7 Bahaya Telat Ganti Oli Motor, Begini Dampaknya ke Mesin

7 Bahaya Telat Ganti Oli Motor, Begini Dampaknya ke Mesin
Ilustrasi, berikut bahayanya Kalau telat ganti oli motor(freepik)

MERAWAT kendaraan motor tentunya Kagak hanya dilakukan servis dan ganti oli secara rutin saja. Tetapi kalian juga harus memperhatikan banyak part lainnya di mesin.

Di samping itu, pentingnya ganti oli ini agar mesin motor Bisa Lalu terjaga awetnya dan Kagak mudah mogok Demi dikendarai.

Tetapi biasanya banyak orang yang lupa dan akhirnya telat ganti oli. Hal tersebut Rupanya Bisa berakibat fatal Buat mesin.

Baca juga : Jangan Sembarangan Modifikasi Motor, ini 5 Bahayanya ke Mesin

Bahkan Kalau kalian telat ganti oli, perbaikannya akan memakan biaya yang sangat besar dan motor pun akan menjadi beda Demi dikendarai.

Resiko tersebut Bisa saja kalian Hindari dengancara mengganti oli secara rutin setiap bulannya. Tetapi Eksis beberapa Akibat Jelek lainnya Kalau kalian telat ganti oli.

Berikut 7 Bahaya Telat Ganti Oli Motor

1. Mesin Hilang Tenaga

Akibat yang pertama adalah mesin akan kehilangan tenaganya. Kalau oli kalian sudah hitam dan harus diganti, bahkan habis akan muncul banyak tandanya.

Cek Artikel:  Ini Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Bisa Diterima

Baca juga : Bahaya Mesin Motor Guna Oli Imitasi, Begini Tanda-Tanda dan Metode Mengatasinya

Salah satunya adalah Kagak Eksis tenaga Demi mesin dipacu. Mesin motor Kagak akan kuat Buat mencapai titik maksimal.

2. Keluar Asap Putih dan Bunyi

Lewat yang selanjutnya adalah mengeluarkan asap berwarna putih dan Bunyi. Oli yang sudah kering pastinya mesin Kagak akan dilumasi kembali.

Hasilnya asap putih tersebut akan keluar dari dalam mesin melalui knalpot. Bahkan Tiba Eksis Bunyi yang keluar Demi kendaraan melaju.

Baca juga : Ini Bahaya Motor bila Jarang Dipanaskan

3. Mesin Segera Panas

Selanjutnya adalah mesin motor akan Segera panas. Bagaimana Kagak oli motor yang Hampa Membikin mesin akan kehilangan pelumas.

Bahkan di dalam blok oli pun Kagak Eksis oli yang tersisa, sehingga Demi motor dihidupkan dan dipacu mesin akan Segera mengalami panas.

Cek Artikel:  Terdapat BYD dari Tiongkok, Ini Daftar Lengkap Peserta IIMS 2024

4. Mesin Segera Rusak

Bahaya yang keempat adalah mesin akan Segera rusak. Hal ini adalah yang paling wajar karena mesin Kagak dilumasi dengan Bagus oleh oli.

Baca juga : 4 Bahaya Kalau Tangki Motor Sering Kehabisan Bensin

Banyak komponen mesin yang akan rusak akibat telat ganti oli, seperti piston, seher hingga blok mesin.

5. Motor Sering Mogok

Lewat selanjutnya motor kalian akan sering mengalami mogok. Bahkan mesin pun akan sulit Buat dinyalakan Kalau oli sudah dalam kondisi Hampa.

Kendaraan kalian akan mogok Demi dipakai berkendara, Bagus dalam kondisi Hening atau sedang melaju. Mesin akan sulit dinyalakan karena Kagak Eksis oli yang memicu Buat menjadi pelumas di dalam mesin.

6. Boros Bensin

Selanjutnya adalah konsumsi bahan bakar menjadi boros. Hal tersebut dikarenakan oli motor yang sudah habis akan Membikin mesin menjadi kelelahan.

Cek Artikel:  Februari 2024 Penjualan Ritel Daihatsu Tembus 30 Ribu Unit

Akibatnya mesin yang sudah panas akan berdampak ke penggunaan bahan bakar yang semakin banyak. 

7. Turun Mesin

Akibat yang terakhir adalah paling fatal, Ialah turun mesin. Kalau sudah mengalami Tiba tahap ini maka motor kalian sudah sama sekali Kagak Bisa dikendarai sebelumnya.

Mesin akan mengunci karena gesekan antara besi di dalam mesin. Terkuncinya mesin Demi gesekan tersebut Kagak akan terjadi Kalau part di dalam mesin terdapat oli sebagai pelumasnya.

Dari tujuh bahaya di atas, pastikan kalian Kagak telat Buat mengganti oli motor. Walaupun motor kalian jarang dilakukan servis, Tetapi Krusial untik ganti oli.

Baiknya Buat mengganti oli motor ini selama satu bulan atau dua minggu sekali agar mesin Bisa tetap awet dan tak mogok Demi dikendarai. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai