Bahaya Mesin Motor Mengenakan Oli Bajakan, Begini Tanda-Tanda dan Langkah Mengatasinya

Bahaya Mesin Motor Pakai Oli Palsu, Begini Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi, berikut bahayanya mesin motor menggunakan oli Bajakan(freepik)

MERAWAT motor agar mesin awet dan Enggak mudah mogok pastinya harus selalu diperhatikan dilakukan servis secara rutin setiap bulannya.

Tetapi, jangan hanya dilkakukan servis saja. Kalian juga perlu memperhatikan part-part lainnya agar mesin Enggak Segera aus dan rusak.

Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah oli motor. Mengganti oli setiap bulannya memang sangat Krusial, Tetapi kalian harus lebih memperhatikannya kembali.

Baca juga : Ini Bahaya Motor bila Jarang Dipanaskan

Banyak oli plasu yang beredar dan dijual Buat motor-motor. Dari hal tersebut Dapat berdampak fatal kepada mesin hingga mempengaruhi performanya.

Tetapi Buat oli Bajakan ini Tanda dan bahayanya Dapat kalian rasakan langsung. Bahkan Langkah mengatasinya pun cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri.

Berikut Bahaya Mengenakan Oli Bajakan

1. Mesin Segera Panas atau Overheat

Bahaya yang pertama adalah mesin motor akan Segera panas atau overheat. Bahkan kondisi seperti ini Enggak Terdapat yang Paham Bilaman terjadinya.

Baca juga : 4 Bahaya Apabila Tangki Motor Sering Kehabisan Bensin

Sewaktu-waktu kalian sedang jalan, motor akan Wafat dan sulit dinyalakan akibat overheat. Terjadinya overheat ini karena konsumsi oli mesin sudah Enggak layak atau bekas dan kotor.

Oli mesin yang kotor akan masuk ke dalam mesin dan tercampur hingga Segera panas dan mengakibatkan overheat.

2. Mesin Motor Sering Mogok

Selanjutnya adalah motor akan sering mengalami Wafat mesin atau mogok. Bahkan, motor kalian juga akan sulit dinyalakan.

Baca juga : Ini Bahaya Mesin Motor Apabila Overheat, Pengapian Dapat Wafat Total

Lebih parahnya Begitu motor didiamkan saja, seperti di lampu merah mesin akan Wafat dengan sendirinya. Kasus ini pun sering terjadi dan dialami oleh banyak kendaraan.

Cek Artikel:  Kurangi Jejak Karbon, VKTR dan Gapura Nomorsa Luncurkan Bus Listrik di Bandara Soetta

Tetapi, penyakitnya bukan karena oli Bajakan saja, Tetapi Terdapat beberapa Elemen lain di mesin.

3. Mesin Motor Segera Aus atau Rusak

Akibat yang ketiga adalah part motor akan Segera aus atau rusak. Oli Bajakan tersebut akan masuk ke dalam mesin sebagai pelumas.

Baca juga : Bahaya Mesin Motor Panas, ini Akibatnya Apabila Dipaksa Jalan

Pelumas mesin yang sudah Enggak layak atau kotor pastinya berdampak Jelek ke mesin. Mesin akan mengalami baret dan Segera panas.

Dari hal tersebutlah yang Membangun mesin motor Enggak awet dan akan sering keluar masuk bengkel.

4. Mesin Hilang Tenaga

Lewat yang selanjutnya adalah motor akan kehilangan tenaga. Pastinya hal ini akan dialami Apabila oli mesin sudah aus bahkan Bajakan.

Oli mesin yang sudah kotor saja Dapat Membangun mootr hilang tenaga atau Enggak Terdapat tarikan. Oli yang bagus Dapat meningkatkan performanya.

Bahkan dengan menggunakan oli Bajakan pada motor performa mesih perlahan akan melambat.

5. Turun Mesin

Akibat yang terakhir adalah paling parah, yakni turun mesin. Hal ini Niscaya terjadi Apabila motor kalian sudah dalam kondisi parah.

Oli mesin sangat berperan besar Buat performa kendaraan. Menggunakan oli Bajakan tentu saja akan semakin Segera dan panas pemakaiannya.

Sehingga oli dalam mesin akan Segera habis dan Membangun mesin rusak hingga harus dilakukan turun mesin Buat memperbaikinya.

Buat Dapat mengetahui oli Bajakan atau tidaknya kalian harus lebih teliti Begitu membeli.

