Lonjakan Ancaman Bom Palsu Mengganggu Penerbangan di India

Lonjakan Ancaman Bom Palsu Mengganggu Penerbangan di India
Ilustrasi – Sejak hari Senin, setidaknya 19 penerbangan di India menerima ancaman bom Palsu, menyebabkan penundaan dan pengalihan yang signifikan. (Air India Express)

SETIDAKNYA 19 penerbangan India telah menerima ancaman bom Palsu sejak hari Senin, yang mengakibatkan penundaan dan pengalihan yang lelet.

Pada Rabu, penerbangan Air Akasa yang menuju kota Bengaluru dialihkan ke ibu kota Delhi setelah menerima ancaman bom.

Pada Selasa, Angkatan Udara Singapura mengirim dua jet tempur Buat mengawal pesawat Air India Express setelah adanya ancaman bom.

Beberapa jam sebelumnya, pesawat Air India dari Delhi menuju Chicago harus mendarat di bandara Kanada sebagai langkah pencegahan.

IndiGo dan SpiceJet juga termasuk di antara maskapai yang terdampak.

Ancaman bom Palsu terhadap maskapai bukanlah hal yang Tak Normal di India, tetapi Tak Terang apa yang memicu lonjakan tiba-tiba sejak hari Senin.

Pada Rabu, menteri penerbangan sipil India menyatakan kementerian sedang memantau situasi dengan seksama dan melakukan “setiap upaya yang mungkin” Buat menjaga operasi penerbangan.

Cek Artikel:  Jepang Keluarkan Hukuman ke Empat Pemukim Ilegal Israel di Tepi Barat

“Kami berkomitmen Buat menjaga standar keamanan tertinggi dan keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas kami,” kata Ram Mohan Naidu Kinjarapu dalam sebuah pernyataan di X.

Kantor Informasi ANI mengutip seorang pejabat senior kementerian dalam negeri yang mengatakan bahwa lebih banyak petugas keamanan akan dikerahkan di “rute sensitif,” tetapi belum Terdapat konfirmasi Formal dari pemerintah mengenai hal ini.

Pejabat dari Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil dan Biro Keamanan Penerbangan Sipil pemerintah Tak merespons email BBC Buat memberikan komentar.

Pada Senin, tiga penerbangan Dunia yang lepas landas dari Mumbai dialihkan atau ditunda setelah sebuah akun X memposting ancaman. Polisi telah menahan seorang remaja sehubungan dengan hal ini.

Pada Selasa, tujuh penerbangan, termasuk dua pesawat Air India, terpengaruh oleh ancaman yang dikeluarkan oleh akun X lain yang kini telah ditangguhkan. Tangkapan layar dari beberapa posting menunjukkan bahwa pengguna telah menandai maskapai dan polisi setempat serta menyebutkan nomor penerbangan.

Cek Artikel:  Konflik Elon Musk vs Brasil Memanas, Apa Penyebabnya

Air India menyatakan dalam sebuah pernyataan mereka bekerja sama dengan pihak berwenang Buat mengidentifikasi orang-orang di balik ancaman tersebut dan akan mempertimbangkan tindakan hukum Buat memulihkan kerugian yang diderita.

Setiap bandara di India Mempunyai Komite Penilaian Ancaman Bom yang menilai tingkat keparahan ancaman dan mengambil tindakan yang sesuai. Sebuah ancaman dapat mengakibatkan keterlibatan tim penjinak bom, anjing pelacak, ambulans, polisi, dan dokter.

Penumpang diturunkan dari pesawat beserta bagasi kabin, bagasi check-in, dan kargo, dan semuanya akan diperiksa kembali. Tim teknik dan keamanan juga memeriksa pesawat sebelum diizinkan terbang kembali.

Penundaan yang dihasilkan dapat mengakibatkan kerugian ribuan dolar bagi maskapai dan lembaga keamanan.

Cek Artikel:  Dituduh Jadi Perusak Perdamaian ASEAN, China Desak Filipina Hentikan Sebarkan Fitnah

Buat penerbangan yang menuju negara lain, hal ini juga dapat melibatkan agensi Dunia, seperti di Singapura dan Kanada.

Pada hari Selasa, menteri pertahanan Singapura mengatakan bahwa dua jet tempur negara kota itu “berangkat dan mengawal” pesawat Air India Express menjauh dari daerah padat penduduk sebelum mendarat dengan Terjamin di bandara Changi. Pesawat itu terbang dari Madurai di India menuju Singapura.

“Setelah di darat, pesawat diserahkan kepada Polisi Bandara. Penyelidikan sedang berlangsung,” tulis Ng Eng Hen.

Pesawat tersebut kemudian mendarat dengan selamat di Changi.

Di Kanada—di mana penerbangan Air India menuju Chicago telah mendarat di bandara Iqaluit sebagai langkah pencegahan—Kepolisian Kerajaan Kanada menyatakan bahwa mereka sedang menyelidiki ancaman tersebut.

Air India menyatakan pada hari Rabu bahwa pesawat Angkatan Udara Kanada sedang membawa penumpang menuju Chicago. Belum Terang Bilaman pesawat Air India akan diizinkan Buat lepas landas. (BBC/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai