Terdapat Ketegangan Demi Boeing dan NASA Putuskan Mengembalikan Starliner Tanpa Astronaut

Ada Ketegangan Saat Boeing dan NASA Putuskan Mengembalikan Starliner Tanpa Astronaut
NASA memutuskan mengembalikan pesawat ruang angkasa Starliner ke Bumi tanpa astronaut pada 7 September 2024, setelah masalah propulsi yang belum terselesaikan.(boeing starliner)

“BOEING percaya pada model yang mereka ciptakan Kepada memprediksi penurunan daya dorong selama sisa penerbangan.”

Keputusan Kepada mengembalikan Starliner ke Bumi tanpa astronaut, Jumat (7/9) bukannya tanpa kontroversi, NASA mengatakan mereka telah berdiskusi dengan Boeing.

Rencana awalnya adalah menerbangkan astronaut NASA, Butch Wilmore dan Suni Williams, naik dan turun dari Stasiun Luar Angkasa Global dengan Starliner. Tetapi, masalah propulsi yang sedang berlangsung dengan Starliner, Bukan dapat diselesaikan hingga tingkat yang memuaskan persyaratan risiko NASA. 

Baca juga : Bunyi Aneh dari Kapsul Starliner Boeing Memicu Pencarian Penyebab

Astronaut Butch Wilmore dan Suni Williams akan tetap berada di ISS Kepada tinggal di stasiun luar angkasa dalam jangka waktu yang Lamban. Mereka akan kembali ke Bumi dengan misi SpaceX Crew-9 pada Februari 2025.

“Saya akan mengatakan, Bilaman saja di mana Terdapat keputusan semacam ini, Terdapat beberapa ketegangan di dalam ruangan,” kata Steve Stich, manajer program Kepada program kru komersial NASA, mengenai rapat keputusan Kepada mengembalikan Starliner tanpa astronaut. Stich menyampaikan hal tersebut melalui telekonferensi pada hari Rabu (4/9). 

“Boeing percaya pada model yang telah mereka buat Kepada memprediksi degradasi pendorong selama sisa penerbangan,” tambah Stich. “Tim NASA Memperhatikan model tersebut dan Memperhatikan beberapa keterbatasan. Hal ini Betul-Betul berkaitan dengan, apakah kami Mempunyai keyakinan pada pendorong, dan seberapa besar kami dapat memprediksi degradasi pendorong mulai dari lepas landas hingga pembakaran deorbit?”

Cek Artikel:  Contek Instagram, WhatsApp Akan Tambahkan Fitur Double Tap Reaction

Baca juga : Apa yang Dilakukan Astronot NASA Suni Williams dan Butch Wilmore Tamat 2025

Pesawat ruang angkasa ini akan meninggalkan ISS tanpa awaknya pada 6 September dan kembali ke Bumi pada 7 September, Kepada mengakhiri pengembaraan misi yang dimulai pada 5 Juni setelah meluncurkan astronaut pertamanya ke ruang angkasa. Misi ini Semestinya hanya berlangsung selama 10 hari, meskipun Terdapat fleksibilitas karena misi ini Lagi dalam tahap pengembangan.

Misi uji coba pertama Starliner yang bersejarah dengan para astronaut mengalami masalah Demi merapat ke ISS pada 6 Juni setelah lima pendorong (dari 28 pendorong) dalam sistem kontrol reaksinya mengalami masalah. Berbulan-bulan pengujian ruang angkasa, pengujian di darat, dan pemodelan dilakukan, tetapi kemungkinan penyebabnya Bukan dapat dikonfirmasi dengan Niscaya. 

NASA akhirnya menentukan terlalu berisiko Kepada mengembalikan kedua astronaut NASA ke Starliner. Mereka mengubah manifes ISS Kepada membawa pulang para astronaut dengan Metode lain. 

