Piala Asia 2023: Ditaklukkan Jepang 3-1, Indonesia Terancam Gagal Lolos ke Babak Selanjutnya

Liputanindo.id DOHA– Timnas Indonesia harus mengakui Keistimewaan Jepang dengan skor 3-1 pada laga pamungkas Grup D Piala Asia AFC 2023 di Al Thumama Stadium, Doha, Rabu (24/1/2024) malam WIB. Hasil tersebut Membikin langkah Skuad Garuda Buat lolos ke babak selanjutnya cukup sulit.

Laga baru berjalan tiga menit, Skuad Garuda mendapatkan momentum Kagak baik seiring wasit menunjuk titik putih. Ayase yang melakukan pergerakan di dalam kotak penalti dilanggar oleh Jordi Amat.

Wasit Khamis Mohammed Al Marri asal Qatar meninjau VAR sebelum memutuskan penalti Buat Jepang. Ayase yang maju sebagai eksekutor berhasil membawa Keistimewaan 1-0 Buat Tim Samurai Biru.

Setelah gol tersebut, Jepang berupaya membongkar lini belakang Indonesia yang bermain cukup disiplin. Di sisi lain Indonesia tampak kesulitan membangun serangan.

Cek Artikel:  Persita Tangerang Berjuang untuk Keluar dari Jurang Degradasi Perserikatan 1 2023/24

Pada menit ke-35, Jepang mendapat Kesempatan emas seiring tembakan Nakamura dari dalam kotak penalti Lagi membentur sisi kiri mistar gawang.

Ayase Ueda kembali mendapat Kesempatan Buat menambah Keistimewaan jelang turun minum. Berhasil, tembakannya yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan Lagi diblok oleh Justin Hubner. Skor 0-1 Buat Jepang bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, laga tak jauh bedanya seperti babak pertama. Bertekad Buat menyamakan kedudukan, gawang Ernando Ari malah kembali dibobol oleh Laskar Samurai Biru.

Gol tersebut terjadi di menit ke-52. Ritsu Doan yang merangsek dari sisi kiri melepaskan umpan ke tiang jauh. Bola lantas disambut dengan Berkualitas oleh Ayase Ueda Buat menambah Keistimewaan Jepang.

Cek Artikel:  Indonesia Kirim 12 Wakilnya untuk Berlaga di Sri Lanka International Challenge 2024

Shin Tae-yong mencoba memasukkan sejumlah pemain Buat mengubah permainan, seperti halnya memasukkan Witan Sulaeman dan Elkan Baggot yang menggantikan Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri.

Tetapi, Jepang mencetak gol ketiganya di laga ini. Ayase yang berada di dalam kotak penalti melepaskan tembakan ke arah gawang. Hubner yang mencoba menghalau upaya tersebut gagal menghadangnya dengan Berkualitas, sehingga bola tetap meluncur ke gawang sendiri.

Di sisa waktu yang Eksis, Sandy Walsh akhirnya memperkecil ketertinggalan Buat Indonesia. Umpan Arhan lewat lemparan ke dalam Bisa menciptakan kemelut. Bek KV Miechelen itu berdiri bebas dan melepaskan tembakan tanpa Bisa dihadang Suzuki.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-1 Buat Jepang bertahan di papan skor.

Cek Artikel:  Fans Liverpool Bersiaplah, Alisson Bakal Absen Panjang!

Hasil tersebut Membikin langkah Indonesia Buat Bisa lolos ke babak selanjutnya harus ditentukan oleh pertandingan lainnya. Tim asuhan Shin Tae-yong itu Buat sementara bertengger di posisi keempat peringkat ketiga terbaik turnamen.
Sementara Jepang lolos dengan status runner-up Grup D dan berpeluang melawan Korea Selatan di babak 16 besar.

Susunan Pemain

Jepang: 23-Zion Suzuki; 15-Koki Machida, 16-Seiya Maikuma, 19-Yuta Nakayama, 22-Takehiro Tomiyasu; 6-Wataru Endo, 10-Ritsu Doan, 13-Keito Nakamura, 17-Reo Hatate, 20-Takefusa Kubo, 9-Ayase Ueda

Indonesia: 21-Ernando Ari; 6-Sandy Walsh, 4-Jordi Amat, 5-Rizky Ridho, 25-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan; 2-Yacob Sayuri, 24-Ivar Jenner, 10-Egy Maulana, 7-Marselino Ferdinan; 11-Rafael Struijk

(RMA)

Mungkin Anda Menyukai