Kasus Kebakaran Lahan di Cianjur Tahun Ini Turun Dibanding Tahun Lewat

Kasus Kebakaran Lahan di Cianjur Tahun Ini Turun Dibanding Tahun Lalu
Petugas pemadam kebakaran Cianjur melakukan pemadaman lahan yang terbakar.(MI/BENNY BASTIANDY)

KASUS kebakaran lahan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tahun ini bertepatan musim kemarau tak semasif tahun Lewat. Secara akumulasi, jumlah kasus kebakaran menurun.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur, Hendra Wira Wiharja, menyebutkan secara akumulasi jumlah kasus kebakaran tahun ini lebih sedikit dibanding tahun Lewat. Kondisi tersebut tak terlepas jumlah kasus kebakaran lahan menurun.

“Kalau tahun Lewat jumlah kasus kebakaran cukup banyak. Ini juga karena di lapangan banyak dilaporkan terjadi kebakaran lahan, terutama Demi kemarau panjang. Tahun ini Eksis penurunan jumlah kasus,” tuturnya, Kamis (24/10).

Cek Artikel:  Baru Dua Hari Dilantik, Presiden Prabowo Langsung Perbaiki Manajamen Haji Indonesia

Berdasarkan data Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur, tahun Lewat jumlah kebakaran mencapai Nyaris 300 kasus. Selain kebakaran lahan, terjadi juga kebakaran kawasan permukiman dan lainnya.

“Tahun ini dilaporkan hanya terjadi 140 kasus kebakaran. Kalau dibandingkan tahun laku, Eksis penurunan jumlah kasus yang signifikan,” terangnya.

Eksis kebiasaan di masyarakat yang selalu membakar sampah atau ilalang di lahan yang kering. Ironisnya, mereka kerap meninggalkan begitu saja bara api, sehingga Bisa memicu terjadinya kebakaran lahan.

Hendra mengaku sering mengimbau masyarakat agar meninggalkan kebiasaan tersebut. Kalaupun terpaksa, mereka harus menunggui Tamat api dipastikan padam.

Cek Artikel:  Praktisi Kesehatan Minta Pemanfaatan Daun Kelor dimaksimalkan, Menuju Indonesia Emas 2045

“Harusnya Maju disiram air apabila telah selesai agar Tak menimbulkan percikan-percikan api yang Bisa memicu terjadinya kobaran,” jelasnya.

Menghadapi ancaman meningkatnya potensi kebakaran lahan dan hutan karena kondisi cuaca yang sulit diprediksi, pemadam kebakaran menyiagakan 10 unit armada tersebar di berbagai pos. Di Pos Cianjur sebanyak 2 unit, Ciranjang 2 unit, Cipanas 2 unit, Cikalongkulon 1 unit, Cibeber 2 unit, dan Sindangbarang 1 unit.

“Kami petugas pemadam siap 24 jam melayani apabila Eksis kebakaran Berkualitas lahan ataupun bangunan. Tetapi akan sangat membantu Kalau masyarakat Tak membakar sembarangan Kepada membersihkan lahan karena jumlah armada kami yang terbatas,” pungkasnya.

 

Mungkin Anda Menyukai