Penuh Drama dan Permainan Keras, Indonesia Bungkam Vietnam 1-0 di Piala Asia 2023

Liputanindo.id DOHA – Timnas Indonesia berhasil membungkam Vietnam dengan skor tipis 1-0 di laga Grup D Piala Asia AFC 2023. Ini merupakan kemenangan perdana Skuad Garuda di ajang tersebut sejak tahun 2007, atau tepatnya 17 tahun silam.

Duel sesama negara Asia Tenggara ini tersaji di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Indonesia langsung menggebrak pertahanan Vietnam di menit pertama.

Rafael Struick yang lolos dari pengawalan Bek Vietnam, langsung merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Sayang, upaya tersebut Tetap Pandai diblok oleh Filip Nguyen.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu bahkan bermain Terjamin di awal babak pertama, sembari menerapkan high pressing yang Membangun lini belakang Vietnam kewalahan Demi mengontrol laga.

The Golden Stars baru mendapat Kesempatan di menit ke-15. Nguyen Quang Hai mencoba peruntungan dari luar kotak penalti, meski dapat dihadang lini belakang Indonesia.

Cek Artikel:  Jelang Hadapi Barito Putera, Persib Bandung Siap Manfaatkan Kelemahan Tim Musuh

Di menit ke-37, Filip Nguyen dikejutkan oleh Kesempatan Indonesia yang dicoba oleh Sandhy Walsh. Bek KV Miechelen itu sukses menyambut umpan Justin Hubner dengan sundulan, serta mengarah ke sudut kanan gawang Vietnam.

Penalti! Indonesia mendapat penalti di menit ke-39, setelah pemain belakang Vietnam menarik baju Rafael Struick di dalam kotak terlarang.

Gol! Asnawi yang maju sebagai algojo Pandai menuntaskan tugasnya dengan Berkualitas. Dia mengarahkan bola ke sudut kiri dan Mengelabui Filip Nguyen. 1-0 Indonesia memimpin.

Indonesia Lanjut mencoba memanfaatkan momentum Demi menambahkan Keistimewaan. Tetapi hingga babak pertama usai, skor 1-0 tetap bertahan Demi Skuad Garuda.

Di babak kedua, Vietnam mencoba Demi keluar dari tekanan. Beberapa Kesempatan emas sempat ditorehkan di awal babak kedua.

Laga sempat berlangsung dengan tengsi tinggi, di mana pemain Vietnam melakukan pelanggaran yang Tak pada Sebaiknya. Pemain Indonesia seperti Jordi Amat, Witan Sulaeman hingga Justin Hubner harus menjadi korban akibat gerakan tambahan pemain Vietnam menggunakan tangan.

Cek Artikel:  Lanny/Ribka Tumbang, Sepuhn Rumah Tanpa Wakil di Final Ganda Putri Indonesia Masters 2024

Hal ini juga Membangun Jordi harus digantikan di menit ke-66. Dalam tayangan ulang, Roman pemain Johor Darul Ta’zim itu terkena sikut dan mengeluarkan banyak darah di bagian hidung. Ia pun harus digantikan oleh Rizky Ridho.

Kartu merah Demi Vietnam! pergerakan Marselino Ferdinan dari sisi kiri harus dijegal pemain Vietnam. Wasit pun mengeluarkan kartu kuning kedua kepada Le Pham Than Long. Vietnam harus bermain dengan 10 orang.

Wasit pun sempat memberikan sepuluh menit tambahan waktu. Drama pun silih berganti terjadi, yakni ketidakmampuan penyerang Timnas Indonesia Demi menciptakan gol tambahan. Padahal Kesempatan yang mereka dapatkan cukup banyak dan terbuka.

Di sisi lain, tendangan bebas pemain Vietnam di detik-detik terakhir laga Pandai diblok dengan brilian oleh Ernando Ari. Skor 1-0 Demi Indonesia tetap bertahan hingga laga usai.

Cek Artikel:  Kemnaker Gelar Jalan Sehat Peringati HUT RI ke-79 dan HUT Kemnaker ke-77

Berdasarkan statistik, Vietnam unggul dalam segi penguasaan bola yakni 58%. Akan tetapi, Skuad Garuda Pandai menciptakan 16 Kesempatan, lima di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Vietnam hanya mengukir 11 shots, tiga on Sasaran.

Hasil ini Membangun Kesempatan Indonesia cukup terbuka di ajang ini. Asnawi dan Sahabat-Sahabat mengantongi tiga poin dari dua laga, serta bertengger di posisi ketiga sementara. Mereka akan menghadapi Jepang di laga pamungkas, yakni pada Rabu (24/1/2024).

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jordi Amat, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner; Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Yakob Sayuri.

Vietnam: Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Bui Hoang Vietn Anh; Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

(RMA)

Mungkin Anda Menyukai