Ini Penyebab dan Langkah Mengatasi Mesin Motor yang Overheat

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor yang Overheat
Ilustrasi, berikut Langkah mengatasi mesin motor yang overheat(freepik)

PANAS pada mesin motor atau overheat jarang terjadi kepada pengendara yang melakukan aktivitas sehari-hari. Kasus ini kerap dialami oleh pembalap atau pengendara yang sedang melakukan touring.

Touring adalah melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan kendaraan Bagus mobil atau motor. Karena motor tersebut dipaksa melaju dengan kecepatan di Rendah normal dan dipacu selama berjam-jam maka mesin pun akan terjadi overheat.

Terlebih Tengah Kalau kendaraan tersebut mengangkut beban yang Mengungguli kapasitas motor. Selain itu Demi pembalap pun sama, motor akan dipacu dengan kecepatan tinggi Tamat mesin panas.

Baca juga : 6 Penyebab Motor Boros Bensin, ini Langkah Mengatasinya

Dari Elemen-Elemen tersebut Dapat berakibat kepada mesin yang terlalu panas dan overheat. Tetapi masalah lainnya pun Dapat terjadi karena mesin atau part lainnya di motor sudah aus atau sudah Sepuh.

Part motor yang sudah tak layak Guna menjadi Elemen Primer resiko mesin Segera rusak hingga overheat. Lewat Kalau terjadi overheat maka mesin motor kalian akan tiba-tiba Tewas dengan sendirinya Ketika diperjalanan.

Berikut 5 Penyebab Mesin Motor Overheat

1. Mesin Motor Panas

Penyebab yang pertama adalah panasnya mesin motor. Penyebab ini adalah yang paling Niscaya Tetapi jarang terjadi. Mesin motor kalian akan tiba-tiba Tewas dan tak Dapat dihidupkan Ketika kondisi overheat.

Cek Artikel:  Velozity Rayakan Natal bersama Anak-Anak Panti Asuhan Kasih Anugerah

Baca juga : Bahaya Mesin Motor Guna Oli Palsu, Begini Tanda-Tanda dan Langkah Mengatasinya

Panasnya mesin karena motor kalian dipaksa Lanjut melaju tanpa henti. Selain overheat part mesin lainnya yang Eksis di motor kalian Dapat berdampak, seperti oli habis hingga poiston rusak.

2. Laju Kendaraan Terlalu Tinggi

Lewat selanjutnya laju kendaraan terlalu tinggi. Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi sangat berbahaya Demi pengendara. Bukan hanya resiko keselamatan saja, Tetapi Demi mesin motor pun sangat berdampak.

Biasanya Kalau pengendara Menyaksikan jalanan yang Lezat dan mulus serta lurus akan terbawa suasana Demi memacu kendaraannya. Tetapi resiko tersebut sangatlah tinggi dan bahaya. Baiknya hal itu jangan dilakukan.

Baca juga : Ini Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih

3. Motor Terlalu Membawa Banyak Beban

Penyebab yang ketiga adalah motor terlalu terbebani. Seperti halnya motor kalian membawa banyak barang yang berat atau melaju di jalanan yang menanjak panjang dan terjal atau melewati jalanan rusak.

Elemen-Elemen tersebut Dapat membebani motor dan mesin. Kalau hal tersebut terjadi mesin akan perlahan kehilangan tenaga Lewat mendadak Tewas dan tak Dapat dihidupkan kembali.

4. Masalah di Kelistrikan Motor

Selanjutnya adalah masalah pada kelistrikan motor. Masalah ini dan overheat sangatlah berkaitan dan paling banyak terjadi kasusnya Ketika kendaraan masuk ke bengkel. Kelistrikan adalah komponen Primer agar motor Dapat hidup.

Cek Artikel:  Ini Tips Kondusif Membeli Kendaraan Secara Kredit

Baca juga : Ini Penyebab Motor Sulit Demi Dihidupkan

Beberapa kelistrikan motor yang Dapat menjadi Elemen overheat adalah bermasalah pada spull, CDI, magnet, listrik body hingga aki. Kalau Eksis diantara mereka yang rusak, korslet atau tak layak Guna maka mesin akan sering Tewas.

5. Aki Motor Sudah Tak Layak Guna

Penyebab yang terakhir adalah aki motor. Jangan disepelakan masalah ini, aki motor Tak hanya kalian cas atau isi saja Ketika sudah habis. Tetapi harus diketahui masalah dan kelayakannya.

Kalau aki motor yang sudah Sepuh atau tak layak maka akan sering bermasalah. Terlebih Tengah kelistrikan motor ini sangat bersangkutan ke aki motor. Karena aki motor menjadi hal Primer dalam kelistrikan.

Dari lima penyebab di atas pastinya beberapa Elemen diantaranya Dapat kalian atasi sendiri. Kalian perlu bersikap tenang Ketika terjadi mesin overheat.

Tetapi Kalau penyebabnya Eksis di bagian kelistrikan atau mesin baiknya segera bawa ke bengkel Demi langsung diperbaiki atau diganti dengan part baru.

Berikut Langkah Mengatasi Mesin Motor Overheat

1. Istirahatkan Motor

Langkah yang pertama, kalian Dapat mengistirahatkan motor bila menempuh perjalanan jauh atau sedang touring atau mudik. Hitunglah jarak tempuh dan waktu Tamat tujuan kalian.

Cek Artikel:  5 Penyebab Busi Motor Basah, ini Akibatnya ke Mesin

Kalian Dapat membagi jarak tempun dan waktunya Ketika berkendara dan istirahat. Jangan paksakan mesin motor kalian Lanjut menerus dipacu hingga panas.

2. Periksa Mesin Motor

Lewat selanjutnya Kalau sudah terjadi Tewas mendadak, kalian Dapat periksa kondisi mesin. Periksalah mulai dari bahan bakar, karburator, oli mesin Tamat busi motor.

Kalau sudah dicek, Demi memastikan motor Dapat dihidupkan atau tidaknya kalian Dapat semprot karurator dengan cairan pembersih atau bersihkan busi motor menggunakan amplas.

3. Cek Kelistrikan Motor

Selanjutnya kalian Dapat mengecek kelistrikan Kalau motor Tewas mendadak. Biasanya masalah Eksis pada sikering motor atau kabel yang menempel di bagian bodi dalam motor.

Kalian Dapat membuka body motor dan mengecek kabel-kabel tersebut. Selain itu cek juga apakah sikering motor kalian layak Guna atau tidaknya.

4. Dinginkan Mesin Motor

Langkah yanbg terakhir adalah Kalau semuanya sudah dicek dan dirasa Kondusif Tetapi Tetap tak Dapat nyala, baiknya kalian istirahatkan motor terlebih dahulu.

Tunggu beberapa jam Tamat mesin motor dingin. Jangan dipaksa Demi dinyalakan, karena mesin akan menjadi jebol dan kembali Tewas dalam beberapa Ketika.

Dari tips di atas Kalau kalian mengalami overheat baiknya tenang, jangan panik. Motor akan Dapat dihidupkan kembali Kalau suhu mesin sudah normal. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai