Proses Pembangunan Letih 20%, PSSI Percaya TC Timnas di IKN Rampung Mei 2024

Liputanindo.id PENAJAM PASER UTARA – Presiden Joko Widodo Berbarengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meninjau perkembangan pembangunan Training Center (TC) PSSI di Ibu Kota Negara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Ketua Lumrah PSSI Erick Thohir, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Exco PSSI Muhamad, Instruktur Timnas U-20 Indra Sjafri, serta tiga Pemain Timnas U-20.

Presiden Jokowi menyampaikan proses pembangunan TC sudah mencapai 20% dan akan Lanjut dipercepat. Dia Percaya TC Timnas bakal rampung dibangun pada Mei-Juni 2024 mendatang.

“Kalau kita lihat memang sudah dimulai dan Tamat hari tuntas 20%. Kita harapkan Mei 2024 sudah jadi, serta Juni 2024 sudah Bisa dipakai Timnas Demi TC.

Cek Artikel:  Terjatuh di Sirkuit Sachsenring, Martin Tak Khawatir Kehilangan Gelar Pemenang

“Demi Timnas U-20, masuk ke sini. Coach Indra Sjafri mesti katakan siap Demi TC di IKN. Rumput juga sudah disemai semuanya,” ucap Presiden Jokowi kepada media.

Sementara itu, Erick Thohir menjelaskan pemerintah dan PSSI Percaya pembangunan TC tahap 1 ini dapat selesai sesuai Sasaran pada Mei 2024. Dengan begitu, para pemain dan staf Instruktur Timnas dapat segera memanfaatkan fasilitas tersebut Demi meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia.

“Tadi Pak Presiden menyatakan apresiasinya atas progres pembangunan TC PSSI Tahap 1 yang telah mencapai 20%. Ini menunjukkan komitmen PSSI dan Adhi Karya dalam mempercepat pembangunan TC. Ini juga bagian dari transformasi sepak bola Indonesia menuju ke arah yang lebih Berkualitas,” Terang Erick.

Cek Artikel:  Jadwal Mepet, Sejumlah Pemain Persebaya Putuskan Kagak Mudik Lebaran 2024

Erick menyebut, dengan fasilitas bertaraf Global, para pemain dan staf Instruktur akan dapat berlatih dan berkembang di lingkungan yang mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini, serta metodologi latihan terbaik.

Pembangunan TC PSSI tahap 1 ini mendapat Biaya hibah dari FIFA Forward senilai US$5.6 juta atau setara dengan Rp 90 miliar. Demi tahap 1 ini, pembangunan difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan ruang ganti pemain.

Sedangkan asrama Tahap 1, total kapasitasnya adalah 70 orang, terdiri atas 28 twin room Demi pemain, 10 single room Demi tim Instruktur, dan 3 Suite Demi Instruktur kepala.

“Pak Jokowi juga menyampaikan kepada kami dengan percepatan pembangunan TC ini, PSSI akan punya fasilitas yang memadai sehingga para pemain dan staf Instruktur akan dapat berlatih dengan lebih Berkualitas dan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia,” tambah Erick.

Cek Artikel:  Arsenal Kembali Puncak Setelah Tekuk Wolves 2-0

Sesuai blue print, TC PSSI di IKN akan Mempunyai total delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang Bukan hanya akan bermanfaat bagi tim nasional, Tetapi juga masyarakat Sekeliling.

“PSSI berkomitmen Demi mempercepat pembangunan TC demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih Berkualitas. Kami juga berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward,” tutur Erick. (RMA)

Baca Juga:
Debut Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen: Cita-cita di Tengah Badai Cedera Timnas Indonesia?

 

Baca Juga:
Kalau Menang di Pilpres, Prabowo Bakal Tiru Langkah Politik Jokowi

 

Mungkin Anda Menyukai