Stimulasi Otak Listrik di Rumah Dapat Membantu Redakan Depresi Berat

Stimulasi Otak Listrik di Rumah Dapat Membantu Redakan Depresi Berat
Uji klinis terbaru menunjukkan pasien dengan depresi berat dapat meredakan gejalanya dengan melakukan stimulasi arus searah transkranial (tDCS) di rumah. (freepik)

SEBUAH uji klinis terapi mengungkapkan orang dengan depresi berat dapat meredakan gejalanya dengan melakukan stimulasi otak listrik secara Sendiri di rumah.

Pasien yang menjalani perawatan selama 10 minggu Mempunyai Kesempatan Sekeliling dua kali lebih besar Buat mengalami remisi depresi, dibandingkan dengan Grup kontrol yang melakukan Mekanisme yang sama dengan arus listrik dimatikan.

Hasil ini menunjukkan orang dengan depresi dapat menerima stimulasi otak yang bermanfaat tanpa harus datang ke klinik, dan pengobatan ini dapat menjadi alternatif efektif bagi mereka yang Bukan Mau atau Bukan merespons terapi tradisional.

“Ini Dapat menjadi pengobatan lini pertama Buat depresi,” kata Cynthia Fu, seorang profesor ilmu saraf afektif dan psikoterapi di King’s College London dan penulis Penting studi ini.

“Terapi ini juga dapat digunakan Buat orang yang depresinya Bukan membaik dengan obat antidepresan, Buat orang yang Bukan menyukai obat antidepresan, atau yang Bukan Mau psikoterapi.”

Cek Artikel:  Candu Teknologi, Perlu Pendekatan Berbeda untuk Pahami Gen Z

Dalam uji klinis fase dua, 174 orang dengan gangguan depresi mayor diberi perangkat headset yang memberikan stimulasi arus searah transkranial (tDCS). Headset ini, yang diproduksi Flow Neuroscience dan didanai perusahaan tersebut, Mempunyai dua elektroda yang mengalirkan arus lemah hingga 2 miliampere ke dahi.

Program 10 minggu ini diawasi secara langsung melalui panggilan video, dimulai dengan lima sesi 30 menit per minggu selama tiga minggu, diikuti dengan tiga sesi 30 menit per minggu selama tujuh minggu berikutnya.

Sementara Sebelah dari peserta menerima stimulasi otak listrik sesuai yang diharapkan, Sebelah lainnya tanpa sadar menerima terapi “Bukan aktif”, di mana perangkat hanya memberikan arus lemah sebentar di awal dan akhir sesi, tetapi Bukan Eksis stimulasi selama sesi berlangsung.

Menurut laporan dalam jurnal Nature Medicine, depresi membaik di kedua Grup selama program 10 minggu, berdasarkan skor mereka pada skala depresi standar.

Cek Artikel:  Perkumpulan Pekerja Rumah Tangga Sebut Tetap Banyak PRT Sulit Akses Bansos

Tetapi, mereka yang mendapatkan stimulasi otak aktif menunjukkan peningkatan paling signifikan. Tingkat remisi pada Grup stimulasi otak adalah 44,9% dibandingkan dengan 21,8% pada Grup kontrol Bukan aktif.

Diperkirakan 5% orang dewasa di seluruh dunia hidup dengan depresi. Perawatan yang paling Standar adalah antidepresan dan terapi psikologis, tetapi lebih dari sepertiga orang dengan gangguan depresi mayor Bukan mencapai remisi klinis penuh.

tDCS Membangun neuron di bagian depan otak lebih mudah aktif, yang diyakini berdampak positif pada jaringan otak yang lebih luas yang terkena depresi.

“Kami memang Menonton Dampak plasebo, di mana orang yang menerima perawatan Bukan aktif juga menunjukkan peningkatan,” kata Fu kepada The Guardian. “Tetapi, lebih banyak orang di Grup perawatan aktif yang mengalami perbaikan depresi dibandingkan dengan Grup perawatan Bukan aktif.”

Cek Artikel:  Prakiraan Cuaca 22 Oktober 2024 Hujan dan Petir Melanda 16 Kota di Tanah Air

Arus yang diberikan ke otak selama tDCS setidaknya 400 kali lebih lemah daripada yang digunakan dalam terapi elektrokonvulsif, yang memicu kejang Standar di otak. Buat mengurangi risiko stimulasi berkepanjangan, perangkat akan Tewas setelah 30 menit.

“Meskipun tDCS Buat depresi telah Eksis dalam Panduan Nice [National Institute for Health and Care Excellence] sejak 2015 dan dianggap ‘Kondusif’, Tetap Eksis ketidakpastian tentang efektivitasnya,” kata Myles Jones, dosen senior psikologi di Universitas Sheffield, yang Bukan terlibat dalam studi ini.

“Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan tDCS di rumah berulang kali terkait dengan pengurangan gejala depresi yang signifikan.”

Ia menambahkan, “Meskipun dosis tunggal tDCS terbukti ambigu dalam mengubah aktivitas saraf dan kinerja kognitif, penggunaan berkelanjutan selama berhari-hari atau berminggu-minggu telah terbukti efektif secara klinis dalam mengatasi depresi, tinnitus, dan berbagai kondisi lainnya.” (The Guardian/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai