Robot Dikendalikan Jamur Tiram, Memadukan organisme Hidup dan Mesin

Robot Dikendalikan Jamur Tiram, Memadukan organisme Hidup dan Mesin
Para ilmuwan di bidang robotika biohibrid sedang mengembangkan robot yang menggabungkan bahan biologis seperti jamur dengan komponen sintetis Demi menciptakan entitas hibrida.(Anand Mishra)

PARA ilmuwan di bidang  robotika biohibrid menggabungkan bahan biologis dan hidup, seperti sel tumbuhan, hewan, atau serangga dengan komponen sintetis Demi menciptakan entitas yang sebagian hidup dan sebagian direkayasa.

Robot biohibrida ini belum merambah ke luar laboratorium, Tetapi para peneliti berharap suatu hari nanti robot ubur-ubur dapat menjelajahi lautan, bot bertenaga sperma dapat memberikan perawatan kesuburan, dan kecoak cyborg dapat mencari korban selamat setelah gempa bumi.

Robert Shepherd, penulis senior sebuah studi yang merinci robot yang diterbitkan pada 28 Agustus di jurnal Science Robotics mengatakan “Mekanisme, termasuk komputasi, pemahaman, dan tindakan sebagai respons, dilakukan di dunia biologis dan di dunia buatan yang diciptakan Insan, dan Kehidupan sering kali lebih Bagus dalam hal itu daripada sistem buatan kita.”

Baca juga : Pelopor Industri Robotika Nasional Berkolaborasi Kembangkan Teknologi Robot Arm

“Biohibridisasi sendiri adalah upaya Demi menemukan komponen-komponen di dunia biologis yang dapat kita manfaatkan, pahami, dan kendalikan Demi membantu sistem buatan kita bekerja lebih Bagus,” imbuh Shepherd.

Sebagian Jamur, Sebagian Mesin

Para peneliti memulainya dengan membudidayakan jamur tiram raja (Pleurotus eryngii) di laboratorium menggunakan peralatan sederhana yang dipesan secara daring. Mereka memilih spesies jamur ini karena tumbuh dengan mudah dan Segera.

Menurut penelitian, mereka membudidayakan struktur mirip benang jamur atau miselium ini karena dapat membentuk jaringan yang dapat merasakan, berkomunikasi, dan mengangkut nutrisi yang berfungsi seperti neuron di otak. 

Baca juga : Robotik Ikan “Eva” Ubah Langkah Studi Lautan dengan Teknologi Canggih

Sayangnya, Bukan sepenuhnya Cocok Demi menyebut Hasil karya ini sebagai robot jamur. Sementara robot ini ditenagai oleh miselium mirip akar, yang menghasilkan sinyal listrik kecil dan dapat dihubungkan ke elektroda.

Cek Artikel:  Agar Sinyal WiFi Konsisten di Rumah Bertingkat, Pilih Solusi Router Cakap

Andrew Adamatzky, seorang profesor komputasi nonkonvensional di Universitas West of England di Bristol yang membangun komputer jamur, mengatakan Bukan Terang bagaimana jamur menghasilkan sinyal listrik.

“Bukan seorang pun Paham Niscaya,” kata Adamatzky, yang Bukan terlibat dalam penelitian tersebut tetapi meninjaunya sebelum dipublikasikan. “Pada dasarnya, Seluruh sel hidup menghasilkan lonjakan seperti potensial aksi, dan jamur Bukan terkecuali.”

Baca juga : Semakin Canggih, Velys Robotic Bantu Operasi Implan Sendi lutut Lebih Mudah dan Seksama

Tim peneliti merasa kesulitan Demi merekayasa sistem yang dapat mendeteksi dan menggunakan sinyal listrik kecil dari miselia Demi mengendalikan robot. “Anda harus memastikan bahwa elektroda Anda bersentuhan pada posisi yang Cocok karena miselia sangat tipis. Bukan banyak biomassa di sana,” kata penulis Istimewa Anand Mishra, seorang rekan peneliti pascadoktoral di Laboratorium Robotika Organik Cornell. 

“Kemudian Anda membudidayakannya, dan ketika miselia mulai tumbuh, mereka membungkus elektroda,” sambungnya.

Mishra merekayasa antarmuka listrik yang secara Seksama membaca aktivitas listrik mentah dari miselia, Lewat memproses dan mengubahnya menjadi informasi digital yang dapat mengaktifkan aktuator atau bagian yang bergerak dari robot.

