Dibuka Wapres, GIIAS 2024 Hadirkan Ciptaan Terkini di Industri Otomotif

Dibuka Wapres, GIIAS 2024 Hadirkan Inovasi Terkini di Industri Otomotif
Pameran otomotif GIIAS di ICE BSD(MI/Ramdani)

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 Formal dibuka pada Kamis (18/7) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Pembukaan ajang pameran otomotif terbesar di ASEAN itu dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Setelah membuka acara, Ma’ruf Amin turut berkeliling mengunjungi area pameran.

Baca juga : Anda Mau Berkunjung ke GIIAS 2024? Begini Langkah Mengakses Layanan Shuttle Bus Gratisnya

Kepada awak media, wapres mengungkapkan apresiasinya terhadap GIIAS sebagai salah satu pameran otomotif terbesar di dunia.

“Saya lihat tadi Dekat Sekalian merek mobil sudah diproduksi di Indonesia,” ungkap Ma’ruf di ICE BSD, Kamis (18/7).

Ia juga mengapresiasi karena produksi mobil dalam negeri turut diekspor hingga ke 93 negara.

Baca juga : Mau ke GIIAS? Ini Posisi Parkir yang Terjamin dan Nyaman

Selain itu, sejumlah produk otomotif sudah Mempunyai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) hingga 80%.

Cek Artikel:  Wuling Raih Penghargaan Sebagai Produsen Mobil Paling Inovatif

“Eksis juga yang sudah menggunakan baterai buatan lokal. Hyundai sudah Guna baterai dalam negeri. Jadi kita sebagai produsen baterai, banyak punya tambang nikel, menghasilkan baterai, dan sekarang sudah dipakai produknya,” kata Ma’ruf.

“Ke depan saya minta sumber daya Sosok kita Lanjut ditingkatkan supaya kita Dapat Bertanding. Sekarang perkembangan otomotif Bergerak sekali terutama di kendaraan listrik dengan berbagai teknologi baru dan kita Bukan boleh kalah,” pungkasnya.

Baca juga : Ini Panduan ke GIIAS 2024 mulai Tiket Masuk hingga Layanan Shuttle Bus Gratis

Ketua Biasa Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyampaikan, penyelenggaraan GIIAS 2024 memecahkan rekor dengan area pameran terluas dan jumlah merek peserta terbanyak.

Menurutnya, capaian tersebut Bukan lepas dari perkembangan industri otomotif Indonesia Begitu ini.

Cek Artikel:  Hino Gelar Posko Mudik dan Libur Lebaran 24 Jam

Menurut data Gaikindo terakhir, pada 2023 Indonesia mencatat total penjualan sebanyak lebih dari 1.048.000 unit. “Itu merupakan Nomor penjualan tertinggi di antara negara ASEAN,” katanya dalam sambutan pembukaan GIIAS 2024.

Baca juga : United E-Motor Siap Semarakkan GIIAS Surabaya 2023

Ia melanjutkan, Begitu ini Nomor produksi kendaraan bermotor di Indonesia Lanjut meningkat Demi memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Pada 2023, Nomor ekspor mencapai 570.000 unit.

“Selaras dengan tingginya perhatian industri otomotif Dunia terhadap Indonesia, pameran GIIAS pun Lanjut berkembang, dengan lebih dari 55 merek kendaraan dan lebih dari 120 merek industri pendukung yang berpartisipasi di lahan seluas lebih dari 120.000 meter persegi, GIIAS 2024 menjadi salah satu pameran otomotif terbesar di dunia, di luar negara Republik Rakyat Tiongkok,” paparnya.

Gaikindo dan industri otomotif Indonesia juga mendukung pemerintah mencapai net zero emission.

Cek Artikel:  12 Bahaya Knalpot Motor Bocor, ini Penyebabnya

Demi itu GIIAS juga menghadirkan model-model kendaraan baru yang ramah lingkungan.

“Dan juga perkenalan hasil riset dari perkembangan teknologi otomotif masa depan, seperti teknologi elektrifikasi, perkembangan baterai kendaraan listrik, serta pengembangan teknologi bahan bakar terbaru yakni kendaraan hidrogen,” kata Nangoi.

Seperti pada Penyelenggaraan pameran-pameran GIIAS sebelumnya, GIIAS 2024 juga menjadi ajang peluncuran kendaraan-kendaraan terbaru dan juga kendaraan konsep.

Total lebih dari 40 kendaraan diluncurkan pertama kali di hadapan publik berskala World Premiere, Asian Premiere, dan Indonesian Premiere.

Diselenggarakan selama 11 hari, pengunjung dapat mengakses aplikasi Auto360 Demi membeli tiket online dengan harga spesial tiket weekdays (Senin-Jumat) Rp50.000 dan weekends (Sabtu-Minggu) Rp100.000. Sedangkan tiket masuk secara on the spot Dapat dibeli pada area pameran dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp75.000 dan Rp 125.000 pada weekends (Sabtu-Minggu). (Z-10)

 

Mungkin Anda Menyukai