Baca juga : Astronaut NASA Terjebak di Luar Angkasa Kembali ke Bumi pada Februari 2025 Berbarengan SpaceX

“Dari sudut pandang Boeing, mereka tentu saja mengetahui pesawat ruang angkasa mereka, dan mereka menganalisis risiko dan apa yang mereka pikirkan tentang kemampuannya dengan satu kendaraan,” kata Stich. 

Cek Artikel:  Waspadai Tusk, Kampanye Pencurian Informasi dan Aset Kripto

Tetapi dia mencatat bahwa “Boeing Bukan berada dalam posisi” Kepada melakukan perdagangan risiko yang sama seperti yang dilakukan NASA, yang menurutnya merupakan posisi yang Bukan adil Kepada menempatkan mereka mengingat keputusan yang melibatkan membawa pesawat ruang angkasa lain (Crew Dragon SpaceX).

“Anda juga harus menyadari bahwa badan ini berada dalam posisi yang sedikit berbeda dalam hal pemahaman kami tentang risiko, dan apa yang tersedia bagi kami tanpa Starliner, jadi itu juga merupakan perbedaan pendapat,” kata Stich.

Baca juga : Tantangan Berat Astronaut NASA yang Terjebak di ISS

Manajer kru komersial Boeing, Mark Nappi, ikut dalam panggilan telepon tersebut Tetapi Bukan memberikan komentar mengenai pertemuan yang dimaksud Stich. Pernyataan Boeing tentang tinjauan kesiapan penerbangan minggu Lewat mencatat bahwa tim di Boeing “Lalu Konsentrasi, pertama dan terutama, pada keselamatan kru dan pesawat.”

“Kami menjalankan misi seperti yang telah ditentukan oleh NASA, dan kami sedang mempersiapkan pesawat ruang angkasa Kepada kembali ke Bumi tanpa awak dengan selamat dan sukses,” pejabat Boeing menambahkan di X, sebelumnya Twitter, pada 24 Agustus.

Kepada memberi ruang bagi dua astronaut Starliner, Crew-9 ditugaskan Kepada meluncurkan hanya dua astronaut di Crew Dragon, bukannya empat astronaut yang direncanakan. 

Cek Artikel:  Kehadiran Robot Mirip C3PO ini Sangat Dinantikan

Astronaut NASA dan Penjaga Angkatan Luar Angkasa Nick Hague dipromosikan dari pilot Crew-9 menjadi komandan, terbang ke luar angkasa Berbarengan kosmonot Roscosmos dan spesialis misi Aleksandr Gorbunov; kursi Gorbunov merupakan bagian dari pertukaran kursi antarlembaga yang lebih besar dan sulit Kepada dijadwal ulang. Dua Member Crew-9 lainnya, astronaut NASA Zena Cardman dan Stephanie Williams, akan absen dalam misi ini dan memenuhi syarat Kepada ditugaskan dalam misi berikutnya.

Sedangkan Kepada Starliner, setelah lepas landas dari ISS secara solo, kemungkinan akan ditugaskan Kepada melakukan beberapa “kebakaran” Demi ia melakukan mundur dengan Segera dari kompleks yang mengorbit, sebagai bagian dari pengujian sistem propulsi yang sedang berlangsung Kepada Memperhatikan apa yang Dapat dipelajari oleh para insinyur.

“Kami akan melakukan sedikit modifikasi keberangkatan setelah pembongkaran,” kata manajer program ISS, Biaya Weigel, dalam telekonferensi. “Tak Lamban kemudian, perintah akan dikirim Kepada melakukan breakout burn yang akan membawa Starliner ke atas, melewati dan kembali ke belakang stasiun. Pendekatan alternatif ini – atau breakout burn ini – adalah sesuatu yang telah kami rencanakan, dan ini adalah sesuatu yang Pandai dilakukan oleh kendaraan dan disertifikasi. Ini hanya membantu kami Kepada membawa Starliner menjauh dari ISS dengan lebih Segera.” (space.com/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai