6 Penyebab Motor Boros Bensin, ini Metode Mengatasinya

6 Penyebab Motor Boros Bensin, ini Cara Mengatasinya
Petugas SPBU sedang melayani konsumen/pengendara sepeda motor.(MI/Supardji Rasban)

Mempunyai kendaraan motor tetapi banyak kendala Ketika dikendarai, terutama Kepada jarak jauh pastinya menjadi suatu masalah bagi pemiliknya.

Salah satunya yang sering terjadi adalah malasah bahan bakar yang boros. Motor yang mengkonsumsi bensin banyak Rupanya bukan hanya pada kendaraan dengan tenaga besar saja.

Tetapi motor bebek dan matic pun kerap kali mengalaminya. Hal tersebut Dapat terjadi karena masalah pada mesin atau bagian part lainnya.

Baca juga : 4 Bahaya Kalau Tangki Motor Sering Kehabisan Bensin

Dapat saja mesin motor yang kalian Mengenakan sudah diotak-atik atau banyak dirubah menjadi Tak standarnya Tengah. Itupun Dapat menjadi penyebab borosnya bahan bakar.

Tetapi kalian perlu mengenali beberapa benyebabnya Kalau konsumsi bensin motor menjadi boros Ketika digunakan.

Berikut 6 Penyebab Motor Boros Bensin

1. Ban Kurang Angin

Penyebab yang pertama adalah ban motor kurang angin. Bagus itu bagian depan atau belakang, Kalau kurang angin makan akan mempengaruhi ke performa.

Baca juga : 3 Penyebab Tangki Bensin Motor Bocor, Begini Metode Mengatasinya

Karena laju kendaraan berat akibat kurangnya angin, sehingga penggunaan bahan bakar pun menjadi lebih banyak dan boros.

Cek Artikel:  Di IIMS 2024, KidZania Kenalkan Otomotif dan Literasi Finansial untuk Anak-anak

2. Setingan Karburator

Lampau selanjutnya adalah masalah setingan pada karburator. Kepada motor tahun Lamban biasanya masalah boros bensin terdapat di karburator.

Karburator berfungsi Kepada seting keluar dan masuknya angin Kepada bahan bakar. Kalau setingan itu lebih besar maka Mekanis konsumsi bahan bakar pun menjadi banyak.

Baca juga : Bahaya Tangki Bensin Motor Infus Kalau Hampa, ini Akibatnya

3. Terlalu Sering Mengerem

Selanjutnya adalah terlalu sering melakukan pengereman. Terlebih Tengah Kalau kalian sudah dalam kondisi laju yang kencang dan harus mengerem atau sedang dalam keadaan Stagnan, maka bensin akan sangat boros.

Kondisi seperti ini akan Membikin kalian kembali menarik gas dan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang banyak Ketika tarikan tersebut.

4. Salah Metode Berkendara

Penyebab yang keempat adalah Metode berkendara yang Tak Benar. Berkendara secara asal-asalan Dapat Membikin bahan bakar menjadi boros.

Baca juga : Tanda-Tanda Kanker Payudara, ini Penyebab dan Metode Mengatasinya

Jangan menarik turunkan gas, dan Tak boleh berkendara dengan kecepatan tinggi. Hal-hal tersebut dipastikan konsumsi bahan bakar motor kalian besar.

Cek Artikel:  Mazda Indonesia Lumrahkan Peluncuran The New Mazda CX-3

5. Busi Motor Kotor

Selanjutnya adalah busi motor yang kotor atau Tak layak Mengenakan. Busi motor adalah salah satu dari bagian kelistrikan dan menjadi parti paling Krusial dalam kendaraan.

Kalau busi kalian bermasalah, Mekanis performa pun berkurang hingga berakibat ke konsumsi bensin menjadi lebih banyak.

6. Filter Udara Kotor

Lampau, penyebab yang terakhir adalah filter udara motor yang kotor. Kalau hal ini terjadi bukan hanya berakibat pada konsumsi bahan bakar saja, tetapi mesin lainnya pun berdampak.

Motor kalian akan menjadi hilang tenaga, Lampau part mesin lainnya pun akan terdampak menjadi Segera rusak dan aus.

Dari enam penyebab di atas tentunya Dapat kalian atas dan Hindari dengan Metode merawat mesin agar tetap awet dan sehat digunakan.

Tentu saja bensin yang boros Dapat Membikin pengeluaran kita pun menjadi semakin banyak. Bahkan Akibat paling fatalnya mesin kendaraan Dapat saja tiba-tiba Tewas dan tak Dapat dinyalakan kembali.

1. Mengenakan Bensin yang Bagus

Metode pertama, kalian Dapat menggunakan bahan bakar yang berkualitas seperti Mempunyai oktan tinggi. Atau kalian juga Dapat menyesuaikan tahun atau kondisi mesin motor dengan bahan bakar yang digunakan.

Cek Artikel:  Penjualan Otomotif Tanah Air Alami Penurunan, Honda Ungkap Sejumlah Elemen

Jangan menggunakan bensin eceran Kepada konsumsi motor kalian karena kualitasnya sudah Tak Bagus dan kandungannya pun sudah menurun.

2. Jangan Bawa Beban di Motor

Selanjutnya jangan memberikan beban kepada motor. Motor dirancang Kepada membawa dua orang saja, Kalau lebih maka akan menambah beban dan tenaga pun menjadi hilang.

Bahkan, jangan Tiba motor tersebut membawa barang hingga kapasitas melewati batas. Kalau hal tersebut dilakukan sudah Niscaya motor akan Segera rusak.

3. Rawat Mesin

Metode yang terakhir adalah merawat mesin. Melakukan perawatan mesin ini Tak hanya dilakukan servis setiap bulannya saja. Tetapi kalian juga perlu perhatikan part lainnya.

Kalian Dapat melakukan ganti oli rutin, bersihkan saringan atau filter udara, karburator, cuci motor hingga merawat rantai dan gir motor agar tetap sehat dan Tak mudah mogok.

Dari tips di atas baiknya kendaraan Dapat lebih diperhatikan Bagus dari tampilan atau mesinnya agar Dapat terawat dan tetap sehat Kepada dikendarai. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai