Rapi-Rapi Nagara Biaya Rakca

PEMBANTU presiden yang paling sibuk belakangan ini ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sibuk bukan karena pekerjaan tupoksi alias tugas, pokok, dan fungsi, melainkan sibuk merespons Dampak dari kasus penganiayaan anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Mario Dandy Satriyo (MDS), terhadap seorang remaja bernama Cristalino David Ozora, Hingga kini remaja berusia 17 tahun itu belum sadarkan diri akibat penganiayaan tersebut.

Kasus MDS bak bola salju. Membesar dan Lanjut menggelinding, melibas ketidakpatutan kehidupan penyelenggara negara beserta keluarganya. Sri Mulyani membesuk David di RS Dunia, Kuningan, Jakarta Selatan, setiba dari perjalanan dinas ke Bangalore, India, Sabtu (25/2). “Sungguh pedih dan remuk hati Menyantap kondisi David akibat penganiayaan yang Bengis dan keji,” kata Sri Mulyani di akun Instagram-nya, @smindrawati. Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia 2017 versi Finance Asia ini pun memberhentikan Orang Sepuh MDS, Rafael Alun Trisambodo, dari jabatan Kepala Bagian Lazim Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II dan memerintahkan Inspektorat Jenderal Kemenkeu Demi mengusut kekayaan Rafael yang fantastis Rp56 miliar.

Kekayaan Rafael diutak-atik karena MDS acapkali memamerkan kendaraan mewah, Rubicon dan Harley Davidson, di laman media sosialnya. Rupanya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pernah melaporkan transaksi yang mencurigakan Rafael ke Komisi Pemberantasan Korupsi, Kejaksaan Akbar, dan Itjen Kemenkeu pada 2021. Menghadapi tekanan yang luar Lazim, Rafael menyatakan pengunduran diri dari jabatan dan aparatur sipil negara.

Cek Artikel:  Nestapa Tekstil Kita

Bila jurus mengundurkan diri dari ASN Demi menyelamatkan diri pemeriksaan Itjen Kemenkeu tampaknya Rafael bakal gigit jari. Pasalnya, berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 3 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pemberhentian PNS, pengunduran diri tersebut Bukan serta-merta disetujui, tetapi yang bersangkutan harus menunggu setahun setelah mengajukan pengunduran diri PNS secara tertulis kepada Presiden melalui Pejabat Pembina Kepegawaian secara hierarki. Selain itu, pengunduran diri PNS Pandai ditolak bila yang bersangkutan tengah dalam pemeriksaan atas dugaan pelanggaran disiplin PNS. Rafael bakal pusing tujuh keliling karena KPK mengagendakan pemeriksaan  pada Rabu esok.

Di tengah mencuat dugaan kekayaan tak wajar Rafael beredar pula foto dan Informasi Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo yang menunggangi motor gede Berbarengan klub Blasting Rijder DJP, yakni komunitas pegawai pajak yang menyukai naik motor besar. Sontak saja Menkeu Sri Mulyani berang dan meminta Suryo Utomo menjelaskan harta kekayaannya kepada publik, dan dari mana sumber kekayaannya itu. Menteri Ekonomi Terbaik di Dunia versi World Government Summit di Dubai, Uni Arab Emirates (UAE), pada 2018 memerintahkan grup moge DJP membubarkan diri. “Mengendarai dan memamerkan moge bagi pejabat/pegawai pajak dan Kemenkeu telah melanggar azas kepatutan dan kepantasan publik. Ini mencederai kepercayaan masyarakat,” ujar Sri Mulyani dalam akun Instagram-nya, Minggu (26/2).

Cek Artikel:  Tentang Angin

Sri Mulyani wajar merasa tertampar karena apa yang dilakukannya Demi memperbaiki kinerja kementeriannya dicemari sejumlah oknum yang bergaya hidup mewah. Kemewahan ASN yang Bukan sesuai dengan profilnya. Contohnya, kekayaan Rafael di mana laporan masyarakat bermunculan terkait dengan aset-aset miliknya. Sejauh ini, Imej Kemenkeu sangat Berkualitas, setelah mengawal kondisi perekonomian Indonesia selama pandemi covid-19, termasuk pencapaian pajak yang patut diacungi jempol. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tertinggi di antara Member G-20 dan ASEAN. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 mencapai 5,3%, tertinggi sejak 2014.

Bukan mudah Sri Mulyani melakukan Rapi-Rapi di kementerian yang berjuluk Nagara Biaya Rakca (penjaga keuangan negara). Tetapi, langkahnya bersikap tegas menyikapi kasus MDS/Rafael mendapatkan dukungan publik meski sejumlah akun media sosial yang diduga Punya pegawai Kemenkeu memberikan respons negatif. Saatnya menteri Natalis Lampung, 26 Agustus 1962 ini, menunjukkan nilai-nilai Kemenkeu, yakni integritas, profesional, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan.

Cek Artikel:  Bung Syahrir Menangis

Mantan Direktur Pelaksana Biaya Moneter Global (IMF) ini menemukan momentum Demi menjadikan kementeriannya menjadi Teladan kementerian/lembaga lainnya. Prinsip good governance (akuntabilitas, transparansi, dan partisipatif) harus ditegakkan. Imej diri (personal branding) Sri Mulyani sebagai sosok yang cerdas, santun, human, sederhana, komunikatif, berprestasi, dan tegas, merupakan modal kepemimpinan Demi menggerakkan nilai-nilai Kemenkeu secara efektif dan menginspirasi K/L dan masyarakat luas. Imej diri seperti Tetap langka bagi sosok pemimpin di Tanah Air. Rahasia perubahan, kata Socrates, ialah memusatkan Segala Kekuatan Anda. “Bukan Demi melawan yang lelet, tetapi Demi membangun yang baru,” tandasnya. Tabik!

Mungkin Anda Menyukai