Memanaskan Mobil 30 Detik Cukup Kepada Performa Optimal

Memanaskan Mobil 30 Detik Cukup untuk Performa Optimal
Ilustrasi(Freepik)

Ahli Otomotif dari Universitas Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu,membongkar mitos Pelan tentang memanaskan mobil. Ia menegaskan bahwa mesin mobil modern Kagak memerlukan waktu Pelan Kepada pemanasan, hanya Sekeliling 30 detik hingga 1 menit.

“Kebiasaan memanaskan mesin mobil dengan waktu Pelan merupakan mitos yang Lagi banyak dilakukan oleh beberapa pengemudi di Indonesia,” ujar Yannes dikutip dari Antara, Sabtu (6/7).

Masyarakat percaya bahwa memanaskan mesin dapat meningkatkan performa dan memperpanjang umur kendaraan. Tetapi, teknologi mesin modern Demi ini telah dirancang Kepada siap digunakan dalam waktu singkat.

Baca juga : Fuchs Silkolene Luncurkan Oli Motor Berteknologi XP

“Memanaskan mobil modern hanya membutuhkan waktu Sekeliling 30 detik hingga 1 menit. Ini cukup Kepada memastikan oli mesin bersirkulasi ke seluruh bagian mesin,” Terang Yannes.

Cek Artikel:  Langkah Cek Kaki-Kaki Mobil Terkini

Setelah dipanaskan, disarankan Kepada mulai berkendara dengan lembut. Hal ini membantu mesin mencapai suhu kerja optimal lebih Segera dibandingkan dengan hanya Tenang memanaskan.

Bagi mobil dengan usia Sepuh, Sekeliling pabrikan tahun 1990-an, pemanasan memang memerlukan waktu lebih Pelan, Sekeliling tiga hingga lima menit. Hal ini karena mesinnya belum seefisien mobil modern.

Tetapi, memanaskan mobil terlalu Pelan Bahkan dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar dan emisi gas buang yang Kagak perlu.

“Memanaskan mobil terlalu Pelan menghabiskan bahan bakar tanpa memberikan manfaat tambahan. Lewat, gas buang yang dihasilkan Demi memanaskan mobil mengandung uap air, Kalau terlalu Pelan dipanaskan tanpa bergerak, uap air ini dapat berkumpul di pipa knalpot dan mempercepat proses pembentukan karat,” ujar Yannes. (Ant/Z-10)

Cek Artikel:  Honda Lumrahkan Partisipasinya di Ajang Balap Mobil Dunia 2024

Mungkin Anda Menyukai