Baca juga :  OpenAI Khawatir Pengguna Terlalu Bergantung pada ChatGPT 

Robot-robot tersebut Pandai berjalan dan berguling sebagai respons terhadap lonjakan listrik yang dihasilkan oleh miselia. Setelah itu, ketika Mishra dan rekan-rekannya menstimulasi robot-robot tersebut dengan sinar ultraviolet, mereka mengubah gaya berjalan dan lintasan mereka, yang memperlihatkan bahwa mereka Pandai merespons lingkungan mereka.

Cek Artikel:  ABDI Gelar Summit Teknologi 2024 Konsentrasi pada AI, Keamanan Data, dan Penerapan UU PDP

“Jamur Bukan menyukai Terang,” kata Shepherd. “Berdasarkan perbedaan intensitas (Terang), Anda Dapat mendapatkan fungsi robot yang berbeda. Robot akan bergerak lebih Segera atau menjauh dari Terang.”

Pekerjaan yang Menarik

“Sangat menarik Menonton lebih banyak karya dalam robotika biohibrida yang bergerak melampaui jaringan Insan, hewan, dan serangga,” kata Victoria Webster-Wood, seorang profesor di Grup Robotika Biohibrida dan Organik Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh.

“Jamur mungkin Mempunyai Keistimewaan dibandingkan pendekatan biohibrida lain dalam hal kondisi yang dibutuhkan Demi menjaganya tetap hidup,” kata Webster-Wood, yang Bukan terlibat dalam penelitian tersebut.

“Kalau mereka lebih Tangkas terhadap kondisi lingkungan, ini Dapat menjadikan mereka kandidat yang sangat Bagus Demi robot biohibrida Demi aplikasi di bidang pertanian dan pemantauan atau eksplorasi kelautan,” tambahnya.

Penelitian tersebut mencatat jamur dapat dibudidayakan dalam jumlah besar dan dapat tumbuh subur di banyak lingkungan yang berbeda. Para peneliti mengoperasikan robot berjalan tersebut tanpa tali yang menghubungkannya ke perangkat keras listrik, sebuah prestasi yang menurut Webster-Wood sangat Krusial.

“Robot biohibrida yang Betul-Betul bebas ikatan merupakan tantangan di lapangan,” ungkapnya. “Dan Menonton mereka mencapai hal ini dengan sistem miselium sungguh mengasyikkan.”

Robotika Biohibrida di Dunia Konkret

Shepherd menyampaikan teknologi yang dikendalikan jamur dapat diterapkan di bidang pertanian. Katanya, “Dalam kasus ini, kami menggunakan Terang sebagai input, tetapi di masa mendatang akan menggunakan bahan kimia. Robot masa depan berpotensi Demi merasakan kimia tanah pada tanaman baris dan memutuskan Ketika harus menambahkan lebih banyak pupuk, misalnya, mungkin mengurangi Dampak hilir pertanian seperti ledakan alga yang berbahaya”.

Cek Artikel:  AsusROG Ally X Rilis di Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Robot yang dikendalikan jamur, dan komputasi jamur secara lebih luas, Mempunyai potensi yang sangat besar, menurut Adamatzky.

Ia mengatakan labnya telah memproduksi lebih dari 30 perangkat penginderaan dan komputasi menggunakan jamur hidup, termasuk menumbuhkan kulit yang dapat menyembuhkan diri sendiri Demi robot yang dapat bereaksi terhadap Terang dan sentuhan.

“Kalau sistem transmisi (drivetrain) yang memadai tersedia, robot dapat, misalnya, memantau kesehatan sistem ekologi. Pengendali jamur akan bereaksi terhadap perubahan, seperti polusi udara, dan memandu robot sesuai dengan itu,” kata Adamatzky. “Munculnya perangkat jamur lainnya, yang sebagai pengendali robotik secara menarik menunjukkan potensi jamur yang luar Biasa.”

Rafael Mestre, dosen di Sekolah Elektronika dan Ilmu Komputer di Universitas Southampton di Inggris yang meneliti implikasi sosial, etika, dan kebijakan dari teknologi baru, mengatakan Kalau robot biohibrida menjadi lebih canggih dan digunakan di lautan atau ekosistem lain, hal itu dapat mengganggu habitat, sehingga menantang perbedaan tradisional antara kehidupan dan mesin.

“Anda memasukkan benda-benda ini ke dalam rantai trofik ekosistem di tempat yang Bukan Semestinya,” kata Mestre, yang Bukan terlibat dalam penelitian baru tersebut. 

“Kalau Anda melepaskannya dalam jumlah besar, itu Dapat mengganggu. Begitu ini saya Bukan Menonton penelitian Tertentu ini Mempunyai masalah etika yang kuat, tetapi Kalau Lanjut berkembang, saya pikir sangat Krusial Demi mempertimbangkan apa yang terjadi ketika kita melepaskannya di tempat terbuka.” (CNN/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai