Neraca Pembayaran Indonesia Sehat Ditopang Surplus Neraca Dagang

Neraca Pembayaran Indonesia Sehat Ditopang Surplus Neraca Dagang
Ilustrasi(Antara)

Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) tetap sehat dan dianggap Pandai mendukung terjaganya stabilitas eksternal. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Oktober 2024 di Jakarta, Rabu (16/10).

“NPI triwulan III 2024 diprakirakan mencatat surplus, ditopang surplus neraca perdagangan nonmigas yang berlanjut sebesar US$6,5 miliar,” kata Perry.

Ia menjelaskan Jenis masuk investasi portofolio Lanjut berlanjut dan tercatat tinggi pada triwulan III 2024 yakni net inflows sebesar US$11,6 miliar (quarter to date/qtd). Net inflows investasi portofolio berlanjut pada triwulan IV 2024 yang hingga 14 Oktober 2024 tercatat sebesar US$0,6 miliar (qtd).

Cek Artikel:  Pertumbuhan Satu Dasa warsa Stagnan 5, RI Terancam Gagal Naik Kelas

Senada dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga memperkirakan transaksi ekonomi digital Indonesia Lagi akan Lanjut bertumbuh. Bahkan, OJK memperkirakan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia akan meningkat hingga US$220 miliar Tamat US$360 miliar pada 2030, berdasarkan data East Ventures Digital Competitiveness Index 2023.

“Nilai transaksi ekonomi digital akan Lanjut meningkat hingga US$220 miliar Tamat dengan US$360 miliar,” kata Member Dewan Komisioner OJK Inarno Djajadi.

Kondisi itu, menurutnya, memperlihatkan potensi ekonomi digital Indonesia Lagi sangat terbuka lebar. Dia mengatakan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada 2022 menunjukkan bahwa 40% dari total transaksi ekonomi digital di ASEAN berasal dari Indonesia atau mencapai Sekeliling US$77 miliar.

Cek Artikel:  Harga Emas Antam Hari Ini di Rp1,203 Juta Per Gram

Inarno menuturkan, di sektor keuangan, perkembangan pesat digitalisasi yang didukung oleh perubahan gaya hidup dan juga pergeseran preferensi konsumsi masyarakat serta pertumbuhan kelas menengah secara dramatis telah mengubah Persona industri jasa keuangan dari berbagai sisi. (Z-11)

Mungkin Anda Menyukai