dan infeksi. 

Berikut ini adalah daftar lima vaksin Krusial yang sebaiknya dilakukan oleh Perempuan:

1. Vaksin HPV (Human Papillomavirus)

HPV adalah virus yang dapat menyebabkan kanker serviks, vagina, vulva, anus, serta kanker orofaringeal (kerongkongan dan amandel). Vaksin HPV dapat mencegah infeksi HPV yang Dapat menyebabkan kanker-kanker tersebut. 

Baca juga : Hindari Kanker Serviks, 90% Anak Perempuan Di Dasar 15 Tahun Harus Divaksin HPV

Tetapi kendalanya adalah vaksin harus diberikan sebelum anak Perempuan atau Perempuan terkena virus. Vaksin ini Dapat didapatkan sejak usia 9 tahun atau Demi berusia 45 tahun. Sementara itu, usia ideal Buat mendapatkan vaksinasi ini adalah 11 atau 12 tahun.

Cek Artikel:  Tips Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing dari Chef Devina Hermawan

2. Vaksin Influenza (Flu)

Influenza dapat menyebabkan komplikasi serius terutama pada Perempuan hamil, orang Sepuh, dan individu dengan kondisi medis tertentu. Vaksinasi influenza direkomendasikan setiap tahun, terutama pada Perempuan yang berisiko tinggi atau dalam kondisi rentan. Anak-anak dengan usia 6 bulan sudah Dapat mendapatkan vaksin Influenza.

3. Vaksin Tdap (Tetanus, Difteri, Pertusis)

Vaksin Tdap melindungi terhadap tiga penyakit serius, di antaranya tetanus, difteri, dan pertusis (batuk rejan). Perempuan yang hamil direkomendasikan Buat mendapatkan vaksin Tdap pada setiap kehamilan mereka, Buat melindungi diri sendiri dan bayi mereka dari penyakit tersebut.

Baca juga : Peningkatan Kualitas Kesehatan Perempuan Kunci Pembangunan SDM Nasional

Perempuan Dapat mendapatkan vaksin Tdap Bilaman saja selama kehamilan, Tetapi waktu yang ideal adalah antara 27 dan 36 minggu setiap kehamilan. 

Cek Artikel:  Berhubungan Intim Ketika Hamil Ini yang Harus Diperhatikan Agar Terjamin

4. Vaksin MMR (Campak, Gondongan, Rubella)

Vaksin MMR melindungi sistem kekebalan tubuh terhadap tiga penyakit, Yakni campak, gondongan (umps), dan rubella (campak Jerman). Rubella dapat menyebabkan komplikasi serius pada janin Kalau terjadi infeksi selama kehamilan. Oleh karena itu, vaksinasi MMR Krusial Buat Perempuan yang merencanakan kehamilan dan Buat anak-anak dengan usia 12 bulan hingga 12 tahun.

5. Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B adalah infeksi hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan hati ringan serta komplikasi bahaya seperti, sirosis, hingga kanker hati. 

Infeksi ini mudah dicegah dengan vaksinasi  HBV. Vaksinasi HBV direkomendasikan Buat Seluruh orang dan tersedia Buat Seluruh Golongan umur. (Z-10)

Cek Artikel:  Usia 9-10 Mengertin, Waktu Betul Vaksinasi HPV

 

Mungkin Anda Menyukai