Hal ini Dapat kalian lihat Enggak hanya dari segi kemasan saja. Tetapi kalian juga Dapat melihatnya dari kondisi oli tersebut.

Cek Artikel:  Mengenal Uji Emisi yang Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan

Berikut Tanda Oli Bajakan

1. Perhatikan Kemasan Oli

Tanda yang pertama adalah perhatikan kemasan oli, Berkualitas dari botol, tutup hingga labelnya. Apabila kemasan tampak berbeda dengan biasanya, kemungkinan oli tersebut adalah Bajakan.

Lewat, Tanda lainnya Terdapat pada tutup botol yang Enggak rapat atau kencang menutupnya. Oli Bajakan biasanya Enggak diberi pengaman kembali dibagian tutupnya.

Lewat Terdapat juga pada botol oli yang terlihat kondisinya sudah penyok atau Enggak berbentuk baru.

Selanjutnya, kalian perhatikan label pada kemasan oli, Apabila terdapat label hologram maka oli tersebut Asli.

Lewat perhatikan juga tanda pengamannya berupa barcode atau hologram. Oli Bajakan Enggak akan Terdapat label tersebut hanya ditutup Normal saja.

Serta perhatikan juga kode produksi pada kemasan oli, Apabila sudah melewati batas maka oli tersebut Bajakan.

2. Harga Jual Oli

Selanjutnya kalian harus mengetahui harga oli yang Normal digunakan. Oli Bajakan akan dibanderol kurang dari harga pasa umumnya.

Biasanya, harga oli mulai dari Rp35.000 Tiba Rp60.000. Tetapi Buat oli Bajakan ini akan dijual di Dasar harga-harga standarnya.

Apabila menemukan kasus tersebut maka harus dipertanyakan keasliannya. Kalian Dapat menanyakan langsung ke montir terpercaya atau mencarinya di internet.

3. Bau dan Rona Oli

Tanda yang terakhir adalah dari bau dan Rona olinya. Begitu dibuka oli Bajakan Mempunyai bau yang sangat menyengat.

Bahkan warnanya akan lebih hitam dibanding biasanya. Buat oli Asli ini Dekat Enggak Mempunyai bau, bahkan Begitu dicium dari dekat sekalipun. Lewat Buat Rona oli Asli kuning seperti minyak goreng atau kebiruan.

Tetapi Apabila kalian sudah terlanjur menggunakan oli Bajakan, jangan khawatir karena Dapat diatasi. Langkah mengatasi oli Bajakan di motor ini Dapat kalian lakukan sendiri di rumah atau di bengkel.

Cek Artikel:  Pertama di Jakarta Porsche Destination Charging di Pullman Jakarta Central Park

Berikut Langkah Mengatasi Oli Bajakan

1. Ganti Oli

Langkah yang pertama, kalian Dapat mengganti oli Bajakan tersebut dengan oli Asli. Tak perlu dibawa ke bengkel, hal ini Dapat kalian lakukan sendiri di rumah.

Kalian hanya siapkan kunci pas berukuran 16 atau 17, Lewat corong dan wadah Buat menampung oli. Kalian buka penutup oli di mesin motor, Lewat keluarkan oli Bajakan tersebut.

Selanjutnya masukan oli baru atau Asli ke dalam mesin motor dan panaskan mesin Buat oli Dapat masuk ke dalam part mesin.

2. Kuras Blok Oli

Lewat, selanjutnya kalian juga Dapat menguras blok oli dengan cairan Tertentu. Begitu kalian mengganti oli Bajakan tersebut dengan oli Asli, masukan cairan itu ke dalam mesin.

Setelah cairan dimasukan, hidupkan mesin agar cairan tersebut masuk ke dalam mesin dan mengurasnya. Setelah selesai, kalian keluarkan oli Bajakan bersamaan dengan cairan tersebut. Lewat masukan atau ganti oli Bajakan dengan oli Asli.

3. Servis Motor

Langkah yang terakhir adalah kalian Dapat membawanya ke bengkel. Kalian lakukan servis motor secara rutin agar mesin tetap sehat dan awet.

Servis motor yang dilakukan ini Enggak hanya membersihkan bagian karburator atau seting Suntik saja. Tetapi kalian juga Dapat menguras atau meminta montir Buat bersihkan block oli.

Menggunakan oli Bajakan pada kendaraan tidaklah Berkualitas dan akan berdampak bedar terhadap performa motor.

Baiknya, kalian menggunakan oli Asli sesuai dengan jenis dan standar motor yang dipakai. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai