Begini Langkah Memotret Komet Tsuchinshan-ATLAS dengan DeepSkyCamera dan Smartphone

Begini Cara Memotret Komet Tsuchinshan-ATLAS dengan DeepSkyCamera dan Smartphone
Berikut Langkah memotret komet C/2023 A3 Tsuchinshan–ATLAS(Astronomy Magazine)

BULAN Oktober ini merupakan momen istimewa dikarenakan memungkinkan kita Bisa Menonton komet C/2023 A3 Tsuchinshan–ATLAS Berkualitas melalui teleskop, kamera bahkan dengan mata telanjang sekalipun.

Tergantung pada apakah komet itu bertahan hidup pada perihelion dari Rontok 27 September, Demi komet itu melintas dalam jarak 58,6 juta kilometer dari Surya.

Dengan Dugaan ia bertahan, ia akan terlihat setelah 11 Oktober, sebuah komet  yang terlihat dalam senja yang mulai gelap.

Tahukah Anda, bahwa komet ini dinominasikan menjadi komet paling terang tahun 2024. Kemungkinan akan menjadi lebih terang terang mulai Sekeliling 10 Oktober.  Anda mungkin bertanya-tanya,  bagaimana Langkah terbaik Demi memotretnya.

Jadi mulai 10 Oktober dan seterusnya, komet C/2023 A3 Tsuchinshan–ATLAS kemungkinan besar akan mudah terlihat oleh pengamat di Belahan Bumi Utara Apabila langit cerah.

Di sini kita akan Menonton Langkah terbaik Demi memotret komet C/2023 A3 Tsuchinshan–ATLAS . Berikut Segala yang perlu Anda ketahui tentang Langkah mengamati dan memotret komet indah ini. 

Waktu yang Pas Demi memotret Komet Tsuchinshan–ATLAS

Komet Tsuchinshan–ATLAS sejak Rontok 10 Oktober akan terlihat dekat dengan cakrawala, seperti yang terlihat dari Belahan Bumi Utara, setelah Surya terbenam. Itu adalah waktu yang ideal Demi menangkapnya di atas gedung, gunung, dan pepohonan.

Pada Rontok 12 Oktober, komet ini akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi, Yakni Sekeliling 44 juta mil (71 juta km) dari Bumi.

Cek Artikel:  Apa Itu Hari Pos Sedunia Menelusuri Sejarah dan Tujuan Perayaan Mendunia Ini

Periode pengamatan berlangsung dari Rontok 10 Oktober hingga akhir bulan. Pada Demi inilah komet tersebut kemungkinan akan berada pada titik paling terangnya dan mungkin sangat terang.

Demi yang Pas Demi Memotret Komet Tsuchinshan–ATLAS

“Saya telah mengamati kemungkinan waktu yang dapat dilihat dalam beberapa minggu mendatang di belahan bumi utara lebih dekat ke ekuator, komet mungkin terlihat Demi fajar pada akhir September, Tetapi, ini sangat dekat dengan Surya terbit,” ungkap saran dari  astrofotografer Ollie Taylor pada bulan September.

Ollie Percaya waktu yang Betul adalah Demi pertengahan Oktober ketika komet akan terlihat di langit barat setelah senja astro Demi waktu yang singkat pada ketinggian Sekeliling 4-8 derajat, tergantung di mana anda berada.

Alat-alat yang Dibutuhkan Demi Memotret Komet Tsuchinshan–ATLAS

Anda akan memerlukan lebih dari sekadar ponsel pintar Demi memotret komet A3 Apabila sangat terang. Hasil terbaik akan diperoleh dari penggunaan kamera DSLR atau mirrorless dengan pengaturan manual (sehingga Anda dapat mengontrol aperture, ISO, kecepatan rana, dan Pusat perhatian) serta lensa yang dapat diganti.

Diperlukan lensa sudut lebar Demi bidikan lanskap astro yang menampilkan Komet C/2023 A3 Tsuchinshan–ATLAS di balik latar depan yang menarik.

Anda memerlukan lensa zoom Demi menangkapnya lebih dekat Demi gambar astrofotografi yang lebih teknis. Banyak astrofotografer akan menggunakan kamera manual yang terpasang pada teleskop kecil.

Cek Artikel:  PICF Jadi Wadah untuk Menyalurkan Minat Pelajar di Bidang Musik

Apa pun pertimbangan Anda, pencahayaan akan sangat diperlukan Demi memotret. Jadi selalu bawa dan gunakan tripod.

Langkah Mendapatkan Foto Komet Tsuchinshan–ATLAS

Memfokuskan pada Komet C/2023 A3 Tsuchinshan–ATLAS memang sulit karena bentuknya seperti gumpalan kabur, tetapi kecuali Demi memperoleh gambar yang sangat tajam, bintang-bintang di latar belakang akan kabur, dan gambar  akan terlihat seperti gambar amatir. 

Berikut adalah empat Langkah Demi melakukannya:

  • Gunakan Pusat perhatian Mekanis Demi memfokuskan kamera secara Seksama pada sesuatu di kejauhan pada siang hari, Lewat nonaktifkan Pusat perhatian Mekanis dan jangan sentuh lensa (atau rekatkan dengan selotip agar Enggak bergerak).
  • Pusat perhatian pada bintang. Menggunakan bulan adalah Langkah lain. Gunakan tampilan langsung pada kamera Anda, arahkan kamera ke bintang/bulan, buat Pusat perhatian yang lebih tajam, Lewat arahkan kamera kembali ke komet.
  • Gunakan Terang buatan, Pusat perhatian pada sumber Terang yang berjarak Sekeliling 30-40 meter, dan gunakan tampilan langsung  bahkan mungkin dengan Pusat perhatian Mekanis Demi mendapatkan Pusat perhatian yang bagus dan ketat. Sumber Terang buatan Bisa berupa lampu jalan atau lampu di rumah yang agak jauh.
  • Dengan menggunakan tak terhingga, fokuskan pada lensa Anda, yang mungkin Seksama atau Enggak, tergantung pada lensa Anda. Cari simbol ∞ pada dial.

Eksperimen adalah inti dari astrofotografi manual. Sebagai aturan praktis, gunakan ISO yang lebih tinggi dan waktu pencahayaan yang lebih pendek semakin Anda memperbesar gambar.

Cek Artikel:  Krusialnya Foto Produk Berkualitas dalam Pemasaran Digital UMKM

Krusial juga Demi menyadari bahwa pengaturan Demi senja akan berbeda dari yang Eksis di malam hari dan pencahayaan akan berubah dengan Segera Demi tingkat Terang berubah.

Berikut adalah beberapa titik awal Demi menangkap Komet C/2023 A3 Tsuchinshan–ATLAS.

Gunakan lensa sudut lebar 18-55mm pada panjang Pusat perhatian berbeda, dengan eksposur panjang Sekeliling 10 hingga 20 detik dan ISO 1600.

  • Gunakan lensa zoom pada 75mm dan waktu pencahayaan Sekeliling enam detik pada ISO 800-3200.
  • Gunakan lensa zoom 300mm dan eksposur pendek 3,2 detik pada ISO 1600
  • Apa pun yang digunakan, pikirkan tentang komposisi dengan komet di atas, sesuatu yang menarik, seperti bangunan, pohon, atau apa pun yang sesuai dengan lanskap.

Langkah Memotret Komet Tsuchinshan–ATLAS Guna Smartphone

Ini Enggak mudah, dan kemungkinan besar Anda hanya akan memperoleh sedikit dari sekadar gambar komet ini. Tetapi, dengan kamera telepon pintar unggulan yang semakin Berkualitas, Anda Lagi dapat mencobanya.

  • Gunakan tripod dan aplikasi manual Demi mengendalikan ISO dan kecepatan rana serta ambil eksposur beberapa detik, tetapi bereksperimenlah.
  • Pusat perhatian pada bintang terang atau bulan.
  • Gunakan “mode malam” ponsel pintar Anda (atau yang serupa), yang dapat menghasilkan gambar yang dapat digunakan. Apa pun itu, tripod sangatlah Krusial. (Z-12)

Sumber: BBC, Forbes

Mungkin Anda Menyukai